top of page

Pentingnya Implementasi Automatic Water Level Recorder (AWLR) dalam Manajemen Sumber Daya Air


Sumber : mertani.co.id

 Dalam menghadapi ketidakpastian iklim yang semakin meningkat, kebutuhan akan pemantauan tinggi muka air menjadi semakin penting. Tingginya curah hujan yang tidak terkendali telah menjadi sumber kekhawatiran bagi masyarakat yang tinggal di sekitar sumber air tersebut, seperti sungai, danau, atau waduk yang sering kali menyebabkan banjir yang merugikan. Sayangnya, masyarakat tidak memiliki sarana untuk melakukan pemantauan secara terus-menerus dengan tingkat akurasi yang memadai. Melihat kondisi ini, Mertani hadir dengan solusi konkret dalam bentuk peluncuran Automatic Water Level Recorder (AWLR). Dengan AWLR, masyarakat dapat dengan mudah dan akurat memantau tinggi permukaan air secara real-time, membantu dalam mengantisipasi dan mengurangi dampak buruk dari naik turunnya ketinggian air yang tidak terduga.

Pada artikel Mertani kali ini, kita akan lebih mengenal tentang AWLR, mulai dari cara kerja, manfaat, dan implementasi dari AWLR Mertani dalam berbagai bidang seperti pemantauan banjir, manajemen sumber daya air, perencanaan irigasi, dan penelitian lingkungan.

 

A. Definisi Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah perangkat yang dirancang untuk mengukur tinggi muka air secara otomatis. Dengan dilengkapi sensor ultrasonik yang sangat sensitif terhadap perubahan ketinggian air, AWLR mampu merekam data secara terus-menerus dengan akurasi tinggi. Setiap perubahan bahkan yang kecil sekalipun dapat dideteksi dengan tepat oleh sensor pada AWLR, memastikan informasi yang diperoleh dapat diandalkan.

Keunggulan lain dari AWLR Mertani adalah kemampuannya untuk mengirimkan data secara otomatis dan real-time ke server yang dioperasikan oleh petugas. Hal ini memungkinkan petugas untuk memantau tinggi muka air dengan akurat dan cepat tanpa harus secara fisik berada di lokasi pengukuran. Dengan demikian, AWLR Mertani tidak hanya memberikan kemudahan dalam pemantauan, tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam pengelolaan sumber daya air dan penanggulangan risiko bencana terkait air seperti banjir.

 


Sumber : mertani.co.id

B. Cara Kerja (Automatic Water Level Recorder) Mertani

Automatic Water Level Recorder (AWLR) merupakan perangkat yang efektif dalam memantau perubahan ketinggian air di berbagai sumber air seperti sungai, danau, atau reservoir. AWLR didasarkan pada penggunaan sensor yang sangat sensitif terhadap fluktuasi tinggi permukaan air. Dengan sensor yang sensitif dan terkoneksi langsung ke perangkat perekam data, AWLR mampu memberikan informasi yang akurat dan terus-menerus tentang tinggi permukaan air. Bahkan perubahan kecil dalam tinggi air dapat terdeteksi dengan tepat, memungkinkan pengguna untuk memantau situasi dengan sangat detail. Kemampuan flotator untuk bergerak mengikuti perubahan tinggi permukaan air menjadikan AWLR sebagai solusi yang andal dan efisien dalam pemantauan lingkungan air.

Sensor pada AWLR secara teratur mengukur tinggi permukaan air dan merekam data secara otomatis dalam interval waktu tertentu. AWLR Mertani bekerja dengan cara mengirimkan data secara real-time sehingga setiap kali tinggi permukaan air sedang naik ataupun turun, data yang dikirimkan oleh AWLR Mertani dapat diakses di platform resmi Mertani yang berbasis database. Selain mengakses, pengguna AWLR Mertani juga dapat mengunduh atau download data tersebut dalam bentuk excel atau csv. Dengan cara kerja yang otomatis dan akurat, AWLR memainkan peran yang penting dalam pemantauan dan manajemen tinggi permukaan air, membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat terkait dengan pengelolaan sumber daya air dan penanggulangan risiko banjir.

 

C. Fungsi Utama AWLR Mertani

1. AWLR Memantau Tinggi Muka Air Secara Otomatis dan Terus-Menerus:

Fungsi utama dari Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah untuk secara otomatis dan terus-menerus memantau tinggi muka air di sungai, danau, atau reservoir. Dengan menggunakan sensor yang sensitif terhadap perubahan ketinggian air, AWLR mampu merekam data secara akurat dalam interval waktu tertentu. Data yang terkumpul kemudian dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk pemantauan banjir, manajemen sumber daya air, perencanaan irigasi, dan penelitian lingkungan.

2. AWLR Sebagai Alat Bantu Mitigasi Bencana:

AWLR juga memiliki peran penting sebagai alat bantu dalam mitigasi risiko bencana terkait air. Dengan kemampuannya untuk melakukan pemantauan yang terus-menerus dan menyediakan informasi yang akurat tentang tinggi permukaan air, pihak berwenang dapat dengan cepat mengambil langkah-langkah preventif atau intervensi yang diperlukan untuk mengurangi dampak buruk dari fluktuasi ketinggian air yang tidak terduga, seperti banjir atau kekeringan. Dengan data yang diberikan oleh AWLR, pihak berwenang dapat lebih efektif dalam merencanakan dan melaksanakan tindakan mitigasi bencana serta merespons perubahan lingkungan secara cepat dan tepat. Dengan demikian, AWLR tidak hanya menjadi alat pemantauan, tetapi juga menjadi bagian yang integral dalam upaya pencegahan dan penanggulangan risiko bencana terkait air.


Sumber : mertani.co.id

Dengan hadirnya AWLR Mertani yang memberikan solusi konkret terkait permasalahan risiko bencana terkait air, seperti banjir, tentu menjadi angin segar bagi sekelompok orang ataupun perusahaan. Mengingat cara kerja AWLR Mertani yang otomatis, akurat, dan real-time tentu memudahkan penggunanya dalam pemantauan sehingga lebih efisien. Dengan demikian, AWLR Mertani tidak hanya menjadi alat teknologi, tetapi juga menjadi mitra yang mampu menjaga keamanan masyarakat serta keberlanjutan bisnis. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:

 

Website: mertani.co.id

Instagram : @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


Sumber :

 

 

28 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page