top of page

Peran Pemantauan Air Limbah dalam Industri: Efisiensi dan Kepatuhan dengan Produk ONLIMO

Updated: Jul 8


Pemantauan air limbah_Mertani
Sumber: ACSI Group

Air merupakan sumber daya alam yang krusial bagi kehidupan manusia. Kualitas air penting untuk menjaga kelestarian lingkungan dan kesehatan manusia. Walaupun begitu, terdapat faktor yang membahayakan kualitas air seperti limbah. Limbah merupakan masalah besar yang dirasakan dan terjadi di Indonesia. Limbah timbul dari berbagai sektor terutama di sektor industri. Oleh karena itu, pemantauan air limbah untuk industri sangat penting untuk menjaga lingkungan dan memastikan kepatuhan industri terhadap peraturan lingkungan. Pemantauan terhadap kualitas air dapat dilakukan dengan menggunakan Onlimo Mertani. Artikel ini membahas tentang bagaimana pemantauan air limbah yang efektif membantu membantu industri memenuhi standar lingkungan dan regulasi pemerintah.

Pentingnya Pemantauan Air Limbah

Pemantauan air limbah sangat penting untuk menjaga kesehatan lingkungan dan masyarakat. Air limbah yang tidak terkelola dengan baik dapat mencemari sumber air, tanah, dan ekosistem sekitarnya. Hal ini menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti penyakit menular dan gangguan sistem pernapasan. Selain itu, pencemaran air limbah dapat merusak habitat alami, mengurangi keanekaragaman hayati, dan mengganggu keseimbangan ekosistem. Pemantauan yang rutin dan sistematis memungkinkan identifikasi dini terhadap potensi pencemaran, sehingga tindakan pencegahan dan mitigasi dapat segera diambil. Dengan demikian, pemantauan air limbah membantu memastikan kualitas air tetap terjaga, melindungi kesehatan manusia dan lingkungan, serta mendukung keberlanjutan ekosistem.

Peran ONLIMO dalam Pemantauan Air Limbah

Onlimo atau online monitoring merupakan sistem pemantauan kualitas air yang beroperasi secara berkelanjutan, otomatis, dan online melalui aplikasi serta terhubung dengan sistem server KLHK. Onlimo memiliki peran dalam menyediakan data kualitas air secara real-time dan akurat. Sensor Onlimo dapat mengukur berbagai parameter kualitas air yaitu pH air, COD, TSS, Potensi Reduksi-Oksidasi, suhu, daya hantar listrik, BOD, DO, TDS, kekeruhan air, ammonium, tinggi air, dan nitrat. Onlimo digunakan untuk menghadapi tantangan-tantangan lingkungan seperti monitoring dalam pengelolaan limbah, mendukung nilai Indeks Kualitas Air, dan dapat memberikan informasi untuk industri ketika kualitas air menurun sehingga dapat ditangani dengan cepat.

Cara Kerja ONLIMO

Onlimo bekerja dengan mengambil data menggunakan sensor digital yang sudah dipasang di lokasi tertentu. Setelah data diambil, Onlimo akan menyimpan data ke dalam internal flash memori yang berada di dalam data logger Mertani. Kemudian data yang tersimpan di dalam flash memori dikirimkan ke server pusat melalui media komunikasi data yang dipilih. Media komunikasi data yang digunakan dapat berupa GSM/GPRS/3G/4G, radio frekuensi, atau satelit. Data yang sudah dikirim melalui media komunikasi diproses dan disimpan dalam sistem database. Sistem database ini dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi web atau aplikasi mobile. Informasi data yang tersedia dalam sistem database dapat disampaikan kepada pengguna melalui berbagai cara, seperti email, SMS, atau notifikasi aplikasi. Sistem Onlimo bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna apabila terjadi perubahan kualitas air yang signifikan atau melebihi batas baku mutu yang ditetapkan. Sistem ini dapat mengirimkan peringatan dini melalui email, SMS, atau notifikasi aplikasi kepada pengguna yang terdaftar.

Keunggulan ONLIMO

Keuntungan menggunakan ONLIMO adalah sebagai berikut:

  1. Pemantauan yang efisien: Onlimo memungkinkan industri untuk memantau kualitas air secara efisien, tanpa harus mengirimkan petugas lapangan secara rutin. Onlimo merupakan salah satu alat monitoring yang dapat digunakan dan menerapkan pemantauan jarak jauh, sehingga memudahkan industri untuk melakukan pemantauan secara otomatis. Pemantauan Onlimo dapat diakses secara real-time kapanpun dan dimanapun dengan menggunakan hp ataupun komputer. Akses data yang mudah ini dapat digunakan untuk melakukan evaluasi dengan cepat. Hal ini memungkinkan untuk industri mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki dan mengarahkan upaya pengawasan dengan lebih tepat sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan terhadap kualitas air.

  2. Data yang akurat: Onlimo akan mengukur data secara real-time dan sesuai berdasarkan kondisi air yang diukur. Hal ini memudahkan pihak industri untuk mendapatkan data yang lebih akurat dan terpercaya, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan terkait perlindungan lingkungan. WQMS Onlimo juga membantu industri dalam mendeteksi adanya pencemaran air dini. Alat ini dilengkapi dengan sensor-sensor yang dapat mengidentifikasi peningkatan konsentrasi dari zat-zat pencemar dalam air. Ketika terdeteksi adanya pencemaran, pihak industri dapat segera mengambil langkah-langkah penanganan yang diperlukan untuk mencegah dampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

  3. Pemantaun jangka panjang: Onlimo juga memainkan peran penting dalam pemantauan jangka panjang terhadap kualitas air. Dengan adanya sistem pemantauan yang terus-menerus, pihak industri  dapat mengumpulkan data historis pada setiap pengukuran kualitas air. Data ini dapat digunakan untuk analisis evaluasi penanganan dan kebijakan yang telah dilakukan, serta perencanaan tindakan masa depan untuk menjaga kualitas air yang baik dan berkelanjutan.


Pemantauan air limbah adalah aspek penting dalam pengelolaan lingkungan industri. Dengan teknologi canggih seperti sistem online monitoring kualitas air (ONLIMO), industri dapat memastikan efisiensi operasional yang optimal dan memenuhi kepatuhan terhadap regulasi lingkungan yang semakin ketat. Implementasi ONLIMO tidak hanya memberikan keuntungan dalam pemantauan yang akurat secara real-time, tetapi juga secara signifikan mengurangi risiko pencemaran dan dampak negatif terhadap lingkungan. Selain itu, dengan memantau kualitas air secara terus-menerus, industri dapat mengidentifikasi potensi masalah lebih cepat dan mengambil tindakan korektif secara tepat waktu, yang pada akhirnya mengurangi downtime dan biaya operasional. Dengan demikian, ONLIMO bukan hanya merupakan investasi untuk keberlanjutan jangka panjang industri, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan produktif.  Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani 

Tiktok : mertaniofficial 

 

Sumber:


52 views0 comments

コメント


WhatsApp
bottom of page