top of page

Integrasi AWLR dalam Sistem Pengelolaan Bencana Alam: Upaya Perlindungan Lingkungan dan Masyarakat


Banjir_Mertani
sumber : www.shutterstock.com

Bencana alam merupakan peristiwa yang tidak dapat dihindari dan sering terjadi di Indonesia. Bencana alam yang terjadi, menimbulkan korban jiwa serta kerugian dalam segi ekonomi. Namun, dengan pengelolaan dan penanganan yang tepat, dampak buruk dari bencana alam dapat diminimalkan. Pengelolaan bencana alam yang efektif melibatkan pencegahan, kesiapsiagaan, tanggap darurat, hingga pemulihan pasca bencana. Dalam upaya pengelolaan bencana alam yang efektif, peran alat pemantau menjadi sangat penting untuk deteksi dini bencana. Oleh karena itu Automatic Water Level Recorder dapat menjadi komponen penting dalam sistem pengelolaan bencana alam terutama banjir. Artikel ini akan membahas tentang Automatic Water Level Recorder (AWLR), peran serta integrasi AWLR dalam pengelolaan bencana alam, dan masa depan pengelolaan bencana alam dengan AWLR.


Tentang Automatic Water Level Recorder (AWLR)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani merupakan perangkat yang dirancang khusus untuk memantau dan merekam ketinggian muka air secara otomatis. Perangkat ini mampu mengumpulkan data tinggi muka air secara mandiri dan akurat sehingga memungkinkan pemantauan yang efisien dan real-time terhadap perubahan level air di sungai, danau, atau badan air lainnya. Perangkat AWLR terdiri dari Remote Terminal Unit (RTU) dan sensor AWLR. Remote Terminal Unit terdiri dari data logger Mertani, berfungsi untuk merekam data lapangan, power unit, komunikasi data (2G, 4G, LTE), panel box, dan wiring system. Sensor AWLR terdiri dari ultrasonic, radar, dan submersible. Sensor AWLR dapat disesuaikan sesuai dengan sumber daya air yang akan diamati dan kondisi lapangan.

Automatic Water Level Recorder (AWLR) beroperasi dengan memanfaatkan sensor yang dirancang sensitif terhadap perubahan tinggi permukaan air. Sensor AWLR akan merekam tinggi permukaan air setiap interval waktu tertentu dan mengirim data tersebut ke perekam data atau data logger yang terkoneksi langsung dengan sensor. Data dari data logger kemudian akan dikirimkan secara real-time oleh AWLR Mertani ke platform resmi Mertani dengan menggunakan internet. Data kemudian dapat diakses oleh pengguna melalui platform Mertani yang berbasis database. Selain mengakses data, pengguna dapat mengunduh data tersebut dalam bentuk excel atau csv. Data tersebut dapat digunakan untuk memantau perubahan tinggi muka air secara real-time dan akurat, serta membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam pengelolaan bencana alam

Automatic Water Level Recorder AWLR_Mertani
Sumber : mertani.co.id

Peran Automatic Water Level Recorder (AWLR)

  1. AWLR memiliki peran penting sebagai alat bantu dalam mitigasi risiko bencana terkait air. Dengan kemampuan pemantauan yang konstan dan akurasi yang tinggi terhadap perubahan tinggi permukaan air, pengguna dapat mengambil langkah-langkah preventif atau melakukan intervensi bila diperlukan secara cepat dan tepat untuk menghadapi bencana. Perangkat AWLR tidak hanya menjadi alat pemantauan tetapi juga menjadi bagian yang integral dalam upaya pencegahan serta penanggulangan risiko bencana

  2. Perangkat AWLR berfungsi untuk memantau tinggi permukaan air secara konstan dan diupdate secara real-time. Hal ini dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan tinggi permukaan air yang tidak normal sehingga pihak berwenang dapat mengambil keputusan yang dapat mengurangi dampak buruk dari perubahan ketinggian air yang drastis seperti banjir dan kekeringan.

  3. AWLR memainkan peran penting dalam pengelolaan lingkungan, terutama dalam upaya mengurangi dampak negatif perubahan lingkungan yang disebabkan oleh banjir dan kekeringan. AWLR membantu pemantauan tinggi muka air yang memungkinkan untuk melakukan tindakan yang tepat terhadap penggunaan sumber daya air serta penanganan terhadap bencana alam sehingga risiko kerusakan lingkungan dapat dikurangi. 


Integrasi AWLR di Kasus Nyata

Pada tanggal 19 Maret 2024, Kota Semarang mengalami banjir yang meliputi beberapa wilayah, termasuk beberapa kelurahan di Kecamatan Genuk. Tinggi air mencapai 15-80 cm dan masih menggenangi jalur Pantai Utara. Dalam upaya mitigasi dan pengelolaan risiko bencana, implementasi alat AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani dapat dijadikan contoh yang efektif. AWLR memberikan kontribusi dengan memantau tingkat air sungai secara langsung dan akurat, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih akurat dalam upaya mitigasi dan manajemen banjir. AWLR memungkinkan otoritas terkait memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kondisi hidrologis dan potensi bahaya banjir, sehingga dapat mengimplementasikan langkah-langkah mitigasi yang lebih efektif. Integrasi AWLR tidak hanya membantu dalam merespons bencana banjir secara lebih efektif, tetapi juga meningkatkan kesadaran dan kesiapan masyarakat dalam menghadapi ancaman banjir di masa depan.

Masa Depan AWLR dalam Pengelolaan Bencana Alam

Pengelolaan bencana alam telah menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh berbagai negara dan organisasi. Oleh karena itu, perlu adanya inovasi dalam pengembangan teknologi yang lebih baik untuk menghadapi dan mengatasi bencana alam. Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah teknologi yang sangat penting dalam pemantauan dan pengelolaan bencana alam, khususnya banjir. Di masa depan, penggunaan AWLR akan semakin berkembang dan makin canggih. Integrasi dengan teknologi Internet of Things (IoT) , kecerdasan buatan, dan peningkatan kapasitas serta jangkauan pemantauan dan pemasangan menjadi inovasi utama AWLR untuk memaksimalkan pengelolaan bencana alam. Walaupun begitu, berkembangnya teknologi AWLR perlu disertai oleh kolaborasi oleh pemerintah, akademisi, dan sektor swasta untuk menghasilkan pengelolaan bencana alam yang efisien dan efektif.

Dalam rangka perlindungan lingkungan dan keselamatan masyarakat, implementasi AWLR dalam sistem pengelolaan bencana alam menjadi hal yang sangat penting. Dengan memanfaatkan teknologi ini secara maksimal, kita dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam dan mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan dan masyarakat. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani


Sumber:

 

19 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page