top of page

Apa Itu AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani?

Updated: Nov 30, 2023


AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

Air menjadi salah satu zat kimia esensial bagi kehidupan di bumi. Secara kimia, air adalah senyawa yang terdiri dari Hidrogen (H) dan satu unsur atom oksigen (O), sehingga membentuk rumus kimia H2O. Air menjadi cairan yang transparan, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa pada kondisi standar. Air memiliki peran yang penting dalam kehidupan, terutama dalam komponen sel utama manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, air juga diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan di berbagai sektor seperti sektor industri, pertanian, perkebunan, perikanan dan sebagainya.

Air berasal dari berbagai sumber seperti pegunungan bahkan air hujan. Air yang mengalir ke dataran yang lebih rendah bisa tertampung menjadi sungai, danau, dan bendungan. Kemudian, air yang sudah berada di sungai, danau, dan bendungan tersebut kemudian dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Pada kasus seperti ini, kita perlu memantau ketinggian muka air untuk mengetahui kondisi sungai supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Akan tetapi, pada sungai atau bendungan terkadang debit aliran susah diukur. Biasanya, angka menjadi tolak ukur untuk memantau perkembangan tinggi air.

Nah, untuk memudahkan pengukuran dan pemantauan tinggi muka air oleh masyarakat, Mertani meluncurkan produk AWLR (Automatic Water Level Recorder). AWLR Mertani membantu pemantauan dan pengukuran permukaan di berbagai lokasi. Tidak hanya dapat mengukur tinggi muka air sungai, AWLR Mertani juga dapat membantu mengukur tinggi permukaan air tanah dan bendungan. AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani membantu berbagai pihak, mulai dari pihak swasta hingga pemerintahan untuk menjaga kondisi tinggi muka air tetap terjaga. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan mengulas mengenai AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani sebagai device yang membantu memudahkan dalam pemantauan tinggi muka air.


Pengertian AWLR (Automatic Water Level Recorder)

AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur tinggi muka air secara otomatis. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor yang sensitif terhadap perubahan ketinggian air dan dapat merekam data secara terus-menerus. AWLR dapat mengirimkan data secara otomatis dan real-time ke pusat pengendalian dari petugas, untuk memudahkan dalam pemantauan yang akurat dan cepat. Cara kerja dari AWLR Mertani adalah dengan memanfaatkan sensor yang terpasang di suatu titik lokasi aliran air atau di permukaan air seperti danau atau waduk. Sensor ini kemudian akan mengukur tinggi muka air pada interval waktu tertentu secara otomatis. Data yang dikumpulkan oleh AWLR adalah data yang sesuai dengan kondisi permukaan air, sehingga dapat digunakan untuk memantau perubahan tinggi muka air seiring waktu.


Spesifikasi AWLR (Automatic Water Level Recorder)

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani memiliki spesifikasi yang unggul di set teknologi. Mulai dari detail hardwarenya, konektivitas, pengukuran sensor, CCTV, dan power. Pada detail hardware, AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani berdaya ultra rendah berdasarkan cortex M4. AWLR beroperasi pada 2.7 V hingga 5.5 V, dan suhu operasionalnya mulai dari 0°C hingga +85°C. Memori internal dari AWLR Mertani berada pada ukuran 16 MB dan memori industri yang diperluas hingga 256 MB. Selain itu, AWLR Mertani juga tahan cuaca sehingga memudahkan pemasangan pada berbaga lokasi.

Sensor yang digunakan pada device AWLR Mertani mampu mengukur kondisi tinggi muka air secara terus-menerus, setiap jam, hari, bulan, bahkan tahun. Sensor yang mengukur tinggi muka air pada AWLR Mertani memberikan data yang real-time, sehingga kita mendapatkan data terbaru dari kondisi tinggi muka air di lokasi tertentu. Sensor AWLR menjangkau kedalaman dan ketinggian muka air hingga 5 meter, 10 meter, dan 20 meter tergantung penggunaan sensor tertentu. Akurasi dari pengukuran menggunakan sensor AWLR memiliki resolusi 3 mm atau 0.1%FS.


Tipe AWLR Mertani

AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

AWLR Mertani memiliki beberapa jenis berdasarkan penggunaan dan fungsinya. Hal yang membedakan antara satu jenis dengan jenis yang lainnya adalah kombinasi sensor yang digunakan. Sehingga, kita dapat memilih produk AWLR sesuai dengan kebutuhan dari kondisi. Berikut adalah beberapa tipe AWLR Mertani berdasarkan penggunaan dan fungsinya.


1. AWLR Pemantau Sungai Real-time

AWLR tipe ini menggunakan sensor ultrasonik dan dilengkapi dengan CCTV. AWLR tipe ini cocok digunakan untuk memantau tinggi muka air sungai, selain itu, CCTV juga dapat memudahkan pemantauan kondisi sekitar di lokasi pemasangan AWLR.


2. AWLR Sistem Peringatan Dini Banjir

AWLR tipe ini menggunakan sensor ultrasonik dan dilengkapi dengan sirine. AWLR jenis ini, cocok digunakan di lokasi yang rawan banjir. Ketika tinggi muka air memasuki potensi bencana banjir, maka sirine akan membantu memberi peringatan terhadap kondisi di sekitar lokasi.


3. Pemantauan Zero Delta-Q

AWLR tipe ini mengandalkan sensor ultrasonik dan dilengkapi dengan vetocity flow meter sensor, yang dapat membantu pengukuran dan pemantauan water level Anda menjaid lebih cepat. Pemantauan tinggi muka air menggunakan water level jenis ini, memberikan pengalaman dan kecepatan pemantauan dibandingkan yang lain.


AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani menjadi salah satu pilihan teknologi terbaik untuk membantu dalam pemantauan tinggi muka air di lokasi Anda. Nah, itulah penjelasan mengenai AWLR (Automatic Water Level Recorder), semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani





152 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
Nov 10, 2023

keren

Like
WhatsApp
bottom of page