top of page

Manfaat AWLR dalam Peningkatan Produktivitas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, dan Industri


AWLR - Mertani
AWLR Mertani (Sumber Pribadi)

Pemanfaatan teknologi dalam berbagai sektor menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan dan meningkatkan efisiensi. Salah satu teknologi yang memberikan dampak positif terhadap pertanian, perkebunan, peternakan, dan industri adalah Automatic Water Level Recorder (AWLR). Teknologi ini membawa sejumlah manfaat signifikan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan di sektor-sektor tersebut. Nah, untuk memudahkan pengukuran dan pemantauan tinggi muka air oleh masyarakat, Mertani meluncurkan produk AWLR (Automatic Water Level Recorder). AWLR Mertani membantu pemantauan dan pengukuran permukaan di berbagai lokasi. Tidak hanya dapat mengukur tinggi muka air sungai, AWLR Mertani juga dapat membantu mengukur tinggi permukaan air tanah dan bendungan. AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani membantu berbagai pihak, mulai dari pihak swasta hingga pemerintahan untuk menjaga kondisi tinggi muka air tetap terjaga. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan mengulas mengenai AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani sebagai device yang membantu memudahkan dalam pemantauan tinggi muka air.


Pengertian AWLR

AWLR - Mertani
AWLR Mertani (Sumber Pribadi)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur tinggi muka air secara otomatis. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor yang sensitif terhadap perubahan ketinggian air dan dapat merekam data secara terus-menerus. AWLR dapat mengirimkan data secara otomatis dan real-time ke pusat pengendalian dari petugas, untuk memudahkan dalam pemantauan yang akurat dan cepat. Cara kerja dari AWLR Mertani adalah dengan memanfaatkan sensor yang terpasang di suatu titik lokasi aliran air atau di permukaan air seperti danau atau waduk. Sensor ini kemudian akan mengukur tinggi muka air pada interval waktu tertentu secara otomatis. Data yang dikumpulkan oleh AWLR adalah data yang sesuai dengan kondisi permukaan air, sehingga dapat digunakan untuk memantau perubahan tinggi muka air seiring waktu.


Berikut adalah manfaat penggunaan AWLR Mertani di berbagai bidang:


1. Pertanian: Optimalisasi Irigasi

AWLR membantu pertanian dengan menyediakan informasi akurat mengenai tingkat air tanah dan sumber air irigasi. Informasi ini memungkinkan petani untuk mengatur jadwal penyiraman secara efisien, mengoptimalkan penggunaan air, dan menghindari pemborosan. Dengan pemantauan tingkat air yang real-time, petani dapat merencanakan tata cara irigasi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, mengurangi risiko kekeringan, dan meningkatkan hasil panen.


2. Perkebunan: Pengelolaan Drainase dan Kelembapan Tanah

Dalam sektor perkebunan, AWLR berperan dalam pengelolaan drainase dan kelembaban tanah. Informasi yang diberikan oleh perangkat ini membantu petani perkebunan untuk mengatur sistem drainase yang efektif, mencegah genangan air yang dapat merusak akar tanaman, dan menjaga tingkat kelembapan tanah yang optimal. Hasilnya, perkebunan dapat menghasilkan tanaman yang lebih sehat dan produktif.


3. Peternakan: Pengelolaan Sumber Air dan Kesejahteraan Hewan

AWLR juga memberikan kontribusi penting dalam sektor peternakan dengan menyediakan data real-time tentang tingkat air di area ternak. Peternak dapat mengelola sumber air dengan lebih baik, memastikan kecukupan air untuk hewan ternak, dan mencegah masalah kesehatan terkait dehidrasi. Informasi yang akurat dan tepat waktu juga memungkinkan pemantauan kondisi lingkungan yang dapat memengaruhi kesejahteraan hewan.


4. Industri: Pengelolaan Sumber Daya dan Keberlanjutan

Dalam konteks industri, AWLR dapat digunakan untuk pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Perusahaan industri dapat memantau penggunaan air mereka, mengidentifikasi potensi pemborosan, dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi. Pemantauan yang cermat terhadap tingkat air juga mendukung praktik-praktik industri yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.


5. Keuntungan Ekonomi dan Investasi Jangka Panjang

Penggunaan AWLR tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan produktivitas, tetapi juga memberikan keuntungan ekonomi jangka panjang. Dengan pengelolaan yang lebih baik terhadap sumber daya air, sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan industri dapat menghemat biaya operasional, mengurangi risiko kerugian akibat kekeringan atau banjir, dan meningkatkan hasil produksi secara berkelanjutan.


6. Peningkatan Teknologi dan Akses Informasi

Dengan terus berkembangnya teknologi, AWLR menjadi semakin terjangkau dan mudah diakses oleh berbagai kalangan. Hal ini membuka peluang bagi lebih banyak petani, perkebunan, peternak, dan industri untuk mengadopsi teknologi ini. Seiring dengan peningkatan aksesibilitas, akan ada peningkatan kesadaran akan manfaat AWLR, mendorong lebih banyak pihak untuk mengambil langkah-langkah menuju pengelolaan sumber daya yang lebih efisien.


Spesifikasi AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani

AWLR - Mertani
AWLR Mertani (Sumber Pribadi)

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani memiliki spesifikasi yang unggul di set teknologi. Mulai dari detail hardwarenya, konektivitas, pengukuran sensor, CCTV, dan power. Pada detail hardware, AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani berdaya ultra rendah berdasarkan cortex M4. AWLR beroperasi pada 2.7 V hingga 5.5 V, dan suhu operasionalnya mulai dari 0°C hingga +85°C. Memori internal dari AWLR Mertani berada pada ukuran 16 MB dan memori industri yang diperluas hingga 256 MB. Selain itu, AWLR Mertani juga tahan cuaca sehingga memudahkan pemasangan pada berbaga lokasi.

Sensor yang digunakan pada device AWLR Mertani mampu mengukur kondisi tinggi muka air secara terus-menerus, setiap jam, hari, bulan, bahkan tahun. Sensor yang mengukur tinggi muka air pada AWLR Mertani memberikan data yang real-time, sehingga kita mendapatkan data terbaru dari kondisi tinggi muka air di lokasi tertentu. Sensor AWLR menjangkau kedalaman dan ketinggian muka air hingga 5 meter, 10 meter, dan 20 meter tergantung penggunaan sensor tertentu. Akurasi dari pengukuran menggunakan sensor AWLR memiliki resolusi 3 mm atau 0.1%FS.


Penerapan Automatic Water Level Recorder membawa manfaat signifikan dalam meningkatkan produktivitas dan keberlanjutan di sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan industri. Dengan informasi yang akurat dan real-time mengenai tingkat air, para pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan yang lebih tepat waktu dan efektif. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani


Sumber:


31 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page