top of page

5 Manfaat Menggunakan Water Quality Monitoring System untuk Rumah dan Bisnis


WaterQuality - Mertani
Sumber: ( Silicon Republik )

Dalam kehidupan sehari-hari, air menjadi salah satu unsur yang begitu penting bagi kita. Air yang sehat memberikan nutrisi bagi tubuh agar dapat melakukan aktivitas. Selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, air biasa digunakan untuk membantu dalam perkembangan bisnis. Air juga digunakan untuk membantu dalam kegiatan yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, air yang digunakan adalah air yang memiliki kualitas baik dan layak konsumsi. Itulah mengapa, kita perlu memastikan bahwa air yang biasa kita gunakan untuk kehidupan sehari-hari aman dan bebas dari kontaminasi. Untuk meningkatkan kualitas air di lingkungan, Mertani menciptakan teknologi yang dapat membantu pengguna dalam pemantauan dan menjaga kualitas air yang akan digunakan. Water Quality Monitoring System Mertani (WQMS) dilengkapi sensor dan pengatur yang dapat mengukur kadar kualitas air di lingkungan. Nah, pada artikel Mertani ini, kita akan membahas mengenai pengertian dan manfaat dari Water Quality Monitoring System untuk rumah dan bisnis.


Apa Itu WQMS?

water Quality Monitoring System ( Sumber Pribadi )

Water Quality Monitoring System (WQMS) merupakan teknologi dari Mertani yang memantau kualitas air secara berkala. WQMS membantu dalam pemeriksaan kandungan zat kimia seperti logam berat, pH, suhu air, dan tingkat kekeruhan pada air. Melalui WQMS, pengguna dapat memastikan air yang aman digunakan dan sesuai untuk konsumsi manusia, serta membantu dalam memenuhi kebutuhan pada rumah maupun bisnis. Pemantauan kualitas air dilakukan secara otomatis dengan bantuan sensor dan teknologi IoT. Sistem ini mencegah penggunaan air yang tercemar, karena jika air tercemar maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, WQMS memungkinkan pengguna dalam memantau kualitas air secara terus-menerus, sehingga pengguna memastikan bahwa air yang digunakan sudah aman dan sesuai untuk penggunaan dalam kehidupan sehari-hari.


Manfaat Penggunaan WQMS

Water Quality Monitoring System memiliki manfaat dalam berbagai kebutuhan. Berikut kami jelaskan beberapa manfaat pengunaan WQMS di berbagai kebutuhan rumah maupun bisnis.


1. Memastikan Kualitas Air yang Baik

good quality water - Mertani
Sumber: ( texaswatersofteners.com )

Air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan harus dari air yang berkualitas baik. Pada kebutuhan umum bagi rumah tangga, air digunakan untuk minum, membersihkan pakaian maupun peralatan yang kotor, membersihkan badan, hingga memasak. Akan tetapi, tidak semua sumber air yang ada di lingkungan memiliki kualitas air yang baik. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, kita memerlukan air yang sehat dan terbebas dari zat berbahaya.

Untuk kepentingan bisnis, air yang digunakan juga harus memiliki kualitas yang baik. Biasanya air yang digunakan dalam peternakan dan pertanian memanfaatkan sumber air dari lingkungan sekitar. Sementara itu, air dari sumber tersebut belum tentu memiliki kualitas yang baik untuk membantu dalam perkembangan bisnis. Air yang tidak sehat, dan kemudian digunakan untuk pertanian atau peternakan, akan menyebabkan penyakit hingga kematian pada tanaman dan hewan ternak. Kualitas air yang tidak sehat bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti adanya zat kimia berbahaya, mikroba, hingga bakteri. Saat menggunakan Water Quality Monitoring System, pengguna dapat memantau kualitas air dengan mendeteksi keberadaan zat kimia berbahaya, mikroba, dan bakteri yang memengaruhi kualitas air. Kualitas air yang baik dapat membantu kita untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh penggunaan air yang tidak sesuai.


2. Menghindari Penyebaran Penyakit

Air yang sudah tercemar dengan berbagai zat berbahaya bisa menjadi sumber penyebaran berbagai penyakit. Kita perlu menghindari penggunaan air yang sudah terkontaminasi, karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare, tifus, infeksi saluran pencernaan, dan sebagainya. Water Quality Monitoring System memberikan pengawasan terhadap kualitas air secara terus menerus, sehingga kita dapat memastikan bahwa air yang digunakan terbebas dari kontaminasi dan aman untuk digunakan. Ketika air yang berada di lingkungan terhindar dari berbagai penyakit, kebutuhan air dalam rumah dan dunia bisnis akan tercukupi dan berkualitas.


3. Meningkatkan Efisiensi dan Produktivitas

Air yang bersih dan berkualitas dapat membantu dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas di dunia bisnis. Hal tersebut juga berlaku pula dalam penggunaan air dalam rumah. Seperti contoh sistem otomatisasi dalam dunia industri makanan atau minuman, air yang bersih dapat meningkatkan hasil produksi. Begitu pula dunia bisnis di bidang pertanian maupun peternakan, air yang bersih dan sehat akan memberikan nutrisi kepada produk yang dirawat. Dengan begitu produk hasil pertanian dan peternakan akan memiliki kualitas baik sehingga akan memberikan keuntungan. Selain itu, WQMS akan secara otomatis mengatur kadar bahan kimia yang diperlukan supaya air bisa tetap bersih dan aman untuk digunakan.


4. Memenuhi Persyaratan Peraturan dan Standar Kualitas Air

water quality-Mertani
Sumber: ( pidjar.com )

Pemanfaatan air dalam bisnis pertanian dan peternakan, harus memenuhi persyaratan peraturan dan standar kualitas air yang sudah ditetapkan oleh pemerintah atau badan pengawas dari negara. Pihak tersebut menetapkan bahwa air yang digunakan untuk bisnis seperti pertanian dan peternakan, harus menggunakan air yang sehat dan tidak terkontaminasi oleh zat berbahaya. Dengan menggunakan Water Quality Monitoring System, pengembang bisnis tersebut dapat memastikan bahwa air yang digunakan dalam bisnisnya memenuhi persyaratan tersebut, sehingga bisnis tersebut dapat berkembang dengan mendapat dukungan dari negara. Produk yang dihasilkan juga memiliki kualitas yang baik.


5. Menghemat Waktu dan Tenaga

Dengan menggunakan Water Quality Monitoring System, pengguna tidak perlu lagi melakukan pengukuran dan penyesuaian kualitas air secara manual. WQMS akan mengukur kualitas air secara otomatis dan mengirim catatan data kepada pengguna. Data yang didapatkan oleh WQMS akan otomatis terkirim ke smartphone pengguna. Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga para pengguna, dari yang semula menggunakan tenaga manual untuk mengukur kualitas air, beralih menjadi teknologi canggih yang dapat mengukur kualitas air secara otomatis. Tidak perlu campur tangan dari pengguna, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Data yang didapatkan juga lebih akurat, sehingga pengguna dapat menjadikannya sebagai tolak ukur untuk melakukan keputusan.

Water Quality Monitoring System dapat membantu masyarakat yang menggunakan air untuk kepentingan pribadi atau pengembangan bisnis. WQMS memastikan air yang digunakan memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat meningkatkan efisensi dalam penggunaan air. Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat Water Quality Monitoring System pada rumah dan bisnis. Semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:



94 views2 comments

2 Comments


mugiyati
mugiyati
May 09, 2023

terimakasih atas ilmunya sangat bermanfaat


Like

Restu Setiawan
Restu Setiawan
May 08, 2023

mantap

Like
WhatsApp
bottom of page