top of page

IoT AWLR Mertani untuk Memenuhi Kebutuhan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)


BBWS-Mertani
Bendungan Logung ( Sumber: indonesiatraveler.id )

Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memiliki unit pelaksana yaitu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), yang bertugas untuk mengelola sumber daya air yang ada di Indonesia. PUPR memiliki tugas penting untuk mendukung kesejahteraan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air di wilayah tertentu. Dalam pengelolaan sumber daya air, PUPR memerlukan penggunaan teknologi yang mampu memudahkan serta mendukung efisiensi dan keakuratan dalam pengukuran tingkat air. Seperti teknologi Internet of Things (IoT) yang menjadi sarana dalam memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Internet of Things (IoT) adalah konsep di mana objek-objek fisik seperti perangkat elektronik, kendaraan, serta peralatan tertentu yang terhubung dan dapat saling berkomunikasi melalui jaringan internet. IoT membantu dalam pengumpulan data secara terus-menerus dari objek-objek tertentu yang kemudian dapat dilakukan pengambilan keputusan yang lebih cerdas berdasarkan data tersebut. Di era teknologi yang terus berkembang seiring waktu, IoT telah menjadi kekuatan revolusioner di berbagai sektor, termasuk bidang pertanian dan PUPR. Seperti Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani yang dilengkapi dengan teknologi IoT, membantu PUPR dalam mengukur tinggi permukaan air sungai secara otomatis. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai AWLR Mertani yang membantu PUPR dalam pengelolaan sumber daya air.


Mengapa PUPR BBWS Membutuhkan IoT AWLR Mertani?

PUPR membutuhkan IoT AWLR karena berbagai alasan yang bermanfaat. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa penggunaan IoT AWLR sangat penting dalam operasional PUPR:

AWLR-Mertani
Automatic Water Level Recorder ( Sumber Pribadi )

1. Meningkatkan Efisiensi pengelolaan Sumber Daya Air

Cara kerja AWLR Mertani yang memudahkan dalam pengukuran tinggi permukaan air sungai secara otomatis, membantu PUPR dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya air dengan lebih efisien. IoT AWLR secara otomatis mencatat tingkat air dalam sungai atau daerah penting lainnya. Hal ini membantu kebutuhan untuk pemantauan manual yang rentan terhadap kesalahan manusia. Data yang dikumpulkan secara akurat dan terus-menerus memungkinkan PUPR untuk mengambil keputusan berdasarkan informasi yang valid. IoT AWLR secara otomatis akan memantau dan mencatat tingkat air dalam sungai atau daerah penting lainnya dengan lebih praktis. Data yang sudah dikumpulkan oleh perangkat dapat membantu PUPR dalam mengelola dan memantau sumber daya air dengan lebih efektif.


2. Peningkatan Pemantauan Tingkat Air Secara Real-Time

Dalam pengelolaan sumber daya air, pemantauan tingkat air yang akurat dan real-time sangat diperlukan bagi PUPR. Dengan menggunakan IoT AWLR, PUPR dapat memantau perubahan tingkat air dengan lebih cepat. Selain itu, pengukuran tinggi permukaan air sungai dapat dilakukan kapanpun dan di manapun melalui platform resmi Mertani. Hal ini memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap perubahan kondisi air, seperti bencana banjir ataupun kekeringan. Dengan pemantauan tingkat air secara real-time, IoT AWLR dapat membantu dalam pengendalian bencana banjir dan kekeringan. Dengan adanya data yang akurat tentang tingkat air, PUPR dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi dampak dari bencana tersebut.


3. Mendukung Pengambilan Keputusan yang Lebih Akurat

Dengan data yang sudah dikumpulkan oleh IoT AWLR Mertani, PUPR dapat membuat keputusan yang lebih akurat dalam pengelolaan sumber daya air. Informasi yang diperoleh dari pengukuran, seperti perubahan tingkat air seiring waktu, dapat digunakan untuk memprediksi potensi bencana alam, mengoptimalkan distribusi air, dan mengidentifikasi kebutuhan jangka panjang dalam penggunaan air. Dengan menggunakan data yang dikumpulkan oleh IoT AWLR, PUPR dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya air dengan lebih efisien. Informasi tentang tingkat air yang terus-menerus diperbarui, dapat membantu dalam mengelola pengaliran air, irigasi pertanian, dan distribusi air untuk kebutuhan masyarakat. PUPR dapat menerapkan pendekatan pengambilan keputusan yang berbasis data. Data yang diperoleh dari perangkat AWLR dapat memberikan wawasan yang lebih baik tentang kondisi sungai, aliran air, dan kebutuhan pengelolaan sumber daya air. Hal ini membantu dalam mengoptimalkan keputusan-keputusan terkait penggunaan sumber daya air.


Studi Kasus: Keberhasilan Penerapan IoT AWLR Mertani di BBWS

AWLR-Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi )

Penerapan IoT AWLR Mertani telah berhasil dilakukan di BBWS Pemali Juana, tepatnya di Kota Semarang. BBWS Pemali Juana telah mengimplementasikan sistem IoT AWLR Mertani yang terhubung ke sistem monitoring. AWLR dimanfaatkan untuk membantu pemantauan tinggi permukaan air di sungai untuk mitigasi terjadinya banjir. BBWS dapat mengakses data tinggi permukaan air secara otomatis dan real-time, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat dalam mengelola air. Dalam penerapan ini, BBWS Pemali Juana juga melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Melalui kolaborasi antara BBWS dan masyarakat, pengelolaan air dapat dilakukan dengan lebih baik dan berkelanjutan dalam mitigasi bencana banjir.

AWLR Mertani juga membantu dalam pemantauan keadaan sungai, apakah semakin tinggi atau berkurang. Keputusan yang tepat dapat diambil oleh BBWS melalui data yang sudah dianalisis dan diolah secara akurat. Selain itu, BBWS juga dapat melakukan penanganan dini berdasarkan data tersebut. Data yang sudah diterima oleh pihak BBWS menjadi parameter utama dalam pelaksanaan keputusan. Data yang terekam pada dashboard dapat dipantau di manapun dan kapanpun, sehingga segala macam kemungkinan dapat diatasi sejak dini.

PUPR memerlukan IoT Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani untuk membantu dalam mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air. Dengan menggunakan IoT AWLR Mertani, PUPR dapat memantau tingkat air secara real-time, mengoptimalkan penggunaan sumber daya air, dan mengambil keputusan yang lebih akurat. Perangkat AWLR memberikan kemudahan dalam pemantauan bencana banjir dan kekeringan, sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat setempat. Nah, itulah penjelasan mengenai pemanfaatan AWLR Mertani di PUPR, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani


Sumber:


37 views1 comment

1 Comment


Restu Setiawan
Restu Setiawan
Jun 07, 2023

donee

Like
WhatsApp
bottom of page