top of page

Kegiatan Magang Industri BPPMPV KPTK Bersama PT Mertani


MertaniTeam
Potret Tim Mertani Bersama Peserta Magang BPPMPV KPTK (Sumber Pribadi)

Sistem pendidikan di Indonesia saat ini kembali diperkuat melalui berbagai lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan sistem pembelajaran yang ada. Salah satunya adalah Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BPPMPV KPTK). BPPMPV KPTK merupakan suatu lembaga pelatihan guru yang berfokus pada pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan vokasi di bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi, dan Komunikasi (KPTK) sesuai dengan tingkat kebutuhan industri. Lembaga ini bertujuan menjadi pusat fasilitasi peningkatan kompetensi pendidikan kejuruan di bidang KPTK yang unggul dan berkarakter, dengan melaksanakan penjaminan mutu pendidikan vokasi. BPPMPV KPTK memiliki peran penting untuk peningkatan mutu dalam dunia pendidikan dan industri, terutama di bidang KPTK. Lembaga ini menyediakan pelatihan dan dukungan bagi guru kejuruan serta melakukan penjaminan mutu pendidikan vokasi melalui berbagai aktivitas pembinaan, pembimbingan, pendampingan, supervisi, dan konsultansi.

Pada bulan Mei 2023, PT Mertani menjadi salah satu instansi yang berpatisipasi dalam acara Magang Industri Pelatihan Proyek Internet of Things dan Data Science. Kegiatan ini merupakan salah satu program BPPMPV KPTK yang diikuti oleh guru SMK se-Indonesia. Guru yang mengikuti kegiatan ini adalah guru dari jurusan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi, juga jurusan yang sejenis. Pada kegiatan ini, ada dua puluh empat guru yang mengikuti magang industri dengan mayoritas berasal dari Pulau Jawa, Sumatra, dan Sulawesi. Kegiatan magang industri ini berlangsung selama 5 hari dan semua dilaksanakan dengan kerja sama antara BPPMPV KPTK dan PT Mertani. Program ini terdiri dari 3 rangkaian dan berjalan selama 3 minggu. Minggu pertama diadakan pembimbingan secara daring. Lalu, Minggu kedua dilakukan pembimbingan kegiatan peningkatan mutu pendidikan secara luring, dan yang terakhir diadakan program magang industri yang bekerja sama dengan start-up di bidang Internet of Things dan Data Science.

MertaniTeam
Potret Tim Mertani Bersama Peserta Magang BPPMPV KPTK (Sumber Pribadi)

Kegiatan magang industri ini erat kaitannya dengan perkembangan Internet of Things di bidang industri. PT Mertani mendukung kegiatan ini dengan memberikan pemahaman mengenai teknologi Internet of Things yang digunakan pada perangkat guna memudahkan dalam memenuhi kebutuhan industri bagi masyarakat. PT Mertani memberikan penjelasan mengenai Internet of Things yang dimanfaatkan pada bidang pertanian dan perkebunan. Kegiatan pemahaman alat Mertani dilakukan secara bertahap, mulai dari pengenalan, kunjungan, hingga proses pengaplikasian perangkat yang dikenalkan.

Kegiatan magang industri para guru berlangsung selama empat hari berturut-turut, dengan acara yang berbeda-beda. Aktivitas dari para guru yang mengikuti magang industri dimulai dengan kunjungan ke kantor utama Mertani pada hari Senin, tanggal 22 Mei 2023. Sebanyak 24 peserta guru datang ke kantor Mertani yang beralamat di Sleman, Yogyakarta. Kegiatan kunjungan ini dimulai pada pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB. Untuk acara pertama dilakukan sesi perkenalan mengenai PT Mertani sebagai start-up yang bekerja sama dalam kegiatan magang industri BPPMPV KPTK. Para guru yang menjadi peserta magang industri begitu antusias dalam acara ini. Selain perkenalan mengenai PT Mertani, para guru juga melakukan room tour kantor Mertani untuk mengetahui kegiatan rutinan para pegawai di kantor kami.

MertaniTeam
Potret Tim Mertani Bersama Peserta Magang BPPMPV KPTK (Sumber Pribadi)

Selain melakukan kunjungan ke kantor Mertani, pada hari kedua yaitu tanggal 23 Mei 2023, para guru juga melakukan kunjungan ke lokasi pemasangan device Mertani di Prambanan. Alat yang dipasang di Prambanan berupa AWS (Automatic Weather Station), yang berfungsi untuk membantu dalam melakukan pemantauan kondisi iklim di sekitar kebun. Para guru mendatangi lokasi untuk mengenal lebih dalam mengenai teknologi berbasis IoT dalam dunia industri. Di lokasi pemasangan device, para guru diberi penjelasan mengenai alat AWS, proses pemasangan, dan cara kerja dari AWS di lahan pekebunan. Para peserta magang diberikan pemahaman tentang bagaimana IoT bekerja untuk mendukung pertumbuhan industri di Indonesia.

Mertaniteam
Potret Tim Mertani Bersama Peserta Magang BPPMPV KPTK (Sumber Pribadi)

Pada hari ketiga dan keempat yaitu tanggal 24-25 Mei 2023, para peserta melakukan kegiatan magang di Kangen Boutique Hotel yang beralamat di Jl. Magelang 5,8, Kutu Patran, Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan magang tersebut diisi dengan pemaparan perangkat AWLR, AWS, dan WQMS Mertani. Kegiatan pengenalan perangkat tersebut dilakukan oleh tim kami. Peserta magang diberikan pemahaman, mulai dari pengenalan perangkat, sensor yang digunakan, prosedur penggunaan, dan cara kerja dari masing-masing perangkat. Selain itu, dijelaskan juga bagaimana inovasi teknologi dari Mertani membantu industri perkebunan dan pertanian di Indonesia. Pada hari itu juga, dilakukan kegiatan praktik yaitu perakitan perangkat dan berbagai kegiatan lainnya seperti coding. Praktik perakitan perangkat dilakukan langsung oleh para peserta magang industri. Selain itu, para peserta magang juga melakukan praktik untuk penampilan data dari alat yang dirangkai.

Guru yang menjadi peserta dari acara magang ini antusias sekali dalam mengikuti pembimbingan, para guru juga sangat senang menjadi partisipan dalam acara kali ini. Selain itu, para beliau ini juga sangat aktif dalam bertanya dan memberikan masukan. Itulah tadi sedikit cerita mengenai perjalanan tim Mertani kali ini. Ingin tahu lebih banyak tentang cerita kami bersama perusahaan lainnya? Anda dapat mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


Sumber:


73 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
May 29, 2023

naiss

Like
WhatsApp
bottom of page