top of page

WQMS Onlimo Mertani: Alat yang Harus Dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH)


Airbersih-Mertani
Kualitas Air Bersih (Sumber: ayahebat.com)

Dalam menjaga kebersihan dan kesehatan di lingkungan, penting untuk kita dalam memantau kualitas air secara teratur. Semakin banyaknya pencemaran lingkungan serta perubahan iklim, kebutuhan terhadap sistem pemantauan kualitas air yang efektif menjadi semakin dibutuhkan. Salah satu solusi yang inovatif dan efisien untuk digunakan adalah Water Quality Monitoring System (WQMS) Onlimo dari Mertani. WQMS Onlimo Mertani adalah perangkat yang dapat melakukan pemantauan kualitas air di lingkungan sekitar. Pemantauan kualitas air yang dilakukan menggunakan WQMS Mertani bekerja secara otomatis, dengan bantuan perangkat sensor dan teknologi IoT. Water Quality Monitoring System menjadi solusi modern untuk permasalahan yang sering terjadi di sebagian besar masyarakat. Sistem ini dilengkapi dengan sensor canggih untuk membantu dalam perekaman data dan pengiriman ke perangkat. Data yang sudah tersampaikan ke perangkat dapat mengatur kualitas air secara otomatis. Selain itu, Water Quality Monitoring System dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan air, untuk kemudian digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup. WQMS juga bisa digunakan untuk membantu keefektifan pada Dinas Lingkungan Hidup. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kami akan membahas tentang WQMS onlimo dan mengapa alat ini harus dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH).


Pentingnya Pemantauan Kualitas Air

Air adalah sumber kehidupan yang penting bagi manusia dan keberlanjutan ekosistem. Pemantauan kualitas air menjadi kebutuhan esensial untuk melindungi kesehatan masyarakat dan menjaga keseimbangan ekosistem. Air menjadi salah satu sumber daya alam yang begitu penting bagi kehidupan makhluk di bumi. Makhluk hidup memerlukan air yang tidak mengandung unsur racun ataupun zat berbahaya supaya kesehatan dapat senantiasa terjaga. Untuk mengatasi masalah ini, diciptakan inovasi teknologi yang terus memberikan kemudahan dalam pemantauan kualitas air. WQMS Onlimo Mertani menjadi sistem pemantauan kualitas air otomatis yang dibutuhkan oleh berbagai kalangan masyarakat. WQMS Onlimo dirancang khsusus untuk menganalisis kualitas air secara akurat dan berkelanjutan. Dengan menggunakan teknologi canggih, WQMS mampu mendeteksi berbagai parameter penting dalam air, seperti konsentrasi zat pencemar, suhu, kekeruhan air, dan tingkat pH atau keasaman.


Peran WQMS Onlimo bagi Dinas Lingkungan Hidup

WQMS-Mertani
Water Quality Monitoring System (Sumber Pribadi)

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) memainkan peran penting dalam pemantauan dan pengelolaan lingkungan. Dinas Lingkungan Hidup juga bertanggung jawab atas penjagaan air di suatu daerah. Penjagaan air oleh DLH melibatkan serangkaian tindakan untuk menjaga kualitas dan ketersediaan air yang aman bagi masyarakat dan lingkungan. Berikut kami jelaskan beberapa keunggulan WQMS Onlimo bagi Dinas Lingkungan Hidup.

  • Pemantauan yang Efisien: Onlimo memungkinkan DLH untuk memantau kualitas air di berbagai lokasi secara efisien, tanpa harus mengirimkan petugas lapangan secara rutin. WQMS Onlimo merupakan salah satu alat monitoring yang dapat digunakan dan menerapkan pemantauan jarak jauh, sehingga memudahkan petugas Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pemantauan secara otomatis. Petugas Dinas Lingkungan Hidup dapat mengukur kualitas air kapanpun dan di manapun dengan menggunakan smartphone atau PC. DLH dapat mengakses data secara real-time dan melakukan evaluasi dengan cepat. Hal ini memungkinkan DLH untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan mengarahkan upaya pengawasan dengan lebih tepat. Hal tersebut dapat membantu DLH dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan terhadap kualitas air.

  • Data yang Akurat: WQMS Onlimo akan mengukur data secara real-time dan sesuai berdasarkan kondisi air yang diukur. Hal ini memudahkan DLH untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan terpercaya, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan terkait perlindungan lingkungan. WQMS Onlimo juga membantu DLH dalam mendeteksi adanya pencemaran air dini. Alat ini dilengkapi dengan sensor-sensor yang dapat mengidentifikasi peningkatan konsentrasi dari zat-zat pencemar dalam air. Ketika terdeteksi adanya pencemaran, DLH dapat segera mengambil langkah-langkah penanganan yang diperlukan untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

  • Pemantauan Jangka Panjang: WQMS Onlimo juga memainkan peran penting dalam pemantauan jangka panjang terhadap kualitas air. Dengan adanya sistem pemantauan yang terus-menerus, DLH dapat mengumpulkan data historis pada setiap pengukuran kualitas air. Data ini dapat digunakan untuk analisis evaluasi kebijakan dan program yang telah dilakukan, serta perencanaan tindakan masa depan untuk menjaga kualitas air yang baik dan berkelanjutan.

Fitur dan kelengkapan pada WQMS Onlimo

Proteus-Mertani
Proteus Sensor (Sumber Pribadi)
  • Sensor yang canggih: WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan sensor yang sensitif dan akurat, sehingga mampu mendeteksi parameter kualitas air dengan presisi tinggi. Data yang dihasilkan dengan menggunakan sensor ini merupakan data real-time dan akurat sesuai dengan kondisi air.

  • Konektivitas internet: WQMS Onlimo Mertani sudah terhubung dengan jaringan internet, oleh karena itu Dinas Lingkungan Hidup dapat memantau data pengukuran secara real-time dari jarak jauh.

  • Keandalan dan daya tahan: WQMS Onlimo Mertani didesain untuk tahan terhadap kondisi lingkungan yang berat dan dapat beroperasi dalam jangka waktu yang lama tanpa gangguan. Hal ini memberikan keuntungan dalam hal kemudahan dan pemeliharan perangkat WQMS Onlimo.

  • Pengolahan data otomatis: WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan sistem pengolahan data otomatis yang memungkinkan analisis lebih cepat dan efisien. Ketika menggunakan WQMS Onlimo, data yang sudah dianalisis menjadi panduan untuk melakukan tindakan yang tepat dalam penjagaan lingkungan.

Dalam era yang semakin sadar akan perlunya pemantauan kualitas air, WQMS Onlimo Mertani menjadi alat yang harus dimiliki oleh Dinas Lingkungan Hidup. Keunggulan teknologi ini dalam pemantauan kualitas air akan memberikan kontribusi positif dalam menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan serta penegakan hukum lingkungan. Dengan menggunakan WQMS Onlimo Mertani, DLH dapat lebih efisien dalam melakukan pemantauan kualitas air dan melindungi sumber daya air yang berguna di masa kini dan masa depan. Nah, itulah penjelasan mengenai penggunaan WQMS Onlimo Mertani bagi Dinas Lingkungan Hidup, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

YouTube: mertani official

Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:

https://cbinstrument.com/onlimo-online-monitoring-ipal/

https://dlh.probolinggokab.go.id/pemantauan-kualitas-air-sungai-dengan-teknologi-online-monitoring/

https://www.mertani.co.id/post/water-quality-monitoring-system-wqms-apa-itu-dan-bagaimana-cara-kerjanya


#WQMSOnlimo #PemantauanKualitasAir #WQMS #Onlimo #Sparing #WQMSSparing #DLHDanWQMS #LingkunganHidup #OnlimoUntukKebersihanLingkungan #PemantauanAirYangEfektif #OnlimoDLH #AlatPemantauanKualitasAir #InovasiDLH #PerlindunganLingkunganHidup

64 views1 comment
WhatsApp
bottom of page