top of page

Teknologi IoT untuk Mencegah Sunburn pada Perkebunan Nanas di Lampung Tengah


Tim Mertani bersama Perkebunan Nanas Terbesar di Indonesia
Gambar 1. Pemanfaatan Perangkat Mertani di Perkebunan Nanas Terbesar di Indonesia

Indonesia saat ini berada di peringkat ke-9 dari 10 produsen nanas terbesar di dunia dengan hasil 1,39 juta ton per tahun. Sebagian nanas diekspor untuk memenuhi permintaan di Eropa dan Amerika (1). Saat ini, sebagian produsen nanas ingin mengurangi berbagai resiko penurunan produksi akibat faktor alam. Penurunan produksi ini dapat dilihat dari dua sisi, yaitu sisi kuantitas dan kualitas. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan teknologi internet of things (IoT).


 Lokasi Pemasangan Perangkat Mertani
Gambar 2. Lokasi Pemasangan Perangkat Mertani

Pusat produksi nanas dalam negeri berada di Lampung, Sumatra Selatan dan dikelola oleh perusahaan produsen nanas terbesar di Indonesia. Perusahaan nanas ini bekerja sama dengan Mertani untuk pembuatan Automatic Weather System (AWS) berbasis IoT. Salah satu tujuan pemasangan alat ini adalah untuk melakukan monitoring terhadap sinar UV secara realtime dan mengantisipasi efek sunburn, terutama saat fase pematangan buah. Harapannya adalah ketika sinar UV harian di lahan cenderung meningkat sampai batas tertentu, perusahaan dapat melakukan tindakan yang efektif sehingga kualitas buah produksi dapat terjaga.

Mertani Automatic Weather Station
Gambar 3. Mertani Automatic Weather Station

Penampil Data Radiasi UV Mertani
Gambar 4. Penampil Data Radiasi UV Mertani

Data tentang sinar UV di lahan diambil oleh sensor setiap 30 menit. Dari grafik sampel di atas dapat dilihat bahwa intensitas sinar UV mulai meningkat saat pagi hari dan fluktuatif antara pukul 10.00 sampai pukul 15.00. Kemudian saat malam hari, sinar UV hampir tidak ada atau mendekati 0. Data yang terkumpul dapat diunduh dan dilakukan analisis, misalnya trend intensitas sinar UV harian sebagai insight bagi perusahaan untuk melakukan tindakan. Apabila cenderung mengalami kenaikan sampai batas tertentu, maka perusahaan dapat melakukan pembungkusan buah atau menyesuaikan manajemen pemanenan.Dalam jangka panjang, data sinar UV juga dapat dijadikan sebagai salah satu dasar evaluasi operasional kebun untuk musim-musim selanjutnya.


Ingin tau lebih banyak tentang cerita kami dalam membantu memajukan perkebunan di Indonesia? Follow You Tube dan media sosial kami ya!


Sumber:

(1) Worldatlas.com, 2018


Your Plantation Is In A Good Hand

+62 274 2823880

www.mertani.co.id

PT Merapi Tani Instrumen (Mertani)

85 views0 comments
WhatsApp
bottom of page