Ketahui Perbedaan Automatic Weather Station IoT dan Non-IoT

Diperbarui: Okt 11

Pemantauan cuaca dari waktu ke waktu mengalami pembaruan. Kini memantau cuaca dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan melihat layar PC atau smarthphone Anda dengan adanya Automatic Weather Station (AWS). Memiliki fungsi pemantauan lebih lengkap seperti mengukur kelembaban dan tekanan suhu udara, kecepatan angin dan arah angin, curah hujan, sinar UV dan radiasi, pH, kelembapan, dan suhu tanah dan lain sebagainya, Mertani menghadirkan Automatic Weather Station (AWS) yang memiliki teknologi lebih mumpuni dan pastinya berbasis IoT yang akan memudahkan pengambilan data lapangan.


Mertani_AWS (Automatic Weather Station)
Gambar 1. Automatic Weather Station (AWS) Mertani

AWS IoT vs AWS Non-IoT

Kemudahan dalam akses pengambilan data menjadikan Automatic Weather Station (AWS) sebagai rekomendasi bagi para manajer perusahaan dalam mengawasi kebunnya dengan mudah. Dibandingkan dengan AWS “non-IoT” yang teknologi, fungsi, maupun hardwarenya belum secanggih AWS berbasis IoT. Dengan adanya AWS berbasis IoT, maka akan ada efisiensi waktu dengan adanya data realtime dari lapangan yang akan langsung terkirim ke monitor dashboard manajer kebun melalui PC maupun smartphone. Dengan teknologi koneksi WiFi, GSM maupun LoRaWAN sehingga pengiriman data menjadi lebih baik. Tak hanya itu, parameter yang ingin diukur pun dapat disesuaikan dengan pemilihan sensor yang dibutuhkan.

Selain itu, kelebihan lain dari AWS yang sudah berbasis IoT ini ada dalam hal pemasangan atau perakitan hardwarenya. Komponen hardware yang sudah terintergrasi dengan ukuran yang lebih kecil namun dengan spesifikasi yang tak kalah canggih ini menjadikannya mudah untuk dipasang bersama komponen-komponen lain. Tak hanya itu, dengan ukurannya yang kecil, maka akan lebih menghemat tempat serta menghemat biaya.

Di sisi lain, masih terdapat instansi-instansi yang belum menggunakan AWS IoT dalam pengambilan data lapangan. Dengan spesifikasi hardware serta fungsi yang belum sepenuhnya mumpuni. Bahkan masih ada AWS yang menggunakan baterai berukuran besar, processor serta LCD hingga radio monitor dalam penampilan datanya yang menjadikannya tidak praktis dan boros biaya.

Misalnya saja, dengan harga yang sama kita bisa membeli satu unit AWS Mertani berbasis IoT dan satu unit AWS non-IoT. Kemudian bandingkan dari segi hardware, fungsi, dan cara penggunaanya. Dari segi hardware, AWS non-IoT atau anggap saja AWS “kuno” akan kalah jika dibandingkan dengan komponen-komponen AWS IoT yang fungsinya lebih mumpuni serta ukuran yang sudah terintegrasi. Pemilihan komponen yang kurang tepat pun akan menyulitkan pengambilan data sehingga tidak praktis dan tidak efisien. Maka akan rugi sekali dengan membeli AWS non-IoT yang dari segi kualitasnya saja kurang, dan dengan harga yang sama bisa membeli AWS IoT yang sudah jelas kualitas hardware dan fungsinya.

Tak hanya boros biaya, dengan adanya komponen yang kebanyakan masih harus terhubung dengan kabel ini pun akan sangat menyulitkan. Pasalnya, adanya banyak kabel di luar ruangan akan menyebabkan banyak resiko apalagi jika ditaruh di sebuah lahan. Kabel yang terkena panas matahari serta air hujan terus menerus dikhawatirkan akan mengalami pengikisan serta konsleting pada kabel sehingga akan rusak pula komponen yang terhubung. Selain terlalu banyak penggunaan kabel, penampil data pada AWS non-IoT seperti LCD atau radio monitor pun akan sangat tidak praktis. Hanya dengan LCD maupun radio monitor yang tidak terhubung ke internet sehingga pembacaan data tidak bisa dilakukan di segala tempat dan setiap waktu.

Itu tadi perbedaan Automatic Weather Station (AWS) berbasis IoT dan non-IoT. Dengan mengetahui ketidak-efektifitasan dari AWS non-IoT tadi pastinya membuat Anda berfikir dua kali dalam memilih Automatic Weather Station (AWS) yang tepat untuk perkebunan Anda. Lebih efisien mana menggunakan AWS Mertani berbasis IoT atau AWS non-IoT menurut Anda?


Referensi :

Sihasale. J. D. C., Lekatompessy, S. T. A. 2017. Rancang BangunWAS (Weather Automatic Station) Pendeteksi Cuaca secara Realtime dan Terintegrasi Guna Mendukung Keselamatan Pelayaran Kapal Rakyat di Maluku. Jurnal Teknologi. Volume 16. Nomor 2. Halaman 2131-2139.


Your Plantation Is In A Good Hand

contact@mertani.co.id

+62 274 2823880

www.mertani.co.id

PT Merapi Tani Instrumen (Mertani)




16 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua