top of page

Instalasi AWLR Mertani di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan



AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi


Instalasi Automatic Water Level Recorder (AWLR) di Kota Banjarbaru merupakan sebuah langkah penting dalam upaya pemantauan lingkungan yang semakin ditingkatkan. Dengan semakin berkembangnya aktivitas industri dan pertumbuhan perkotaan, pemantauan tinggi muka air menjadi semakin krusial, terutama di lingkungan industri yang rentan terhadap fluktuasi muka air. Melalui instalasi AWLR, diharapkan dapat tercipta sistem pemantauan yang lebih efisien dan akurat, sehingga potensi risiko terkait dengan fluktuasi muka air dapat diminimalkan. Pada artikel ini, akan dibahas lebih lanjut mengenai proses instalasi AWLR di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Mulai dari pemilihan lokasi, persiapan, hingga implementasi alat, setiap langkah dalam proses instalasi ini memiliki peran yang penting dalam memastikan keberhasilan proyek instalasi alat AWLR dan kontribusi yang signifikan dalam pemantauan lingkungan secara keseluruhan.

 

A. Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan instalasi alat Automatic Water Level Recorder (AWLR) pada tanggal 20 hingga 23 Maret 2024 merupakan sebuah proyek yang penting dan kompleks. Tim Mertani yang dipercayakan untuk melaksanakan tugas ini, telah melakukan persiapan matang dan penjadwalan yang teliti agar proses instalasi berjalan dengan lancar. Kami memahami bahwa keberhasilan proyek ini sangat bergantung pada koordinasi yang baik, pemahaman mendalam terhadap alat yang akan diinstalasi, serta kesigapan menghadapi tantangan yang mungkin muncul selama proses instalasi. Pada tanggal 20 Maret 2024, Tim Mertani memulai perjalanan menuju Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan, tempat di mana instalasi AWLR akan dilakukan. Perjalanan selama 13 jam dimulai dari pagi hari, dengan harapan dapat mencapai lokasi instalasi secepat mungkin. Tim Mertani mengerti betul bahwa waktu adalah faktor krusial dalam kesuksesan proyek ini. Akhirnya, tim tiba di sekitar jam 8 hingga 10 malam WITA. 


AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

B. Parameter dan Titik Lokasi AWLR yang Diinstalasi

Alat yang akan diinstalasi adalah AWLR dengan parameter Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) dan Tinggi Muka Air Saluran (TMAS). Kedua parameter ini sangat vital dalam pemantauan tinggi muka air yang akurat, terutama dalam konteks industri. Memahami betul akan pentingnya parameter ini, Tim Mertani bertekad untuk memastikan bahwa instalasi dilakukan dengan tepat dan teliti. Meskipun memiliki waktu yang terbatas, Tim Mertani berencana untuk menyelesaikan instalasi seluruh alat hanya dalam satu hari. Hal ini menunjukkan efisiensi dan keahlian tim dalam menangani proyek ini. Tim Mertani telah melakukan persiapan matang dan berkomitmen penuh untuk menyelesaikan tugas sesuai target yang telah ditetapkan. Dua unit AWLR akan dipasang di dua titik yang berbeda di pabrik. Penentuan titik instalasi dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak pabrik untuk memastikan keakuratan dan kelayakan lokasi.

Kehadiran AWLR di pabrik tersebut bertujuan agar dapat meningkatkan pemantauan fluktuasi muka air di dalam waduk yang berada di sekitar pabrik. Hal ini akan sangat bermanfaat dalam mengoptimalkan operasi pabrik dan mengurangi potensi risiko lingkungan. Selain itu, AWLR juga berperan dalam menjaga konsistensi produksi dan mengantisipasi potensi risiko yang mungkin timbul. Kerjasama antara Tim Mertani dengan perusahaan mitra yang beroperasi di bidang produksi minyak menunjukkan kesadaran akan pentingnya pemantauan lingkungan dalam industri tersebut. Kerjasama ini merupakan langkah positif dalam membangun kesadaran lingkungan di sektor industri, di mana pemantauan dan pengelolaan lingkungan menjadi semakin penting. Bapak Wagito ditunjuk sebagai penanggung jawab dari perusahaan mitra dalam proyek ini. Kepercayaan ini menegaskan komitmen perusahaan dalam mendukung dan melaksanakan proyek instalasi AWLR dengan baik.

 

C.  Proses Pemasangan AWLR

Ketika tiba di lokasi instalasi, Tim Mertani tidak langsung melakukan pemasangan AWLR. Mereka terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan pihak terkait, termasuk pihak pabrik, untuk menentukan titik-titik instalasi yang optimal. Hal ini menunjukkan bahwa tim tidak hanya fokus pada aspek teknis instalasi, tetapi juga memperhatikan aspek kebutuhan dan keamanan lingkungan sekitar. Setelah titik instalasi ditentukan, Tim Mertani mulai melakukan pemasangan AWLR dengan cermat dan teliti. Kami memastikan bahwa setiap langkah instalasi dilakukan dengan presisi untuk memastikan kinerja optimal dari alat tersebut. Kesabaran dan ketelitian menjadi kunci dalam proses ini, karena setiap detail harus diperhatikan dengan seksama untuk menghindari kesalahan yang dapat mengganggu fungsi alat. Setelah proses instalasi selesai, tim Mertani tidak lupa memberikan training bagaimana acaranya menggunakan pada alat AWLR tersebut.


AWLR_Mertani
Sumber: Pribadi

Namun, keberhasilan proyek ini tidak hanya bergantung pada keterampilan teknis Tim Mertani dalam melakukan instalasi. Kolaborasi yang solid antara semua pihak yang terlibat juga menjadi faktor penting dalam mencapai tujuan bersama. Tim Mertani berusaha menjalin komunikasi yang baik dengan pihak terkait, termasuk pihak pabrik dan perusahaan mitra, untuk memastikan bahwa semua kebutuhan dan harapan mereka terpenuhi. Dengan kerja keras, dedikasi, dan kerjasama yang solid, Tim Mertani berhasil menyelesaikan pemasangan AWLR di pabrik dengan baik. Proyek instalasi ini bukan hanya sekadar tugas teknis, tetapi juga merupakan kontribusi kami dalam meningkatkan pemantauan lingkungan yang lebih baik. Keberhasilan proyek ini menjadi bukti nyata akan kemampuan dan komitmen Tim Mertani dalam menjalankan tugas mereka dengan profesionalisme dan integritas. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani


35 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page