top of page

Penting! Inilah 5 Cara Budidaya Tanaman yang Baik


Budidaya-Mertani
Sumber: ( fevolucion.org )

Tanaman dari hasil perkebunan menjadi bagian dari sumber makanan yang dibutuhkan oleh manusia. Penanaman di lahan yang tidak terlalu luas memberikan kemudahan dalam perawatannya. Ketika sudah tiba masa panen, hasil tanaman akan dijadikan bahan pangan atau dijual untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Di era pemenuhan kebutuhan saat ini, sektor perkebunan juga ramai menjadi pilihan. Selain itu, sekarang juga ramai orang yang memanfaatkan perawatan tanaman untuk mengisi waktu luang atau sekadar hobi.

Pemilihan jenis tanaman untuk dibudidayakan tergantung pada kebutuhan kita, kita bisa memilih jenis tanaman yang mudah dalam perawatannya. Produk tanaman yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan biasanya dibudidayakan di lahan yang terawat. Jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai pilihan untuk budidaya adalah sayuran dan buah yang memiliki daya jual. Untuk perawatan pada tanaman sayur atau buah, kita perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kondisi lahan, pemilihan bibit, dan kebutuhan nutrisi tanaman. Perawatan tanaman bertujuan untuk menghasilkan produk tanaman yang berkualitas dan memiliki nilai yang baik untuk dikelola lebih lanjut. Proses perawatan tanaman dilakukan setelah proses penanaman selesai. Berikut kami jelaskan teknik budidaya tanaman agar bisa kita terapkan untuk mendapatkan hasil tanaman berkualitas.


1. Pengelolaan Lahan yang Baik

pengolahanlahan-Mertani
Sumber: ( abahtani.com )

Hal yang perlu kita siapkan sebelum memulai budidaya tanaman adalah mengelola lahan dengan baik. Lahan menjadi salah satu faktor utama dalam perkebunan atau pertanian. Kita memerlukan lahan yang cukup untuk digunakan sebagai sarana pertumbuhan tanaman. Lahan yang baik dipenuhi dengan tanah yang memiliki nutrisi cukup untuk pertumbuhan tanaman. Hal tersebut bertujuan agar hasil panen dari produk tanaman memiliki kualitas yang tinggi. Ada beberapa standar lahan yang digunakan dalam penanaman.

  • Terbebas dari pencemaran limbah yang ada di lingkungan sekitar lahan perkebunan.

  • Lahan yang akan digunakan lebih baik dibajak atau digemburkan terlebih dahulu. Proses penggemburan tanah bertujuan untuk membuat rongga udara di dalam tanah, ,sehingga akar tanaman mampu menembus tanah dan mudah bernapas.

  • Setelah proses penggemburan, lalu kita bisa menambahkan pupuk pada lahan.

  • Selanjutnya kita bisa menyiapkan lahan untuk proses penanaman.


2. Pemilihan Bibit dan Penanaman

benih-Mertani
Sumber: ( englshnat.blogspot.com )

Benih merupakan cikal dari tanaman yang akan dibudidayakan. Kita perlu memilih benih terbaik untuk produk tanaman kita. Pemilihan benih diperlukan agar kita mendapatkan tanaman dengan kualitas unggul. Proses penanaman benih biasanya langsung kita letakan atau kita sebarkan pada lahan yang sudah sesuai. Pada proses penanaman benih, kita perlu mengatur jarak tanam pada setiap benih yang ditanam. Berikut adalah panduan penanaman benih pada lahan perkebunan.

  • Kita perlu mengikuti teknik budidaya tanaman dengan memerhatikan jarak tanam, mengetahui kebutuhan benih pada setiap lahan, memerhatikan keragaman tanaman, serta jenis budidaya dan penanaman pada setiap tanaman.

  • Untuk mendapatkan hasil panen terbaik, kita perlu melakukan penanaman benih sesuai dengan jadwal dan musim tanam masing-masing tanaman.

  • Kita perlu menjaga tanaman agar selalu ternutrisi dan tidak kekeringan.

  • Menjaga tanaman agar terhindar dari hama yang dapat merusak tanaman.


3. Proses Pemupukan pada Tanaman

pupuk-Mertani
Sumber: ( dekoruma.com )

Pemupukan menjadi salah satu proses perawatan yang penting karena memberikan nutrisi pada pertumbuhan tanaman. Untuk pemberian pupuk, bisa kita lakukan secara bertahap dan disesuaikan dengan takaran. Berikut merupakan prosedur pemberian pupuk yang baik dan benar.

  • Proses pemupukan harus dilakukan pada waktu yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan tanaman pada kondisi lahan yang tepat.

  • Porsi pupuk pada setiap tanaman berbeda, untuk itu kita harus memerhatikan dan menyesuaikan takaran yang diberikan.

  • Gunakan jenis pupuk yang sesuai untuk kebutuhan tanaman.


4. Perawatan Tanaman

perawatan-Mertani
Sumber: ( mediatani.co )

Proses perawatan tanaman meliputi penyiraman, pemupukan, penyulaman, dan pembubunan. Proses penyiraman dilakukan agar tanah pada lahan tetap terjaga kelembabannya, sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman. Pemupukan pada tanaman dilakukan untuk memberikan nutrisi pada tanaman. Nutrisi pada tanaman dapat membantu pertumbuhan dan memaksimalkan hasil panen. Penyulaman adalah penggantian benih tanaman yang sudah tumbuh dengan benih tanaman yang baru. Selanjutnya adalah pembubunan, yaitu penutupan pangkal batang dengan tanah. Perawatan tanaman harus sesuai dengan jenis tanaman agar dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Selain itu, kita perlu menjaga tanaman agar terlindung dari hama atau bahkan hewan ternak.


5. Pengendalian Hama

penangananhama-Mertani
Sumber: ( plantsforallseasons.com )

Hama menjadi salah satu tantangan bagi para petani dalam proses pertanian karena dapat merusak tanaman. Kerusakan yang disebabkan oleh hama bisa memengaruhi hasil panen, sehingga menjadi tidak maksimal dan bahkan bisa mematikan tanaman. Proses pengendalian hama bisa dilakukan dengan manual atau menggunakan pestisida. Kita perlu melakukan pengamatan dan pemantauan rutin pada perkebunan untuk mengetahui perkembangan populasi hama.

Pengendalian hama menggunakan pestisida harus sesuai anjuran dan disesuaikan dengan jenis, dosis, dan waktu yang tepat dalam penggunaanya. Pestisida yang digunakan harus seminimal mungkin dan tidak boleh meninggalkan bekas kimia pada tanaman bahkan di lahan. Rekomendasi pestisida untuk digunakan dalam pengendalian hama adalah pestisida hayati, karena lebih mudah terurai dan tidak meninggalkan residu pada tanaman.

Budidaya tanaman yang memiliki nilai jual dapat memberikan keuntungan bagi kita. Akan tetapi, pada perawatan tanaman, hal yang perlu diperhatikan adalah kerutinan dalam menjaga pertumbuhan tanaman. Kita perlu melakukan perawatan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengelolaan budidaya tanaman yang baik dan benar untuk bisa kita praktikan dalam perawatan tanaman. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani


Sumber:



262 views3 comments

3 Comments


Shallom
Shallom
Mar 07, 2023

Aturan dalam pemupukan apa ada ya kak?

Like

Bagaimana cara menanam tomat 🤔

Like

Dinda Isna
Dinda Isna
Mar 06, 2023

good :)


Like
WhatsApp
bottom of page