top of page

Teknik Budidaya Tanaman Tahan Kering dalam Perubahan Iklim


Sumber: (beritasatu.com)

Dalam era perubahan iklim saat ini, kekeringan telah menjadi masalah serius dalam budidaya tanaman. Perubahan iklim telah menyebabkan fluktuasi cuaca yang tidak dapat diprediksi. Hal ini berdampak negatif pada pertanian, terutama kekeringan yang dapat mengurangi hasil panen. Para petani perlu mengembangkan teknik budidaya yang tahan kering untuk menghadapi tantangan ini. Teknik budidaya tahan kering memberikan keuntungan jangka panjang, termasuk ketahanan terhadap fluktuasi cuaca, penghematan air, dan produktivitas yang lebih baik. Artikel Mertani kali ini akan membahas beberapa cara efektif untuk mengatasi masalah kekeringan dan perubahan iklim dalam budidaya tanaman, termasuk pemilihan varietas tanaman yang tahan kekeringan dan praktik penghematan air.


1. Pemilihan Varietas Tanaman yang Tahan Kekeringan

Sumber: (gdm.id)

Salah satu langkah awal yang dapat dilakukan dalam menghadapi masalah kekeringan adalah dengan memilih varietas tanaman yang memiliki ketahanan terhadap kondisi kering. Banyak penelitian telah dilakukan untuk mengidentifikasi varietas-varietas tanaman yang tahan terhadap kekeringan. Varietas ini biasanya memiliki kemampuan untuk mengurangi kehilangan air melalui stomata yang lebih kecil, akar yang lebih dalam, atau kemampuan untuk mengatur penggunaan air secara efisien. Pemilihan varietas yang tepat dapat membantu meningkatkan hasil panen meskipun dalam kondisi kekeringan. Adapun beberapa tanaman yang tahan kekeringan yaitu jagung, ubi, kacang hijau, kacang panjang, timun, tomat, dan terong.


2. Praktik Penghematan Air

Sumber: (agrozine.id)

Pengelolaan air yang efisien sangat penting dalam budidaya tanaman tahan kering. Teknik penghematan air melibatkan penggunaan metode irigasi yang tepat, seperti irigasi tetes atau irigasi berbasis permukaan yang dapat mengurangi kehilangan air akibat penguapan. Penggunaan mulsa (lapisan penutup tanah) juga dapat membantu menjaga kelembapan tanah dengan mengurangi penguapan air dari permukaan tanah.


3. Penggunaan Bahan Organik

Sumber: (pikiranrakyat.com)

Penggunaan bahan organik, seperti kompos dan pupuk hijau, dapat meningkatkan struktur tanah dan kapasitas penahanan air tanah. Tanah yang lebih subur dan berstruktur baik mampu menyimpan lebih banyak air dan nutrisi, sehingga meningkatkan daya tahan tanaman terhadap kekeringan.


4. Praktik Konservasi Tanah

Sumber: (kompas.com)

Erosi tanah dapat menyebabkan hilangnya lapisan tanah yang kaya akan unsur hara dan kemampuan penahanan air. Praktik konservasi tanah, seperti kontur guludan, penanaman tumpang sari, dan penutupan lahan, dapat membantu mengurangi erosi dan menjaga kualitas tanah.


5. Penggunaan Teknologi Pertanian Canggih

ARR - Mertani
Penggunaan Automatic Rainfall Recorder di Lahan ( Sumber Pribadi )

Teknologi pertanian modern juga dapat berperan penting dalam mengatasi masalah kekeringan dan perubahan iklim. Penggunaan sensor tanah, sistem irigasi otomatis berbasis data, dan model prediksi cuaca dapat membantu petani mengelola air dan tanaman secara lebih efisien.


6. Rotasi Tanaman dan Polikultur

Sumber: (wikifarmer.com)

Melakukan rotasi tanaman dan polikultur (penanaman berbagai jenis tanaman dalam satu lahan) dapat membantu mengurangi risiko kerugian akibat kekeringan. Polikultur dapat menciptakan ekosistem yang lebih stabil dan beragam, yang pada gilirannya dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap fluktuasi iklim.


Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan kekeringan, kolaborasi antara petani, peneliti, dan pemerintah sangatlah penting. Melalui penelitian yang berkelanjutan dan penerapan teknik budidaya yang tepat, kita dapat mengembangkan sistem pertanian yang lebih tahan kering dan adaptif terhadap perubahan iklim, sehingga tetap mampu menyediakan pasokan pangan yang stabil dan berkelanjutan.


Temukan informasi menarik lainnya mengenai seputar pertanian pada link berikut ini.


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


Sumber:





72 views0 comments
WhatsApp
bottom of page