top of page

Mertani Dukung Peningkatan Produktivitas Industri dalam Negeri melalui Pameran Produk di Bali




BusinessMatching2024_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

Partisipasi perusahaan dalam acara pameran menjadi langkah strategis yang penting untuk memperkenalkan produk perusahaan kepada masyarakat luas. Melalui pameran, perusahaan memiliki kesempatan unik untuk menyorot keunggulan produk mereka, membangun kesadaran merek, dan menarik minat calon konsumen serta mitra bisnis potensial. Interaksi langsung antara perusahaan dan pengunjung pameran tidak hanya memungkinkan untuk menjelaskan secara detail tentang produk dan layanan yang ditawarkan, tetapi juga menciptakan hubungan personal yang kuat yang dapat membantu memperluas jaringan dan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap merek tersebut. Dengan demikian, kehadiran perusahaan dalam acara pameran tidak hanya menjadi sarana promosi yang efektif, tetapi juga menjadi langkah strategis dalam membangun pangsa pasar yang lebih besar dan berkelanjutan.

 

A. Berlangsungnya Kegiatan dan Tujuan Keikusertaan

Pada 4-7 Maret 2024, acara Business Matching 2024 yang berlokasi The Meru Sanur, Kota Denpasar, Provinsi Bali ini menjadi tuan rumah bagi berbagai perusahaan untuk memamerkan produk dan teknologi terbaru mereka. Salah satu peserta yang turut serta berpartisipasi pada acara tersebut adalah Mertani, sebuah perusahaan yang memiliki komitmen kuat dalam mendukung pembangunan dan kemajuan negara melalui solusi digital yang inovatif. Acara yang berlangsung dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WITA ini menjadi kesempatan emas bagi Mertani untuk berinteraksi dengan berbagai lembaga pemerintahan dan pihak-pihak terkait lainnya. Menteri Perindustrian, Bapak Agus Gumiwang Kartasasmita menjadi salah satu tokoh penting yang mengundang Mertani untuk ikut serta dalam pameran ini.

Partisipasi Mertani dalam pameran tersebut tidak hanya bertujuan untuk menampilkan produk-produk terbaik yang Mertani miliki. Lebih dari itu, Mertani melihat pameran sebagai kesempatan berharga untuk membuka jaringan koneksi dengan lembaga pemerintahan dan pelaku industri lainnya. Dalam suasana penuh antusiasme, tim Mertani berusaha untuk menjalin hubungan yang lebih dekat dengan berbagai pihak terkait, dari pejabat pemerintah hingga pengusaha industri, dengan harapan dapat memperluas jangkauan bisnis mereka dan meningkatkan kolaborasi dalam upaya mendukung pembangunan nasional. Mertani menyadari bahwa koneksi yang baik dengan lembaga pemerintahan dan pelaku industri lainnya merupakan kunci keberhasilan dalam memperluas pasar dan mendorong inovasi yang berkelanjutan.



BusinessMatching2024_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

B. Kehadiran Tokoh Penting Lembaga Negara dan Runtutan Acara

Dalam pelaksanaannya, acara ini dinilai semakin bergengsi dengan kehadiran tokoh-tokoh penting seperti Menko Jenderal TNI Luhut Binsar Pandjaitan, M.P.A. selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. selaku Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A. selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Irjen. Pol. Drs. Sang Made Mahendra Jaya, M.H. selaku Penjabat Gubernur Bali, dan Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S. selaku Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, dan Eko S.A Cahyanto, SH, LL.M selaku Sekretaris Jenderal Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. Acara pemeran ini juga dihadiri oleh perwakilan dari lembaga negara yang terdiri atas 86 kementerian atau lembaga, dan 552 pemerintah daerah, perwakilan dari 26 BUMN (Badan Usaha Milik Negara), dan perwakilan produsen dalam negeri yang terdiri atas 200 perusahaan dalam negeri yang tergabung dalam 178 asosiasi industri. 



BusinessMatching2024_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

Salah satu highlight dari pameran ini adalah pelaksanaan Business Matching, yang merupakan event yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan. Mulai dari Desk Business Matching yang menjadi acara utama dalam kegiatan ini, di mana data kebutuhan produk dalam negeri dipertemukan dengan produsen yang telah tercatat memiliki produk-produk bersertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Selanjutnya, terdapat acara penganugerahan dan penghargaan untuk instansi-instansi yang berhasil masuk kualifikasi yang telah ditetapkan.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga mengadakan talkshow tentang Akselerasi Sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Mertani, sebagai perusahaan yang menyediakan produk-produk ber-TKDN untuk berbagai instansi pemerintah, menjadi salah satu pusat perhatian dalam talkshow ini. Mertani berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi TKDN dalam mendukung pembelanjaan produk dalam negeri. Di samping itu, ada juga pojok konsultasi yang disediakan bagi peserta yang membutuhkan penjelasan teknis terkait dengan perencanaan, pengadaan, pengawasan, sertifikasi TKDN, dan lain sebagainya. Semua rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi bagi pelaku industri dalam mendukung pembangunan dan kemajuan negara.


BusinessMatching2024_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

C. Alat-Alat yang Dipamerkan

Dalam pameran kali ini, Mertani menempati booth dengan nama Booth K 0.5 Mertani. Mertani memperkenalkan beragam produk, yang termasuk perangkat Automatic Weather Station (AWS) dengan sensor-sensor canggih seperti Rainfall, Solar Radiation, Photosynthetically Active Radiation, 5 in 1 Ultrasonic Weather Station, Soil 3 in 1. Selain itu, juga ada produk lain berupa controler box atau data logger Mertani dengan tiga type yaitu Karimata, Malaka, dan Sipora.

 


BusinessMatching2024_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

Setelah mengikuti acara pameran ini, Mertani merasakan dorongan yang semakin kuat dan kesiapan yang lebih mantap untuk melangkah ke tahap-tahap berikutnya dalam mendukung visi pemerintah dalam pembangunan negara. Mertani tidak hanya merasa terpacu untuk terus mengembangkan solusi-solusi digital yang inovatif guna memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara menyeluruh. Komitmen yang Mertani tunjukkan setelah acara ini menegaskan bahwa pameran perdagangan tidak hanya berperan sebagai ajang memperkenalkan produk, tetapi juga sebagai wadah penting untuk bertukar pengetahuan, pengalaman, dan membangun koneksi yang erat antara pemerintah, industri, dan masyarakat.

Dengan semangat yang semakin berkobar, Mertani bersama perusahaan-perusahaan lainnya menyadari bahwa pameran perdagangan menjadi lebih dari sekadar platform promosi. Itu adalah forum di mana ide-ide inovatif dipertukarkan, sinergi dijalin, dan kerjasama diperkuat untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi Indonesia. Semangat kolaboratif ini menjadi landasan bagi upaya bersama dalam menciptakan terobosan dan solusi yang dapat memberikan dampak positif yang lebih luas bagi kemajuan negara dan kesejahteraan masyarakat.

 

Kunjungi sosial media kami yang lain hanya di:

Website: mertani.co.id

Instagram : @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

 

 

25 views0 comments

コメント


WhatsApp
bottom of page