top of page

Jumpa Mertani di Hari UMKM Nasional 2023

Updated: Aug 16, 2023


Expo UMKM 2023 - Mertani
Pameran Alat AWS di Expo UMKM 2023 (Sumber Pribadi)

Yogyakarta, 15 Agustus 2023 - Hari UMKM Nasional diperingati setiap tanggal 12 Agustus. Tahun ini, peringatan hari UMKM Nasional diselenggarakan selama 4 hari sejak tanggal 10 hingga 13 Agustus. Acara ini diadakan di Surakarta, Jawa Tengah, lebih tepatnya Lapangan Pamedan Pura Mangkunegaran Kota Surakarta. Adapun peringatan hari UMKM Nasional diadakan bersamaan dengan UMKM Expo 2023 dan mengusung tema “Transformasi UMKM Masa Depan”. Kegiatan kali ini diharapkan membuat para peserta siap untuk menghadapi tantangan di masa depan, dan bertransformasi digital serta dapat memperluas jaringan pemasaran melalui e-commerce.

Dalam rangka untuk meningkatkan minat dan pengenalan terhadap teknologi saat ini, PT Mertani mengikuti kegiatan UMKM Expo ini. Tim Mertani berangkat pada tanggal 10 Agustus pagi, sekitar pukul 06.00 WIB dengan titik pemberangkatan dari kantor Mertani di Jogja. Tim Mertani tiba di lokasi pada pukul 08.00 WIB. Sesampainya di lokasi, tim Mertani kemudian melakukan persiapan seperti menyiapkan media pameran dan berbenah peralatan yang dibawa dari kantor Mertani. Tim Mertani memanfaatkan Hotel Amarelo sebagai tempat untuk menginap, yang berlokasi di Jl Gatot Subroto No 89 - 103 Singosaren, Solo, Serengan, Solo, Jawa Tengah, Indonesia, 57151, kemudian dari hotel ke lokasi pameran, membutuhkan waktu sekitar 5-7 menit perjalanan. Tim Mertani mengikuti pameran hanya selama tiga hari mulai dari tanggal 10 Agustus hingga 12 Agustus, dengan membawa alat Automatic Weather Station (AWS) lengkap dan Automatic Water Level Recorder (AWLR). Selain itu, ada juga beberapa sensor yang ikut dipamerkan seperti sensor soil, sensor matahari, dan sensor udara. Selain itu, ada juga akrilik yang sering kali menjadi media dalam acara pameran yang diikuti oleh Mertani.

Pameran di Expo UMKM 2023 - Mertani
Pameran Device Mertani di Expo UMKM 2023 (Sumber Pribadi)

PT Mertani mengikuti acara ini dengan penuh bangga mengenalkan berbagai inovasi teknologi yang dapat membantu kebutuhan masyarakat secara umum. Device yang dipamerkan oleh Mertani, juga cukup menarik perhatian dari dinas pemerintahan yang turut serta meramaikan acara ini. Mertani mendapatkan boots nomor 12 yang terletak di outdoor. Di booth Mertani dipasang device Automatic Weather Station (AWS) serta akrilik Automatic Water Level Recorder (AWLR). Nah, pada Expo kali ini, diikuti oleh berbagai penggiat usaha di berbagai bidang. Tidak hanya dari satu daerah saja, ada ramai partisipan yang turut memamerkan beragam jenis peranti dari daerahnya masing-masing. Banyak sekali jenis media pada Expo kali ini, mulai dari kuliner, fashion, teknologi, dan berbagai perlengkapan lain, yang sengaja diikutsertakan untuk mengenalkan dan mendukung perkembangan UMKM di Indonesia.

Pameran Expo UMKM 2023 - Mertani
Booth Mertani di Expo UMKM 2023 ( Sumber Pribadi)

Selain acara utama, yaitu pameran berbagai jenis kegiatan usaha dari masyarakat, ada juga beragam acara menarik yang memeriahkan Hari UMKM Nasional kali ini. Penampilan yang apik dari berbagai musisi lokal Indonesia menyemarakkan dan cukup menghibur semua partisipan pada acara kali ini. Kegiatan yang diadakan selama 4 hari menampilkan musisi yang berbeda untuk memberikan suasana baru, di setiap harinya. Penampilan dari musisi ini diadakan pada malam hari, karena pada pagi hingga sore hari, diadakan pameran. Tim Mertani menyiapkan booth pada pukul 08.30 WIB, dan membuka booth pada pukul 09.00 WIB untuk mulai melakukan pameran dan promosi kepada setiap pengunjung. Kemudian, booth Mertani tutup pada pukul 21.00 WIB. Suasana di lokasi pameran sangat meriah, namun tetap tertib. Acara dimulai dengan pembukaan, kemudian pameran, dan dilanjutkan penampilan dari musisi lokal.

Selain dari masyarakat umum, ada juga jajaran kementerian lain yang turut meramaikan acara ini. Kesempatan bagi para penggiat usaha untuk menampilkan berbagai kegiatan usaha yang didirikan oleh masyarakat. Hal ini juga menjadi momen yang tepat bagi Mertani untuk kembali menambah relasi dengan jajaran pemerintahan, seperti Menteri Koperasi dan UKM, Menteri PUPR, dan Dinas Pemerintahan yang lain. Selain itu, Mertani kembali membangun relasi yang lebih luas dengan masyarakat sekitar dalam pengenalan teknologi dalam lingkup yang lebih ramai. Mertani memiliki momen untuk berdiskusi dengan penggiat IoT dan Ilmu Teknologi, tentang inovasi teknologi yang dimanfaatkan Mertani untuk membantu kegiatan usaha masyarakat. Selain itu, Mertani juga berkesempatan untuk mengenalkan PT Mertani kepada Menteri Koperasi, Drs. Teten Masduki, dengan harapan supaya Mertani dapat dikenal dengan jangkauan yang lebih luas lagi. Kemudian, ada juga Sekretaris resmi dari Menteri Koperasi yang mendatangi booth Mertani. Pada saat itu, Tim Mertani berhasil mengenalkan dan menjelaskan device yang diproduksi oleh Mertani dalam membantu usaha masyarakat.

Pameran Expo UMKM 2023 - Mertani
Pameran Device Mertani di Expo UMKM 2023 (Sumber Pribadi)

Selain pengenalan dengan jajaran Menteri, Mertani juga bertukar ide dan gagasan dengan pemilik booth lain yang kebetulan menjaga stand dalam bidang teknologi. Pada kesempatan ini, ada banyak pelajaran dan informasi mengenai teknologi yang didapatkan oleh pihak Mertani terhadap produk dan kelengkapan yang digunakan dalam membangun device. PT Mertani berharap semoga acara pameran kali ini bisa menjadi salah satu ajang penyebaran perkembangan teknologi terhadap pemerintah, dan masyarakat umum yang masih asing terhadap inovasi teknologi.

"Kegiatan Expo ini seru banget, asli. Aku jadi ketemu banyak orang dan partisipan dari berbagai daerah. Ada aneka kuliner, fashion, sama cenderamata dari berbagai daerah. Ada guest star juga yang keren-keren, seru banget," Kesan dari salah satu tim Mertani yang turut serta mengikuti Expo UMKM 2023. Nah, itulah sedikit cerita mengenai kegiatan Tim Mertani kali ini, semoga bermanfaat. Ingin tahu lebih banyak mengenai cerita kami? Anda dapat mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


28 views2 comments
WhatsApp
bottom of page