top of page

Water Quality Monitoring System (WQMS) Sparing dan Onlimo: Teknologi, Manfaat, dan Implementasi


Water Quality-Mertani
Pengukuran Kualitas Air Manual (Sumber: promarket.org)

Usaha untuk menjaga kualitas air yang baik bisa dimulai dari memantau kualitas air yang efektif dan efisien. Pada air yang digunakan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, terdapat berbagai partikel yang hidup di dalam air tersebut, seperti pH, suhu, tingkat kekeruhan, dan zat pencemar. Pemantauan kualitas air memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan kesehatan di berbagai sektor, seperti di bidang kesehatan, pertanian, industri, dan lain sebagainya. Air yang berkualitas dan sehat menjadi unsur yang perlu diperhatikan sebelum memanfaatkan air dalam pemenuhan kebutuhan. Nah, saat ini sudah diciptakan berbagai inovasi teknologi Sparing (Sistem Pemantauan Kualitas Air Limbah secara Terus Menerus dan Dalam Jaringan) dan Online Monitoring (Onlimo), yang memberikan kemudahan untuk pengguna ataupun instansi tertentu dalam pemantauan kualitas air yang akan digunakan. Seperti Water Quality Monitoring System (WQMS) dengan teknologi Sparing dan Onlimo yang berbasis teknologi Internet of Things. WQMS Onlimo Mertani merupakan sebuah perangkat yang dirancang untuk memantau dan mengukur kualitas air dalam lingkungan tertentu. WQMS Onlimo Mertani dapat mengukur berbagai parameter yang ada di dalam air, untuk mendapatkan informasi mengenai kualitas air, seperti tingkat pencemaran, kekeruhan, kandungan oksigen terlarut, dan parameter lain yang dapat memengaruhi keberlanjutan pada ekosistem air. Pemantauan kualitas air yang dilakukan oleh WQMS Onlimo Mertani bekerja secara otomatis, melalui perangkat sensor dan teknologi IoT. Teknologi WQMS Onlimo Mertani dapat memberikan data yang akurat dan real-time tentang kondisi kualitas air, sehingga menjadi solusi modern untuk permasalahan yang sering terjadi di sebagian besar masyarakat. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai WQMS Onlimo Mertani yang dilengkapi dengan Teknologi Sparing.


Peran Teknologi Sparing dalam WQMS Onlimo

Teknologi Sparing adalah salah satu komponen utama yang ada pada Water Quality Monitoring System (WQMS) Mertani. Sparing merupakan sistem yang menggunakan sensor untuk mendeteksi dan mengukur parameter kualitas air. Sensor ini berbasis IoT dan sudah terhubung dengan perangkat lunak yang bekerja untuk mengolah data dari sensor dan kemudian mengirimkannya ke pusat pemantauan. Teknologi Sparing memungkinkan pengguna untuk memantau secara jarak jauh terhadap kondisi kualitas air di berbagai lokasi dan mendapatkan data secara real-time.


Manfaat Teknologi Sparing dalam WQMS Onlimo

Water Quality - Mertani
Air Bersih dari Sumber Air (Sumber: greatriverslaw.org)

Teknologi Sparing pada WQMS Onlimo Mertani memberikan berbagai manfaat, berikut adalah beberapa manfaat Teknologi Sparing dalam WQMS.

  1. Akurasi Data: Teknologi Sparing memberikan data yang begitu akurat mengenai kualitas air, dengan menggunakan berbagai sensor dalam tingkat akurasi yang tinggi pada pengukuran parameter kualitas air. Sensor ini dapat mendeteksi dan mengukur berbagai parameter dalam air dengan presisi tinggi, sehingga memberikan hasil yang dapat diandalkan. Hal ini memastikan bahwa data yang diperoleh dari WQMS adalah hasil yang akurat, sehingga pengguna dapat mengambil keputusan berdasarkan informasi yang valid.

  2. Real-time Monitoring: Teknologi Sparing memungkinkan pemantauan kondisi dan kualitas air secara langsung dan real-time. Data yang diperoleh dari sensor-sensor dapat diakses dan dianalisis secara cepat, sehingga hal ini memungkinkan pengguna untuk mengambil tindakan yang cepat dan tepat dalam menangani masalah pencemaran atau perubahan kondisi air yang tepat.

  3. Skalabilitas: WQMS Onlimo Mertani yang dilengkapi dengan Teknologi Sparing dapat dengan mudah diintegrasikan menggunakan sistem yang lebih besar, sehingga memungkinkan pemantauan kualitas air secara luas dan terdistribusi. Sehingga dapat sangat berguna dalam melakukan pemantauan kualitas air di perairan yang luas, seperti danau ataupun sungai besar.

  4. Monitoring Multi-lokasi: Pengukuran kualitas air yang dilakukan oleh WQMS Onlimo Mertani menggunakan Teknologi Sparing, sehingga dapat memantau kualitas air yang berada di berbagai lokasi tanpa perlu melakukan pengukuran secara langsung atau manual. WQMS Onlimo Mertani dapat ditempatkan di berbagai titik lokasi pada sumber air, karena WQMS Onlimo Mertani yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik dapat mengukur setiap jenis air. Hal ini memungkinkan pemantauan yang lebih luas dan menyeluruh terhadap kualitas air yang ada di berbagai lokasi.

Implementasi Teknologi Sparing dalam WQMS

WQMS - Mertani
Water Quality Monitoring System (Sumber Pribadi)

Water Quality Monitoring System yang berbasis IoT dan menjadi salah satu teknologi Sparing adalah perangkat yang cocok diaplikasikan ke berbagai sektor. Ada beberapa hal yang diimplementasikan dalam WQMS Onlimo Mertani sebagai Teknologi Sparing dalam alat monitoring, seperti:

  • Penggunaan Sensor: WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan sensor yang sesuai dengan kebutuhan pemantauan kualitas air, sehingga sensor tersebut mampu mendeteksi parameter yang ada di dalam air seperti pH, suhu, kandungan oksigen terlarut, serta parameter lain yang relevan. Sensor tersebut dapat mengirimkan data secara otomatis dan dikirim secara aman serta terjaga kerahasiannya.

  • Pusat Pemantauan Online: WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah dan menganalisis data dari sensor penangkap data. Pemantauan data tersebut dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui internet dan platform yang sudah tersedia. Data yang dihasilkan merupakan data secara real-time dan akurat sesuai dengan kondisi sumber air yang diukur.

  • Koneksi Internet: Perangkat WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan beberapa akses jaringan internet yang stabil, seperti GSM, WiFi, Bluetooth Low Energy (BLE), dan LoRa. Koneksi internet tersebut membantu pengguna untuk memenuhi standar kebutuhan perusahaan.

  • Baterai: WQMS Onlimo Mertani dilengkapi dengan baterai yang tahan hingga 4-12 bulan. Baterai yang digunakan dalam WQMS Onlimo Mertani mampu menjaga daya tahan penggunaan perangkat untuk memantau kualitas air secara berkala.

Water Quality Monitoring System (WQMS) Onlimo dari Mertani yang dilengkapi dengan Teknologi Sparing dan berbasis IoT, membantu pengguna untuk mendapatkan data yang akurat dan real-time mengenai kualitas air. Selain itu, pengguna dapat mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga keberlanjutan ekosistem air dan meningkatkan kesehatan lingkungan. Nah, itulah penjelasan mengenai WQMS Onlimo Mertani yang dilengkapi dengan Teknologi Sparing, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


90 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
Jun 27, 2023

bagus

Like
WhatsApp
bottom of page