top of page

Water Quality Monitoring System (WQMS ): Apa itu dan Bagaimana Cara Kerjanya?


WQMS - Mertani
Water Quality Monitoring System ( Sumber Pribadi )

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang begitu penting bagi kehidupan makhluk di bumi. Setiap makhluk hidup memerlukan air yang sehat untuk menunjang kebutuhan hidupnya, sehingga kualitas air yang buruk dapat memengaruhi kesehatan dan lingkungan. Makhluk hidup memerlukan air yang tidak mengandung unsur racun ataupun zat berbahaya agar kesehatan dapat senantiasa terjaga. Untuk mengatasi permasalahan ini, kita perlu melakukan pengawasan terhadap kualitas air yang begitu penting. Untungnya, teknologi saat ini senantiasa berkembang untuk terus mendukung kemudahan bagi para masyarakat. Salah satu inovasi teknologi yang tercipta untuk mengatasi masalah dalam pemantauan kualitas air adalah, Water Quality Monitoring System Mertani. Kita bisa melakukan pengawasan terhadap kualitas air yang sering kita gunakan, dengan mudah. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas seputar Water Quality Monitoring System yang menjadi sistem pemantauan kualitas air bagi masyarakat.


Pengenalan Water Quality Monitoring System

kualitas air - Mertani
Sumber: ( generasibiologi.com )

Water Quality Monitoring System Mertani adalah perangkat yang dapat melakukan pemantauan kualitas air di lingkungan sekitar. Pemantauan kualitas air oleh Water Quality Monitoring System bekerja secara otomatis, dengan bantuan perangkat sensor dan teknologi IoT. Water Quality Monitoring System menjadi solusi modern untuk permasalahan yang sering terjadi di sebagian besar masyarakat. Sistem ini dilengkapi dengan sensor canggih untuk membantu dalam perekaman data dan pengiriman ke perangkat. Data yang sudah tersampaikan ke perangkat dapat mengatur kualitas air secara otomatis. Selain itu, Water Quality Monitoring System dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan air, untuk kemudian digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Pemantauan kualitas air oleh Water Quality Monitoring System, meliputi beberapa parameter seperti pH air, suhu, oksigen terlarut, dan kekeruhan. Selain itu, Water Quality Monitoring System juga dapat melakukan pendeteksian terhadap kontaminan, seperti logam berat, pestisida, dan bahan kimia lainnya. Mertani merancang WQMS dengan kelengkapan teknologi canggih, yang dapat memastikan bahwa air yang akan digunakan sudah aman dan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah. WQMS menjadi salah satu perangkat yang penting, karena air merupakan sumber daya yang begitu berharga bagi makhluk hidup. Sistem ini mencegah penggunaan air yang tercemar, karena jika air tercemar maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, WQMS memungkinkan pengguna dalam memantau kualitas air secara terus-menerus, sehingga pengguna memastikan bahwa air yang digunakan sudah aman dan sesuai untuk penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.


Bagaimana Water Quality Monitoring System Bekerja?

manfaat air - Mertani
Sumber: ( tabaye.ir )

Cara kerja Water Quality Monitoring System yaitu dengan mengumpulkan data dari beberapa sensor yang sudah terpasang di dalam air. Sensor tadi kemudian akan memantau parameter seperti pH, suhu, COD, BOD, DO, TSS, ORP, dan sebagainya. Data yang sudah diperoleh kemudian dikirim ke pusat pengendalian dan pusat pemantauan, yaitu perangkat yang terletak di darat. Kemudian, pusat pengendalian dan pusat pemantauan akan melakukan analisis data yang diterima dan langsung membuat laporan. Laporan ini akan menyajikan informasi terhadap kondisi air yang sudah dipantau, seperti tingkat pencemaran dan kualitas airnya. Lalu, pengguna dapat memanfaatkan laporan ini untuk dijadikan dasar dalam mengambil tindakan yang diperlukan. Data yang didapatkan oleh perangkat bisa diakses melalui mobile ataupun PC, sehingga kita bisa mengetahui perkembangan kualitas air yang dipantau kapanpun dan di manapun.


Keuntungan Water Quality Monitoring System

kualitas air - Mertani
Sumber: ( Berita 99.co )

Penggunaan Water Quality Monitoring System bagi kehidupan sehari-hari, memiliki berbagai keuntungan yang dapat membantu masyarakat. Berikut kami jelaskan beberapa keuntungan menggunakan Water Quality Monitoring System dalam penjagaan kualitas air di lingkungan.


1. Memantau Kualitas Air secara Terus-menerus

Water Quality monitoring System dapat melakukan pemantauan terhadap kualitas air secara terus-menerus. Pemantauan ini mencakup setiap unsur yang ada pada air tersebut, bahkan unsur dari zat yang begitu kecil sekalipun. Hal ini membuat pengguna dapat memastikan bahwa air yang digunakan sudah sesuai standar pemakaian. WQMS juga meningkatkan kualitas air yang digunakan agar tetap menjaga lingkungan yang sehat, dengan cara mendeteksi perubahan yang terjadi pada air, kemudian mencari sumber pencemar dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengurangi atau menghilangkan pencemaran.


2. Menjaga Kesehatan Lingkungan dan Manusia

Melalui pemantauan kualitas air oleh Water Quality Monitoring System, kita bisa menjaga kesehatan lingkungan dan manusia. Pemantauan kualitas air dilakukan secara terus-menerus, sehingga pengguna dapat mencegah terjadinya kerusakan lingkungan dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan air yang tercemar. Hal ini dapat membantu masyarakat untuk mempercepat tanggapan darurat jika terjadi pencemaran air. Water Quality Monitoring System akan memberikan informasi secara real-time kepada pengguna, sehingga dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.


3. Meningkatkan Efisiensi Penggunaan Air

Pengguna dapat menentukan kualitas air yang diperlukan untuk keperluan tertentu, dengan menggunakan Water Quality Monitoring System. Ketika kita sudah bisa menentukan kualitas kebutuhan air kita, tingkat efisiensi dalam penggunaan air di lingkungan akan semakin meningkat. Selain itu, kita juga dapat menekan tingkat pemborosan air dalam penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga ketahanan dan kualitas air. Kemudian, masyarakat dapat lebih memerhatikan perilaku mereka terhadap lingkungan, dan bisa mengambil tindakan yang diperlukan untuk terus menjaga kualitas air.

Pada era yang kian berkembang dengan cepat, penggunaan teknologi seperti Water Quality Monitoring System begitu penting dalam menjaga kualitas air dan lingkungan. Melalui teknologi ini, kita dapat berkontribusi dalam mengurangi pencemaran air dan menjaga keberlangsungan kehidupan manusia dan lingkungan. Nah, itulah penjelasan mengenai Water Quality Monitoring System untuk memantau kualitas air, semoga bermanfaat. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

YouTube: mertani official

Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:

https://www.kompasiana.com/ayuinnadya/6201270b8700004d673a7594/air-dalam-kehidupan-sehari-hari

https://www.mertani.co.id/automatic-water-quality-monitoring





35 tampilan1 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua