Monitoring Kebun Alpukat Milik Kelompok Tani di Yogyakarta

"Kami berkomitment dalam menghadirkan solusi smart agriculture standar industri kepada perkebunan dan pertanian Indonesia"


Semakin pesatnya perkemangan zaman dan teknologi, memunculkan berbagai solusi ditawarkan oleh para pemuda bangsa melalui penerapannya, termasuk dalam bidang pertanian atau agritech. Tantangannya adalah keterbatasan pengetahuan dan pengalaman dalam menuangkan solusi tersebut di dunia nyata. Kenyataannya, ada beberapa perusahaan yang belum berhasil dalam menghadirkan solusi karena perbedaan antara ide/konsep dengan kenyataan sangat jauh berbeda.





Tim Mertani bekerja sama dengan salah satu kelompok tani alpukat dalam menerapkan teknologi Automatic Weather Station (AWS) di Yogyakarta. Teknologi ini diharapkan dapat membantu petani alpukat dalam memberikan informasi iklim sekitar tanaman secara up to date. Informasi yang dikumpulkan AWS meliputi dinamika curah hujan, suhu udara, kelembaban udara, pH tanah, suhu tanah, dan kelembaban tanah. Informasi ini dapat dimanfaatkan oleh pengurus kelompok tani maupun penyuluh dalam melakukan perencanaan kegiatan operasional.




Instalasi AWS dilakukan pada saat tanaman alpukat berada pada fase pembibitan. Pada fase ini, perawatan tanaman perlu dilakukan secara intensif. Diantaranya adalah penyediaan nutrisi, penanganan hama dan penyakit, hingga manajemen ketersediaan air. AWS dapat membantu estimasi waktu pemupukan dari informasi curah hujan dan kelembaban tanah. Penanganan hama penyakit seperti jamur batang dapat dilakukan dengan melihat informasi kelembaban udara sekitar tanaman. Apabila kelembaban udara terlalu tinggi, rumput di sekitar tanaman dapat diprioritaskan untuk dibersihkan (bisa digunakan untuk pakan ternak).


Your Plantation Is In A Good Hand

contact@mertani.co.id

+62 274 2823880

www.mertani.co.id

PT Merapi Tani Instrumen (Mertani)

41 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua