top of page

Pengaruh Perubahan Iklim pada Kualitas Air


sumber air - Mertani
Sumber: ( govisit-indonesia.blogspot.com )

Iklim global telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir, dan dampaknya telah terasa di seluruh dunia. Salah satu dampak yang paling nyata adalah pengaruh perubahan iklim pada kualitas air. Air menjadi sumber kehidupan yang sangat penting, dan perubahan iklim telah mengubah berbagai aspek kualitas air, termasuk suhu, keragaman hayati, polusi, dan sumber daya air. Perubahan kualitas air dapat memengaruhi berbagai aspek, seperti kesehatan, lingkungan, bahkan ekonomi. Dalam artikel Mertani kali ini, kita akan menjelajahi dampak perubahan iklim pada kualitas air dan bagaimana hal ini memengaruhi kehidupan kita.


1. Kenaikan Suhu Air

Salah satu dampak perubahan iklim yang paling mencolok adalah kenaikan suhu air. Peningkatan suhu ini dapat terjadi di perairan permukaan, seperti sungai dan danau, maupun di perairan laut. Suhu air yang lebih tinggi dapat memiliki efek berbahaya pada ekosistem air. Ini dapat mempengaruhi organisme air, termasuk ikan, ganggang, dan plankton, yang memiliki ketergantungan yang sangat besar pada suhu air yang tepat. Kenaikan suhu air dapat mengubah ekosistem air, terutama sungai, danau, dan laut. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan populasi beberapa spesies dan peningkatan populasi spesies lain yang lebih tahan terhadap suhu yang lebih tinggi.

Kenaikan suhu air juga dapat meningkatkan penguapan air, yang pada gilirannya dapat mengurangi ketersediaan air bagi manusia dan ekosistem darat. Di beberapa wilayah, peningkatan suhu air juga telah mengarah pada intensitas tinggi gelombang panas dan kekeringan, yang dapat mengurangi pasokan air tawar dan meningkatkan risiko kebakaran hutan.


2. Peningkatan Polusi Air

pencemaran air - Mertani
Sumber: ( jenis.net )

Perubahan iklim juga dapat berkontribusi pada peningkatan polusi air. Ini terjadi karena cuaca yang lebih panas dan ekstrem dapat meningkatkan proses oksidasi polutan dalam air, seperti logam berat dan bahan kimia berbahaya. Selain itu, perubahan iklim juga dapat mengganggu pola hujan, yang dapat memengaruhi aliran air dan kualitas air permukaan. Air hujan yang meresap ke dalam tanah juga dapat membawa polutan dari permukaan tanah ke dalam sumber air bawah tanah.

Peningkatan polusi air memiliki dampak serius pada kesehatan manusia dan lingkungan. Polutan seperti logam berat dan pestisida dapat mencemari air minum dan meracuni organisme air, yang dapat berdampak pada rantai makanan dan kesehatan manusia. Peningkatan polusi juga dapat merusak ekosistem air, termasuk sungai dan laut, yang sangat penting untuk ekonomi dan sumber daya makanan.


3. Kualitas Air Laut

Lautan adalah komponen penting dalam siklus air global dan memiliki peran kunci dalam mengatur iklim global. Namun, perubahan iklim telah memengaruhi kualitas air laut dengan beberapa cara. Salah satu dampak yang paling mencolok adalah peningkatan asam laut. Asam laut terbentuk ketika karbon dioksida (CO2) dalam atmosfer larut dalam air laut. Peningkatan emisi CO2 akibat aktivitas manusia, seperti pembakaran bahan bakar fosil, telah menyebabkan peningkatan kadar CO2 dalam atmosfer dan dalam laut. Asam laut dapat merusak terumbu karang, organisme kalsium berkulit seperti kerang, dan plankton yang membentuk cangkang.

Peningkatan suhu laut juga dapat mengakibatkan bleaching terumbu karang, yang merupakan kondisi di mana terumbu karang kehilangan warna dan mati. Terumbu karang adalah habitat penting bagi berbagai spesies laut, dan kerusakan pada terumbu karang dapat mengganggu ekosistem laut secara keseluruhan.


4. Keragaman Biota Air

biota laut - Mertani
Sumber: ( goodminds.id )

Perubahan iklim juga dapat memengaruhi keragaman hayati di ekosistem air. Organisme air, seperti ikan dan hewan air lainnya, sangat sensitif terhadap perubahan suhu dan kondisi air. Peningkatan suhu air dapat mengganggu perkembangan dan reproduksi organisme ini. Selain itu, perubahan iklim dapat mengubah pola migrasi ikan dan hewan air lainnya. Ini dapat berdampak pada populasi ikan dan memengaruhi industri perikanan. Beberapa spesies ikan bahkan dapat terancam punah karena perubahan iklim dan degradasi habitat air.


5. Kualitas Air Minum

Perubahan iklim juga dapat memengaruhi kualitas air minum. Peningkatan suhu air dan peningkatan polusi air dapat mengancam kualitas air minum. Air minum yang tercemar dapat mengandung berbagai zat berbahaya, termasuk logam berat dan pestisida, yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Peningkatan hujan yang ekstrem juga dapat mengakibatkan pencemaran air minum melalui aliran air permukaan. Air hujan yang mengalir melalui permukaan tanah dapat membawa polutan ke dalam sumber air minum. Oleh karena itu, penting untuk memantau dan menjaga kualitas air minum agar tetap aman untuk dikonsumsi.


6. Kelangkaan Air Bersih

air bersih - Mertani
Sumber: ( besttrailbackpacks.com )

Salah satu dampak perubahan iklim yang paling serius adalah potensi kelangkaan air bersih. Peningkatan suhu, kekeringan, dan perubahan pola hujan dapat mengurangi ketersediaan air tawar. Ini dapat berdampak pada pasokan air untuk keperluan manusia, pertanian, dan industri.

Kelangkaan air bersih dapat mengakibatkan persaingan yang lebih tinggi untuk sumber air yang terbatas. Konflik atas sumber daya air telah menjadi masalah di banyak daerah yang mengalami peningkatan kekeringan. Oleh karena itu, perubahan iklim juga memengaruhi keamanan air, yang merupakan aspek penting dari keberlanjutan lingkungan.


Kesimpulan

Pengaruh perubahan iklim pada kualitas air sangat besar dan memiliki dampak yang luas. Peningkatan suhu air, peningkatan polusi air, asam laut, keragaman biota air, kualitas air minum, dan kelangkaan air bersih semuanya merupakan masalah yang harus diatasi. Untuk mengurangi dampak perubahan iklim pada kualitas air, tindakan pencegahan dan mitigasi perubahan iklim harus diambil secara serius. Selain itu, perlu ada upaya untuk memantau dan menjaga kualitas air agar tetap aman bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Kualitas air yang baik adalah kunci untuk kehidupan yang sehat dan berkelanjutan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani


Sumber:

358 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page