top of page

Mertani: Mitra Terpercaya dan Distributor Resmi dari Proteus Instruments

Updated: Jun 6


Proteusinstrumen
Sumber: Pribadi

Sensor yang berkualitas memiliki peran yang sangat penting dalam industri Internet of Things (IoT). Dalam konteks ini, sensor berfungsi sebagai mata dan telinga dari sistem IoT, mengumpulkan data yang diperlukan untuk memonitor, mengontrol, dan mengoptimalkan proses-produksi secara otomatis. Keakuratan, keandalan, dan sensitivitas sensor sangat menentukan performa keseluruhan dari sistem IoT. Dalam industri, sensor berkualitas tinggi memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang operasi mereka. Misalnya, sensor suhu yang akurat dapat membantu memantau kondisi lingkungan yang kritis, sedangkan sensor tekanan yang handal dapat mengoptimalkan kinerja mesin atau peralatan. Selain itu, sensor berkualitas juga memainkan peran kunci dalam meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan keamanan dalam lingkungan industri. Dengan data yang tepat waktu dan akurat dari sensor, perusahaan dapat merespons perubahan kondisi dengan cepat, mencegah kegagalan sistem, dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Dalam konteks IoT, di mana konektivitas dan integrasi antar perangkat sangat penting, sensor berkualitas tinggi juga memungkinkan komunikasi yang lancar antara berbagai komponen sistem. Maka, penting untuk memilih sensor yang sesuai dan berkualitas dengan kebutuhan spesifik industri dan memastikan bahwa sensor tersebut dapat memberikan data yang handal dan akurat untuk mendukung operasi bisnis yang efisien dan sukses.

 

A. Penggunaan Sensor Proteus

WQMS (Water Quality Monitoring System) merupakan sebuah perangkat modern yang memiliki kemampuan untuk memantau secara kontinu dan real-time kualitas air. WQMS Mertani, salah satu produk terkemuka dalam industri ini, didukung dengan Sensor Proteus yang berasal dari Inggris. PT Mertani, sebagai distributor resmi dari Proteus Instrumens, memastikan ketersediaan dan kualitas sensor yang handal. Sensor Proteus memiliki fleksibilitas dalam penggunaannya di berbagai sektor. Penggunaannya bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu Onlimo (Online Monitoring) dan Sparing. Online Monitoring biasanya diterapkan untuk pemantauan kualitas air di sungai atau danau secara langsung, sedangkan Sparing seringkali digunakan dalam pemantauan kualitas air limbah yang terhubung dengan proses IPAL. Namun, Sensor Proteus juga dapat diaplikasikan dalam sektor-sektor lainnya, menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik masing-masing sektor. Dalam konteks Online Monitoring, sensor Proteus memberikan kemampuan yang sangat berguna untuk pemantauan sungai dan danau. Hal ini memungkinkan para pengelola lingkungan atau otoritas terkait untuk mengawasi kualitas air secara continue dan mendeteksi perubahan yang mungkin terjadi dengan cepat. Di sisi lain, sistem Sparing memberikan solusi efektif untuk pemantauan kualitas air limbah yang sangat vital dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitarnya. Sensor Proteus tidak hanya memberikan manfaat dalam pemantauan air secara umum, tetapi juga memberikan solusi yang spesifik dan terukur sesuai dengan kebutuhan yang berbeda-beda.

 

B. Keunggulan Sensor Proteus

Sensor Proteus dapat langsung terhubung dengan data logger yang kami miliki, memungkinkan output data untuk dipantau secara real-time melalui aplikasi Mertani. Keunggulan Sensor Proteus tidak hanya terbatas pada kemampuan konektivitasnya, namun juga pada kemampuannya untuk mendeteksi hingga 17 parameter kualitas air dalam satu kali pengukuran. Karena kelebihan ini, Sensor Proteus sering disebut sebagai Sensor Multiparameter. Namun, keunggulan Sensor Proteus tidak berhenti di situ. Salah satu kelebihan yang menonjol adalah penggunaan Prinsip Fluorescene. Prinsip ini dianggap 1000 kali lebih sensitif dibandingkan dengan metode lainnya, meningkatkan akurasi dan kehandalan pengukuran. Selain itu, Sensor Proteus juga menjadi sensor pertama yang mampu mendeteksi total bakteri atau total coliform, memberikan informasi penting tentang kesehatan air. Keunggulan lainnya adalah kemampuan self-cleaning yang dimilikinya, di mana itu adalah kemampuan untuk dapat membersihkan sensor-sensornya sendiri menggunakan wrapper yang terpasang pada setiap sensor.


ProteusInstrumen_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

C. Macam Sistem Pemasangan Sensor Proteus

Dalam hal pemasangan, Sensor Proteus dapat dipasang menggunakan tiga sistem yang berbeda. Pertama adalah sistem celup, yang merupakan pilihan pemasangan paling sederhana dan biasanya diterapkan di lokasi perairan dengan arus yang relatif tenang. Sistem pompa digunakan di lokasi perairan yang memiliki jenis lumpur bersedimen, memungkinkan sensor untuk tetap beroperasi secara optimal meskipun dalam kondisi yang kurang ideal. Sedangkan sistem apung sering digunakan jika titik pengukuran berada di tengah-tengah perairan, memberikan fleksibilitas dalam penempatan sensor sesuai dengan kebutuhan pemantauan yang spesifik. Dengan berbagai opsi pemasangan yang tersedia, Sensor Proteus dapat diadopsi dengan mudah dalam berbagai konteks lingkungan perairan yang berbeda.


D. Perawatan Sensor Proteus

Pembahasan yang terakhir adalah mengenai perawatan Sensor Proteus. Perawatan Sensor Proteus tergolong relatif mudah. Yang pertama adalah pembersihan. Pada proses pembersihan ini, dapat dilakukan dengan dua bahan yakni air bersih dan kain lap yang memiliki tekstur halus. Caranya, kita bisa mengisi cup proteus menggunakan air bersih kemudian cup proteus akan dipasangkan pada sensor-sensor yang ada. Kemudian, kita guncangkaan secara perlahan dan kita lepaskan kembali cup-nya untuk dikeluarkan isinya yang berupa air. Setelahnya, sensor akan kita bersihkan menggunakan lap dengan tekstur yang halus. Perawatan Sensor Proteus yang kedua adalah dengan proses kalibrasi. Proses kalibrasi memiliki tahapan khusus, sehingga akan dijelaskan di artikel terpisah. Untuk itu, jangan sampai terlewat setiap update dari artikel di website Mertani.



Proteus_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

Kesimpulannya, sensor yang berkualitas sangat penting dalam industri IoT. Mereka berfungsi untuk mengumpulkan data yang akurat dan dapat diandalkan, memungkinkan perusahaan untuk memantau operasi mereka dengan lebih baik, meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, dan meningkatkan keamanan. Sensor berkualitas juga memungkinkan komunikasi yang lancar antara berbagai perangkat dalam sistem IoT. Oleh karena itu, pemilihan sensor yang tepat sangat penting untuk kesuksesan operasional dan bisnis dalam lingkungan industri yang semakin terhubung ini. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:

 

Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani

 

Sumber:

 

63 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page