top of page

Peran Air Quality Monitoring dalam Melindungi Kesehatan Masyarakat


Polusi Udara_Mertani
Sumber : Wix.com

Polusi udara merupakan kondisi di mana zat-zat berbahaya di dalam udara ada di jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia, serta lingkungan atau melebihi jumlah standar yang sudah ditetapkan oleh instansi pemerintah. Polusi merupakan salah satu tantangan lingkungan yang dapat membahayakan kesehatan masyarakat, terutama di daerah perkotaan. Polusi udara menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan pernapasan, penyakit kardiovaskular, hingga kematian dini. Selain itu, polusi udara dapat menurunkan kualitas lingkungan seperti air, udara, dan tanah. Oleh karena itu, sistem pemantauan kualitas udara sangat penting dalam menjaga kesehatan masyarakat dengan menyediakan data real-time mengenai polutan yang ada di atmosfer. Air Quality Monitoring System (AQMS) menjadi semakin penting karena meningkatnya kesadaran akan dampak buruk polusi udara terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang Air Quality Monitoring System (AQMS), komponen-komponennya, dan kontribusinya terhadap perlindungan kesehatan masyarakat.


Tentang AQMS Mertani

Air Quality Monitoring System (AQMS) Mertani merupakan sistem pemantauan kualitas udara yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia. AQMS bertujuan untuk mengumpulkan data tentang tingginya polusi udara di berbagai wilayah di Indonesia. AQMS dirancang untuk mengukur berbagai parameter yang berkaitan dengan kualitas udara yang umumnya ditemui yaitu partikulat matter (PM), oksida nitrogen (NOx), karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2), dan senyawa organik volatil (VOCs). Polutan-polutan ini dapat membahayakan kesehatan manusia jika dalam jumlah tertentu.

AQMS Mertani beroperasi dengan mengumpulkan sampel udara di interval waktu tertentu di lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sensor. Sensor kemudian mengumpulkan data yang dibutuhkan, data kemudian direkam dan disimpan oleh data logger Mertani. Setelah data disimpan, kemudian dikirimkan ke server melalui koneksi internet. Data yang diterima oleh server kemudian diolah dan dianalisis untuk menghasilkan informasi tingkat polusi udara di berbagai daerah. Informasi kemudian disajikan dalam bentuk yang mudah dipahami oleh masyarakat umum. Data kualitas udara dapat diakses melalui situs web atau aplikasi resmi KLH, sehingga dapat diakses oleh masyarakat secara real-time.


Air Quality Monitoring Sensor_Mertani
Sumber : pribadi


Manfaat AQMS Mertani

  1. Pengurangan Risiko Kesehatan: AQMS dirancang untuk memantau jumlah polutan yang terkandung di dalam udara di suatu wilayah. AQMS memberikan informasi penting bagi individu maupun instansi untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap paparan polusi udara yang berbahaya. Hal ini merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan manusia.

  2. Deteksi Dini Polusi Udara: Dengan sensor yang canggih dan sensitif, AQMS dapat mendeteksi adanya polusi udara secara dini. Hal ini sangat penting karena beberapa polutan udara seperti PM dan nitrogen dioksida dapat berdampak serius bagi kesehatan individu. Dengan deteksi dini, individu dapat mempersiapkan diri terhadap polusi udara di lingkungan.

  3. Edukasi dan Kesadaran Masyarakat: Pemantauan kualitas udara berperan dalam edukasi serta peningkatan kesadaran masyarakat. Dengan mengetahui kondisi kualitas udara, masyarakat dapat lebih sadar dengan tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi polusi, seperti mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dan memakai transportasi umum.

  4. Pengembangan Kebijakan Kesehatan Lingkungan: Data yang disajikan oleh AQMS dapat digunakan untuk mengembangkan kebijakan kesehatan lingkungan yang lebih efektif untuk mengurangi tingkat polusi udara.


Tantangan dan Solusi

Dalam pemantauan kualitas udara, terdapat beberapa tantangan yang dapat menghambat operasi pemantauan. Tantangan utama dari pemantauan kualitas udara merupakan data yang akurat dan real-time mengenai kualitas udara di berbagai lokasi. Hal ini dapat menghambat pengambilan keputusan untuk penanganan polusi udara secara efektif. Selain itu, pemantauan kualitas udara juga terhambat oleh infrastruktur dan sumber daya. Terbatasnya akses terhadap listrik, keuangan, dan telekomunikasi dapat membatasi penerapan dan pemeliharaan sistem pemantauan kualitas udara. Dalam implementasi pemantauan udara yang efektif, dibutuhkan keahlian teknis. Kurangnya personil yang terlatih dapat menghambat efektivitas dalam pemantauan. Oleh karena itu, untuk menjawab tantangan yang diberikan AQMS hadir sebagai solusi cerdas dalam pemantauan kualitas udara di lingkungan. AQMS dilengkapi oleh teknologi Internet of Things (IoT) yang memungkinkan perangkat untuk mengirimkan data kepada pengguna setiap saat. Selain itu, AQMS dilengkapi dengan server, internet, serta solar panel yang memungkinkan untuk perangkat mengirimkan dan menerima data dari berbagai tempat. Selain sisi alat, diperlukan kerja sama terhadap pemerintah, industri, dan masyarakat untuk melakukan pemantauan kualitas udara secara efektif.

Polusi udara merupakan tantangan krusial yang dihadapi oleh manusia. Tersedianya pemantauan kualitas seperti Air Quality Monitoring System (AQMS), diperlukan dalam menjaga kesehatan masyarakat. Sistem ini berfungsi dalam menjaga kesehatan masyarakat, memberikan informasi penting yang memungkinkan individu, pemerintah, dan organisasi memerangi polusi udara secara efektif. Seiring dengan kemajuan teknologi, sistem ini akan semakin berkembang, sehingga menjanjikan presisi dan efektivitas yang lebih tinggi dalam menjaga serta memantau kualitas udara yang dihirup oleh masyarakat. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 

 

Sumber:

https://www.mertani.co.id/id/aqms            


22 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page