top of page

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Portable: Alat Penting untuk Balai Teknik Irigasi

Updated: Jun 26, 2023


AWLR-Mertani
AWLR Portable di Balai Teknik Irigasi (Sumber Pribadi)

Balai Teknik Irigasi merupakan lembaga yang memiliki peran penting dalam pengaturan dan pengelolaan sistem irigasi di Indonesia. Balai Teknik Irigasi juga bertanggung jawab dalam pengaturan dan pengelolaan sistem irigasi untuk memastikan pasokan air yang optimal untuk berbagai sektor, seperti di bidang pertanian. Selain itu, Balai Teknik Irigasi memiliki peran penting untuk merancang, membangun, mengoperasikan, dan memelihara infrastruktur irigasi yang meliputi bendungan, waduk, saluran irigasi, pintu air, dan peralatan terkait lainnya. Balai Teknik Irigasi juga bertugas melakukan studi kelayakan, pengelolaan sumber daya air, dan pengawasan terhadap kegiatan irigasi yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun swasta. Dalam upaya meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya air, pengukuran tingkat air yang akurat dan real-time begitu diperlukan untuk membantu Balai Teknik Irigasi dalam memonitoring tingkat air dengan lebih efektif. Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu pengguna dalam memantau dan mencatat tinggi permukaan air secara otomatis. AWLR Mertani dapat mengukur Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) dan Tinggi Muka Air Sungai (TMAS) secara otomatis dan lebih akurat. Tujuan utama dari penggunaan AWLR Mertani adalah untuk menggantikan metode manual yang membutuhkan pengukuran secara manual. Alat ini terdiri dari sensor yang sensitif terhadap perubahan tingkat air, serta sistem perekaman data yang dapat memantau dan merekam data tingkat air secara berkala. Penggunaan AWLR memiliki banyak keuntungan dalam bidang irigasi. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai penggunaan AWLR Mertani pada Balai Teknik Irigasi.


Kelebihan AWLR Portable Mertani

AWLR-Mertani
AWLR Portable (Sumber Pribadi)

AWLR Portable memiliki sejumlah kelebihan yang membuat AWLR menjadi alat yang penting dalam Balai Teknik Irigasi. Berikut adalah beberapa kelebihan AWLR Portable Mertani.

  • AWLR Portable sangat mudah digunakan: Proses penggunaan AWLR Mertani hanya dengan beberapa langkah sederhana, kemudian petugas irigasi dapat mengatur perangkat dan memulai pengukuran tingkat air dengan cepat dan otomatis.

  • AWLR Portable memiliki portabilitas yang tinggi: Perangkat ini dapat dengan mudah dipindahkan ke berbagai lokasi pengukuran tanpa kesulitan. Hal ini memungkinkan pengukuran tingkat air dilakukan secara efisien di berbagai saluran irigasi. Kondisi perangkat AWLR Portable Mertani juga fleksibel dan dapat disesuaikan dengan penggunaan di berbagai saluran irigasi.

  • Pengukuran menggunakan AWLR Portable dilakukan secara otomatis: Hal ini merupakan keuntungan yang besar bagi petugas Balai Teknik Irigasi. Petugas irigasi tidak perlu melakukan pengukuran manual secara rutin, sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, pengukuran otomatis juga mengurangi risiko kesalahan manusia dalam pengukuran tingkat air.

Tujuan Pemasangan AWLR Portable Mertani di Balai Teknik Irigasi

ControllBox-Mertani
Controll Box Mertani (Sumber Pribadi)

Pada tanggal 6 Juni 2023, Tim Mertani melakukan pemasangan alat Automatic Water Level Recorder Portable Mertani di Balai Teknik Irigasi, yang beralamat di Jalan Cut Meutia Kotak Pos 147, Mergahayu Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat. Tujuan pemasangan alat ini adalah untuk training alat atau pelatihan bagi staf di Balai Teknik Irigasi, dalam pengoperasian perangkat AWLR Portable serta untuk mengkalibrasi sensor dari alat AWLR di lapangan. Pada training tersebut setiap staf mengikuti pelatihan dengan seksama dan antusias, karena sebagai penataran dalam pengoperasian AWLR di berbagai tempat irigasi. Balai Teknik Irigasi menggunakan AWLR supaya dalam pengukuran tinggi muka air di sungai atau tempat irigasi menjadi lebih mudah dipantau dan dijangkau. Pada training proses pemasangan alat ini, hanya memakan waktu satu hari, dimulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

Alat AWLR Portable dari mertani merupakan perangkat custom, yang pertama kali digunakan oleh Balai Teknik Irigasi untuk membantu dalam pengukuran tinggi muka air di daerah irigasi. Spesifikasi dari alat AWLR Portable tersebut adalah Water Level Ultrasonic, yang memanfaatkan gelombang untuk pengukuran tingkat air. Nah, pada training kali ini, Tim Mertani dan Balai Teknik Irigasi melakukan pengujian alat AWLR Portable di Lab Irigasi. Lab Irigasi tersebut berguna untuk melakukan pengujian dan pengoperasian dari alat yang akan digunakan di berbagai titik irigasi. Pengujian alat tersebut berguna dalam simulasi aliran irigasi yang ada di area sekitar Balai Teknik Irigasi. Selain itu, staf Balai Teknik Irigasi juga melakukan pengujian untuk mendapatkan skema dan susunan dari alat yang akan dipasang, sehingga staf Balai Teknik Irigasi akan mendapatkan catatan irigasi yang sekiranya sesuai dengan kondisi di area irigasi. Cara pengujiannya adalah, AWLR Portable dioperasikan pada beberapa skenario irigasi, yang berguna untuk meningkatkan efektivitas pekerjaan staf dalam melakukan kalibrasi pada titik air yang masuk ke dalam aliran irigasi.


Manfaat Penerapan AWLR Portable di Balai Teknik Irigasi

AWLR-Mertani
Pemasangan AWLR Portable oleh Tim Mertani dan Staf Balai Teknik Irigasi (Sumber Pribadi)

Penerapan AWLR Portable di Balai Teknik Irigasi memiliki dampak yang positif dalam pengelolaan irigasi. Beberapa penerapan AWLR Portable antara lain:

  • Mengoptimalkan penggunaan sumber daya air: Dengan AWLR Portable, Balai Teknik Irigasi dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya air dengan mengatur irigasi secara lebih efisien. Penggunaan air dapat disesuaikan dengan kebutuhan tanaman, sehingga tidak terjadi pemborosan dan memastikan ketersediaan air yang cukup.

  • Monitoring dan pemeliharaan irigasi yang lebih baik: AWLR Portable memungkinkan Balai Teknik Irigasi untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaan irigasi yang lebih baik. Dengan informasi yang akurat tentang tingkat air, dapat dilakukan perbaikan atau perawatan yang diperlukan secara tepat waktu.

  • Perencanaan yang efektif untuk keberlanjutan irigasi: Dengan data yang diperoleh dari AWLR Portable, Balai Teknik Irigasi dapat membuat perencanaan yang lebih efektif untuk menjaga keberlanjutan irigasi. Langkah-langkah strategis dapat diambil untuk menghadapi tantangan seperti perubahan iklim dan kebutuhan air yang semakin meningkat.

AWLR Portable Mertani menjadi salah satu solusi bagi Balai Teknik Irigasi untuk melakukan monitoring tingkat air secara akurat dan efisien. Penggunaan AWLR Portable memungkinkan pengambilan keputusan yang tepat bagi petugas Balai Teknik Irigasi untuk mengurangi risiko kekeringan dan banjir. Nah, itulah penjelasan mengenai penggunaan AWLR Portable di Balai Irigasi, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


299 views3 comments

3 Comments


Dinda laeli
Dinda laeli
Jul 18, 2023

good

Like

Dinda laeli
Dinda laeli
Jul 18, 2023

good

Like

Restu Setiawan
Restu Setiawan
Jun 20, 2023

naiss

Like
WhatsApp
bottom of page