Penjelasan Singkat Mengenai Revolusi Teknologi di Indonesia Serta Dampaknya Bagi Masyarakat



Teknlogi pertanian - Mertani
Ilustrasi teknlogi pertanian - Mertani (Sumber: Mekraf.id)

Mertani.co.id - Seiring berjalannya waktu, teknologi di dunia semakin berkembang, mengikuti arus globalisasi yang kian melaju. Salah satunya adalah teknologi pertanian. Munculnya berbagai alat canggih tersebut selain bermanfaat bagi para petani, juga membantu meningkatkan perekonomian negara.


Beberapa teknologi yang dapat dijumpai seperti sekarang ini merupakan hasil inovasi dari berbagai generasi. Inovasi terbaru yang akan kami bahas yaitu smart farm. Efisiensi dan kualitas produk menjadi lebih baik dengan adanya smart farm, yang mana alat ini melibatkan integrasi teknologi canggih ke dalam praktik pertanian. Manfaat lain dari smart farm adalah meningkatkan kualitas hidup para pekerja dengan mengurangi beban pekerjaan yang terlalu berat dan membosankan.


Kehadiran teknologi dengan beragam manfaat kini mulai akrab di telinga masyarakat. Menjadi sahabat yang bisa diandalkan kapan saja. Jika sebelumnya petani harus menempuh jarak berkilo-kilo meter untuk melihat kondisi perkebunan mereka, dengan adanya teknologi semua menjadi lebih mudah. Di mana petani dapat memantau perkebunan mereka dari mana pun dan kapan pun hanya dengan smartphone dan PC.


Dashboard Mertani
Ilustrasi dashboard Mertani

Mertani Software Platform hadir untuk membantu dalam menampilkan informasi terkait kondisi perkebunan dari mana pun dan kapan pun secara aktual. Informasi tersebut dapat dilihat dengan mudah dalam bentuk grafik hingga detail data per parameter.


Fitur-fitur advance yang akan membantu para petani sebagai stakeholder perkebunan antara lain manajemen level akses informasi, filter data by date, group data by periode, hingga GPS untuk mengetahui letak pemasangan alat di area kebun yang luas. Selain itu, petani juga dapat dengan mudah mengunduh data ini dalam bentuk Excel siap olah (ready to use).

Ada banyak hal yang bisa diperoleh dengan adanya teknologi modern. Beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut.


1. Produktivitas Tanaman Menjadi Lebih Tinggi


Sebelumnya, petani membutuhkan waktu berhari-hari untuk memanen padi secara tradisional. Dengan menggunakan alat panen modern, memanen padi yang luasnya berhektar-hektar pun menjadi lebih cepat selesai. Tahukan kamu, apakah nama mesin itu? Ya, mesin itu adalah combine harvester.


Ilustrasi combine harvester - Mertani
Ilustrasi combine harvester - Mertani (Sumber: Traktor Nusantara)

Alat pemanen padi modern ini merupakan mesin kombinasi dari tiga fungsi yang berbeda, yaitu memotong, merontokkan, dan menampi padi dalam satu rangkaian operasi.

Selain lebih mudah, dengan bantuan combine harvester juga mampu meringankan biaya proses pemanenan yang seharusnya cukup mahal. Combine harvester menurunkan biaya panen hingga 40 persen.


2. Proses Pengolahan Tanah Menjadi Lebih Cepat


Mungkin saat ini kata traktor sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Iya, sebuah mesin pembajak sawah yang banyak digandrungi para petani padi. Selain prosesnya yang mudah dan cepat, hasilnya pun lebih maksimal dibandingkan dengan cara tradisional.

Ilustrasi traktor - Mertani
Ilustrasi traktor - Mertani (Sumber: Pertanianku)

Perlu diketahui, bahwa mesin traktor memiliki dua ukuran, yaitu besar dan kecil. Jika berdasarkan rodanya, traktor memilih dua jenis roda. Pertama roda rantai, roda jenis ini digunakan pada kondisi tanah berlumpur. Kedua, roda biasa yang dapat digunakan pada kondisi tanah kering.


3. Meningkatkan Perekonomian


Hasil pertanian - Mertani
Ilustrasi hasil pertanian - Mertani (Sumber: Mesin Pertanian)

Sektor pertanian sangat diuntungkan dengan adanya berbagai penerapan mesin canggih. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, teknologi pertanian membuat produktivitas tanaman menjadi lebih tinggi, juga proses pengolahan tanah yang menjadi lebih cepat. Hal ini membuat sistem perekonomian cepat berputar, sehingga nilai pertumbuhan ekonomi di negara kian meningkat.


4. Mempercepat Proses Penanaman


Selain mesin pemanen, juga terdapat mesin penanam instan. Dengan alat ini, menanam di lahan yang luas pun tidak akan memakan banyak waktu.


 SAAM TK1 - Mertani
Ilustrasi SAAM TK1 - Mertani (Sumber: Shopee)

Sebuah alat yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, kini muncul untuk meringankan beban manusia di berbagai bidang. Salah satu mesin penanam yang banyak dikenal warga adalah mesin penanam kentang SAAM TK1. Hebatnya, selain bisa digunakan untuk menanam benih kentang, alat ini juga bisa untuk menanam bawang putih. Alat berdimensi 620 x 500 x 700 mm ini memiliki berat 30 kg.


5. Mengetahui Tinggi Muka Air


Tidak ada yang mustahil di era perkembangan zaman seperti sekarang ini. Kadar air dalam tanah pun bisa diketahui hanya dengan menggunakan sebuah alat modern.


Automatic Water Level - Mertani
Ilustrasi automatic water level - Mertani

Automatic Water Level (AWL) dapat membantu para petani dalam melakukan pemantauan tinggi muka air. Baik tinggi muka air dalam tanah maupun tinggi muka air saluran. Bagi anda stakeholder perkebunan yang memelihara lahan gambut, pemantauan tinggi muka air tanah secara otomatis akan mempermudah anda dalam melakukan pelaporan kepada pihak pemerintah, mengurangi emisi karbon, hingga mencegah terjadinya kebakaran lahan.



6. Membantu Penyemprotan Secara Otomatis


Teknologi seakan mampu menghadirkan berbagai alat yang sebelumnya mustahil menjadi mungkin. Spray sprinkler adalah salah satu dari banyaknya alat yang mulai muncul untuk membantu meringankan pekerjaan manusia. Spray sprinkler menggunakan sensor berkemampuan IOT, yang dapat membantu pemantauan tingkat kelembapan dan kesehatan tanaman. Petani dapat melakukan intervensi hanya jika diperlukan, jika tidak memungkinkan sistem beroperasi secara mandiri.


Spray sprinkler - Mertani
Ilustrasi spray sprinkler - Mertani (Sumber: The Home Depot)

Kehadiran spray sprinkler mampu menggantikan metode penyemprotan dengan tabung yang harus dipompa menggunakan tangan. Selain hemat tenaga, alat ini juga mempersingkat waktu. Dengan adanya IOT, alat ini dapat dihubungkan ke sensor kelembaban tanah dan juga prosesor secara langsung, sehingga dapat melakukan penyemprotan tanah secara otomatis ketika tanah mulai mengering.


Dari beberapa teknologi di atas, mesin mana yang sudah anda gunakan?


Beberapa petani mengaku, dengan adanya mesin tersebut membawa sektor pertanian menjadi lebih baik. Karena biaya lebih murah, proses lebih cepat, dan hasil produksi menjadi lebih maksimal.


Perkembangan zaman dinilai memberi berbagai dampak dalam kehidupan, baik dampak positif maupun negatif. Manusia yang cerdas akan mengambil dan memanfaatkan teknologi tersebut guna meringankan beban hidup pada diri sendiri, maupun pada orang lain.


Semua informasi terkait perkebunan dan pertanian dapat kalian jumpai di sosial media Mertani, yaitu @mertani_indonesia

Berikut kami cantumkan link-nya: https://www.instagram.com/mertani_indonesia/?hl=id



Sumber:

sistem-komputer-s1.stekom.ic.id

sumbar.antaranews.com

bp.guide.id

fulldronesolutions.com


28 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
social-whatsapp-circle-512.webp