top of page

Mengoptimalkan Pemantauan Kualitas Air secara Akurat dan Real-time Menggunakan Water Quality Monitoring System


Sensor proteus_Mertani
Sensor proteus (Sumber: Mertani.co.id)

Pada era industri yang semakin meningkat, kesadaran akan perlunya menjaga kualitas air akibat limbah produksi juga harus semakin meningkat. Salah satu langkah dalam menjaga kualitas air yaitu dengan melakukan pengawasan kualitas air. Pengawasan kualitas air adalah langkah krusial dalam memastikan ketersediaan air yang aman dan bersih bagi manusia serta lingkungan. Sistem pemantauan kualitas air memainkan peran penting dalam memantau parameter-parameter kunci seperti pH, tingkat oksigen terlarut, kekeruhan, dan kontaminan lainnya yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keberlanjutan sumber daya air. Dengan teknologi yang terus berkembang, sistem pemantauan kualitas air menjadi lebih efisien, akurat, dan mudah diakses. Dalam menyediakan solusi pemantauan kualitas air yang seiring dengan perkembangan teknologi, Mertani hadir dengan sistem berupa Water Quality Monitoring System (WQMS) Mertani. Sistem ini memungkinkan pemantauan yang akurat dan real-time terhadap kualitas air yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan mendukung pertanian yang efisien. Pemantauan yang akurat tersebut dapat dilakukan karena adanya teknologi canggih dari sensor yang terdapat dalam WQMS Mertani yang memiliki fungsi masing-masing. Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai teknologi sensor yang terdapat dalam WQMS Mertani dan bagaimana penerapannya dalam pemantauan.


Pengenalan Water Quality Monitoring System Mertani

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang teknologi sensor, penting untuk memahami apa itu Water Quality Monitoring System Mertani. Perangkat ini merupakan rangkaian perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memantau kualitas air secara langsung di lingkungan pertanian. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa air yang digunakan untuk irigasi dan kebutuhan pertanian lainnya memenuhi standar yang ditetapkan untuk pertumbuhan tanaman yang optimal. Dalam pemantauannya, WQMS Mertani memeriksa beberapa parameter yang terkait dengan kualitas air di suatu perairan. Adapun parameter ini termasuk tingkat keasaman (pH), suhu, kejernihan, tekanan, kadar oksigen terlarut (DO), BOD, COD, TSS, dan berbagai parameter lainnya. 


Teknologi Sensor dalam Water Quality Monitoring System Mertani

Secara manual, pemantauan kualitas air merupakan hal yang rumit untuk dilakukan karena memiliki berbagai proses yang harus dilakukan. Oleh karena itu, diperlukan adanya teknologi sensor yang memiliki spesifikasi tertentu agar data yang dihasilkan merupakan data yang akurat dan terjamin. Adapun teknologi sensor yang terdapat pada WQMS Mertani merupakan teknologi sensor dari Proteus Instrumen. Penggunaan teknologi sensor Proteus dilakukan oleh tim Mertani untuk mengutamakan kepuasan pengguna terhadap hasil data yang valid dan akurat. Teknologi sensor Proteus merupakan teknologi sensor yang telah diakui oleh dunia. Dikutip dari proteus-instruments.com, Proteus adalah sensor real-time pertama di dunia yang telah terbukti secara ilmiah untuk mengukur BOD dan dapat mengukur berbagai macam kualitas air, lingkungan, dan aplikasi industri.

Proteus adalah sensor kualitas air multi-parameter yang menggabungkan sensor tradisional dengan teknologi fluoresensi mutakhir yang memungkinkan tingkat pemantauan yang sebelumnya tidak dapat dicapai. Proteus bertujuan untuk meremajakan cara pengujian kualitas air dipertimbangkan dan dilakukan dengan memanfaatkan proksi bahan organik yang telah ditetapkan secara ilmiah untuk menghasilkan parameter yang secara tradisional memerlukan waktu dan pelatihan khusus. Proteus memanfaatkan fluoresensi intrinsik bahan organik yang ada di dalam air dan menggabungkannya dengan parameter lain ke dalam algoritma yang telah terbukti secara ilmiah untuk mengukur BOD, COD, TOC, DOC, dan Coliform secara real-time. Selain itu, Proteus juga telah berhasil digunakan untuk mengukur total fosfor secara akurat.

Sebagai sistem multi-parameter, Proteus dapat menyertakan rangkaian sensor kualitas air lainnya termasuk kekeruhan, suhu, ISE, Konduktivitas Listrik, pH / ORP, dan banyak lagi untuk menghasilkan alat pemantauan kualitas air yang lengkap yang dapat digunakan secara langsung ke sumber air atau melalui selang / jalur sampel pemompaan. Proteus memiliki fleksibilitas bagi pengguna pada intinya dengan berbagai opsi daya dan opsi pengiriman data untuk pemantauan yang dihadiri dan tanpa pengawasan yang dirancang sebagai pilihan ekonomis jangka panjang yang rendah, cocok untuk berbagai aplikasi dan lingkungan yang berbeda.


 sensor proteus_Mertani
Sensor Proteus (Sumber : Mertani.co.id)

Bagaimana Teknologi Sensor Meningkatkan Pemantauan

Dengan menggunakan teknologi sensor yang terintegrasi dalam Water Quality Monitoring System Mertani, pemantauan kualitas air menjadi lebih mudah, akurat, dan real-time. Berikut adalah beberapa cara di mana teknologi sensor meningkatkan pemantauan:

  1. Pemantauan Real-time: Sensor-sensor ini memberikan data secara langsung dan real-time, memungkinkan petani untuk merespons perubahan dalam kualitas air dengan cepat.

  2. Akurasi : Dibandingkan dengan metode pemantauan tradisional, teknologi sensor memberikan data yang lebih akurat dan terukur.

  3. Efisiensi : Dengan pemantauan yang lebih akurat, petani dapat mengoptimalkan penggunaan sumber daya seperti air dan pupuk, meningkatkan efisiensi pertanian secara keseluruhan.

  4. Pencegahan Masalah : Dengan mendeteksi perubahan kualitas air secara dini, pengguna dapat mencegah masalah yang berkaitan dengan tanaman dan lingkungan.

Kualitas sensor Proteus terletak pada keakuratannya dalam mengukur berbagai parameter kualitas air, respons cepat terhadap perubahan kondisi air, dan kemampuannya untuk berintegrasi dengan sistem pemantauan yang lebih besar. Selain itu, sensor ini juga dirancang untuk tahan terhadap lingkungan yang keras dan mampu bekerja dalam jangka waktu yang lama tanpa memerlukan perawatan yang intensif. Dengan teknologi sensor Proteus, pemantauan kualitas air dapat dilakukan secara kontinyu dan efisien, sehingga memungkinkan untuk mendeteksi perubahan yang terjadi dalam waktu nyata dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kualitas air tersebut. 

Teknologi sensor dalam Water Quality Monitoring System Mertani membawa revolusi dalam cara petani memantau kualitas air dan mengelola lingkungan pertanian mereka. Dengan kemampuan untuk memberikan data yang akurat dan real-time, sistem ini memungkinkan pertanian yang lebih berkelanjutan dan efisien, sambil menjaga kelestarian lingkungan. Dengan terus mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi sensor yang lebih canggih, masa depan pertanian dapat menjadi lebih cerah dan berkelanjutan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani


sumber :



36 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page