top of page

Teknologi Smart Poultry dari Mertani: Solusi Modern untuk Peternak Ayam di Garut, Jawa Barat


Instalasi Sensor 5 in 1 dan Atmospheric Mertani
Instalasi Sensor di Garut (Sumber Pribadi)

Penggunaan sensor untuk mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin pada peternakan ayam memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas usaha peternakan. Ketiga parameter tersebut merupakan faktor lingkungan yang sangat memengaruhi kesejahteraan dan pertumbuhan ayam. Dengan adanya sensor-sensor tersebut, peternak dapat memantau kondisi lingkungan di sekitar kandang ayam secara real-time, sehingga mereka dapat mengetahui apakah suhu dan kelembapan di dalam kandang sudah sesuai dengan kebutuhan ayam atau tidak. Selain itu, sensor-sensor ini juga membantu dalam mencegah stres pada ayam, yang dapat mengganggu pertumbuhan dan produksi telur. Selain itu, informasi yang diperoleh dari sensor juga membantu peternak untuk mengoptimalkan kondisi lingkungan di dalam kandang, seperti menyesuaikan suhu dan kelembapan sesuai dengan kebutuhan ayam pada berbagai tahap pertumbuhan. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi dan meminimalkan risiko penyakit. Dengan demikian, penggunaan sensor untuk mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin pada peternakan ayam tidak hanya membantu meningkatkan kesejahteraan ayam, tetapi juga dapat meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas peternakan secara keseluruhan.

Instalasi Sensor 5 in 1 dan Atmospheric Mertani
Sensor 5 in 1 (Sumber Pribadi)

Awal Keberangkatan

Tim Mertani melakukan instalasi sensor di Kota Garut, Provinsi Jawa Barat pada hari Senin, tanggal 20 Mei 2024. Tim Mertani membawa lima sensor sekaligus, dengan 4 sensor 5 in 1 (five in one) dan 1 sensor atmospheric. Keduanya berfungsi untuk memonitor suhu, kelembapan, dan kecepatan angin. Sensor 5 in 1 dipasang di dalam kandang, sedangkan sensor atmospheric ditempatkan di luar kandang. Lokasi instalasi berada di peternakan ayam, di mana sensor-sensor ini dipasang untuk memaksimalkan pertumbuhan pada ayam. Selain itu, penggunaan sensor juga membantu peternak dalam meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya seperti air dan pakan. Dengan memantau kelembapan dan suhu di dalam kandang, peternak dapat mengoptimalkan penggunaan air dan mencegah pemborosan. Begitu pula dengan penggunaan pakan, peternak dapat menyesuaikan jumlah pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan ayam berdasarkan kondisi lingkungan yang terpantau oleh sensor.

Instalasi Sensor  5 in 1 dan Atmospheric  Mertani
Sumber Pribadi

Proses Instalasi Sensor 5 in 1 dan Sensor Atmospheric

Setelah menempuh perjalanan darat menggunakan mobil, tim Mertani berhasil sampai di Kota Garut dengan selamat. Langkah pertama yang tim Mertani ambil sebelum memulai proses instalasi di dalam kandang peternakan ayam adalah berkoordinasi dengan perusahaan mitra untuk menentukan lokasi yang sesuai untuk pemasangan perangkat. Setelah koordinasi selesai, langkah berikutnya adalah persiapan perangkat pendukung dan sensor-sensor yang akan diinstalasi nantinya. Sesi instalasi baru akan dimulai setelah persiapan, yaitu dengan pengeboran panel box dan perencanaan jalur kabel agar kabel tidak saling bertabrakan dan terlihat rapi. Setelah jalur kabel direncanakan dan dipasang, langkah selanjutnya adalah memasang bucket sensor ke tiang. Kemudian, dilakukan pengeboran untuk pemasangan tiang. Jika semua tahapan sudah terlewati, barulah bagian inti instalasi dimulai, yaitu pemasangan sensor. Sensor yang dipasang adalah sensor 5 in 1. Dengan urutan proses yang terorganisir, diharapkan instalasi dapat dilakukan dengan efisien dan hasilnya dapat memberikan manfaat maksimal bagi peternakan ayam. Namun, proses instalasi menghadapi kendala karena lokasi peternakan sedang dibersihkan. Hal ini menghambat pergerakan tim Mertani dalam menginstal sensor-sensor tersebut. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan untuk instalasi mencapai 2 hari. Meskipun demikian, tim Mertani tetap dengan konsisten menjalankan tugas. Tim Mertani menghadapi tantangan dengan mengatur jadwal instalasi sesuai dengan ketersediaan akses ke area peternakan. Selama proses instalasi, mereka juga berkoordinasi dengan pemilik peternakan untuk memastikan sensor-sensor dipasang dengan tepat dan efisien. 

Instalasi Sensor 5 in 1 dan Atmospheric Mertani
Sumber Pribadi

Di sisi lain, instalasi sensor atmospheric dilakukan di luar ruangan atau outdoor dengan proses pengeboran dinding dan pemasangan bracket. Setelah itu, sensor atmospheric dipasang dan dilanjutkan dengan pengisian program atau firmware pada hardware. Tim Mertani juga melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa sensor berfungsi dengan baik. Selama proses instalasi sensor atmospheric, tim mengalami kendala ketika kabel sempat terbelit. Namun, mereka berhasil mengatasi masalah tersebut dengan cekatan. Setelah menyelesaikan proses instalasi baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan, tim Mertani melanjutkan tugas mereka dengan memberikan pelatihan kepada staf penjaga peternakan ayam tentang pengenalan sensor yang telah diinstalasi. Selain itu, mereka juga memberikan arahan tentang cara menggunakan dashboard Mertani sebagai platform untuk mengumpulkan data dari sensor-sensor yang telah terpasang di lapangan. Dengan pelatihan ini, diharapkan staf peternakan dapat memahami dan memanfaatkan dengan baik teknologi yang telah dipasang untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam pengelolaan peternakan ayam.

 

Manfaat Penggunaan Sensor

Sensor-sensor ini memungkinkan peternak untuk mengambil keputusan yang lebih cerdas dan akurat berdasarkan data yang diperoleh. Dengan analisis data yang tepat, peternak dapat mengidentifikasi tren atau pola perilaku yang dapat digunakan untuk meningkatkan manajemen peternakan secara keseluruhan. Dengan demikian, penggunaan sensor untuk mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin pada peternakan ayam bukan hanya merupakan investasi dalam kesejahteraan ayam, tetapi juga merupakan langkah penting dalam meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keberlanjutan usaha peternakan ayam di masa depan.

Instalasi Sensor 5 in 1 dan Atmospheric Mertani
Pemasanan Sensor (Sumber Pribadi)

Penggunaan sensor untuk mengukur suhu, kelembapan, dan kecepatan angin pada peternakan ayam memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas ayam serta efisiensi operasional peternakan secara keseluruhan. Dengan sensor-sensor ini, peternak dapat memantau kondisi lingkungan di sekitar kandang secara real-time, mencegah terjadinya stres pada ayam, dan mengoptimalkan kondisi lingkungan sesuai dengan kebutuhan ayam pada berbagai tahap pertumbuhan. Dengan penggunaan sensor yang tepat, peternakan ayam dapat mencapai performa yang lebih baik dalam hal produksi telur, pertumbuhan ayam, dan kesejahteraan hewan, yang pada akhirnya akan meningkatkan profitabilitas dan keberlanjutan usaha peternakan ayam. Oleh karena itu, investasi dalam penggunaan sensor untuk monitoring lingkungan di peternakan ayam merupakan langkah yang penting dan berpotensi memberikan return yang besar bagi peternak. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 

 

 

59 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page