top of page

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani: Solusi untuk Pengelolaan Air yang Berkelanjutan


AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

Air sebagai sumber daya utama yang penting bagi kehidupan manusia dan eksosistem, memberikan berbagai dampak positif terutama dalam memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Akan tetapi, pengelolaan air yang tidak efisien dapat mengakibatkan kelangkaan air dan berbagai masalah lainnya. Air yang terlalu berlebihan juga dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi makhluk hidup. Tinggi permukaan air yang berlebihan akan memicu terjadinya bencana seperti banjir dan masalah pencemaran air lainnya. Tinggi permukaan air mengacu pada tingkat atau ketinggian air di suatu daerah, seperti sungai, danau, waduk, atau bendungan. Nilai dari tinggi permukaan air dapat diukur dalam satuan tertentu, seperti meter di atas permukaan air atau satuan khusus lainnya yang digunakan dalam konteks geografis. Setiap tinggi permukaan air dapat bervariasi sepanjang waktu sebagai respons terhadap pola curah hujan, proses aliran air, dan penggunaan manusia. Tinggi permukaan air menjadi parameter penting dalam pengelolaan sumber daya air dan memiliki dampak yang signifikan terhadap lingkungan, kehidupan manusia, serta keberlanjutan eksosistem. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai implementasi Automatic Water Level Recorder untuk pemantauan tinggi permukaan air.


Pengenalan AWLR Mertani

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengukur tinggi muka air secara otomatis. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor yang sensitif terhadap perubahan ketinggian air dan dapat merekam data secara terus-menerus. AWLR dapat mengirimkan data secara otomatis dan real-time ke pusat pengendalian dari petugas, untuk memudahkan dalam pemantauan yang akurat dan cepat. Cara kerja dari AWLR Mertani adalah dengan memanfaatkan sensor yang terpasang di suatu titik lokasi aliran air atau di permukaan air seperti danau atau waduk. Sensor ini kemudian akan mengukur tinggi muka air pada interval waktu tertentu secara otomatis. Data yang dikumpulkan oleh AWLR adalah data yang sesuai dengan kondisi permukaan air, sehingga dapat digunakan untuk memantau perubahan tinggi muka air seiring waktu.


Manfaat AWLR Mertani

Controll Box - Mmertani
Data Logger Mertani (Sumber Pribadi)

AWLR Mertani memiliki sejumlah manfaat penting dalam pengelolaan air, seperti:

  • Memungkinkan pemantauan tinggi muka air secara akurat dan real-time

AWLR Mertani dapat memantau tinggi permukaan air secara akurat dan real-time sesuai dengan kondisi. Hasil dari pengukuran melalui AWLR adalah hasil yang nyata dari waktu pengukuran, dan memberikan hasil yang bisa didapatkan secara langsung dan terus-menerus.

  • Membantu dalam perencanaan pengelolaan sumber daya air yang efisien

Hasil pengukuran yang didapatkan oleh AWLR Mertani dapat membantu perusahaan untuk mengambil keputusan yang tepat berdasarkan riwayat pengukuran. Hal ini dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam mengelola sumber daya air supaya lebih efisien.

  • Memungkinkan deteksi dini terhadap potensi banjir atau kekeringan

AWLR Mertani mengukur tinggi muka air pada sungai atau bendungan yang memiliki potensi banjir. Penerapan AWLR Mertani membantu pemerintah untuk mencegah terjadinya banjir, dengan melakukan tindakan segera setelah pengukuran tinggi muka air dirasa melebihi kapasitas.

  • Mengoptimalkan penggunaan air dan meminimalkan pemborosan

Penggunaan air yang berlebihan akan menyebabkan kekeringan dan kesulitan dalam penggunaan air di berbagai kebutuhan. Ketika AWLR Mertani mengukur tinggi muka air dan berada di bawah ukuran tertentu, maka akan dilakukan pengelolaan penggunaan air supaya tidak terjadi kekeringan.

  • Membantu dalam pengambilan keputusan yang berbasis data

Data yang diukur oleh AWLR Mertani kemudian akan didapatkan di platform resmi yang berbasis database. Pengguna dapat mengunduh informasi tersebut dalam bentuk excel atau format csv.


Penerapan AWLR Mertani di Indonesia

Automatic Water Level Recorder Mertani dapat mengukur Tinggi Muka Air Sungai (TMAS) dan Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) di berbagai lokasi, berikut adalah contoh penerapan AWLR Mertani di Indonesia.

AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder di PUPR (Sumber Pribadi)

1. Pemantauan dan Manajemen Sumber Air: Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani mampu mengukur Tinggi Muka Air Sungai (TMAS) di berbagai sumber air seperti sungai, danau, bendungan, atau waduk. Penerapan AWLR Mertani sudah memberikan dampak positif bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, seperti pelayanan konsumen. Selain itu, AWLR Mertani juga sudah diterapkan di instansi pemerintahan seperti Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dari Kementerian PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). AWLR Mertani digunakan untuk mengukur tinggi permukaan air sungai dalam penjagaan lingkungan, sebagai tugas utama dari instansi pemerintah. DLH dan BBWS memiliki kewajiban untuk menjaga lingkungan sekitar dari bencana yang terjadi, seperti banjir dan tanah longsor. Dengan memanfaatkan AWLR Mertani, DLH dan BBWS dapat mendapatkan data tinggi permukaan air sungai, sehingga dapat mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

AWLR - Mertani
Pemasangan AWLR Mertani di Wilmar Group (Sumber Pribadi)

2. Pemantauan dan Manajemen Air pada Lahan: Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani tidak hanya bisa mengukur Tinggi Muka Air Sungai (TMAS), akan tetapi bisa mengukur Tinggi Muka Air Tanah (TMAT). Hal ini membuat beberapa perusahaan ternama seperti Wilmar Group, mengandalkan Automatic Water Level Recorder Mertani untuk memantau TMAT di lahan sawit mereka. Pemantauan air di lahan sawit, merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan pertumbuhan dan pengelolaan sawit, supaya mendapatkan hasil produk yang berkualitas. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yang memerlukan kebutuhan nutrisi dan air yang cukup, tidak kekurangan dan kelebihan. Hal ini untuk menjaga mutu dari produk kelapa sawit tersebut. Hal inilah yang membuat Wilmar Group menggunakan AWLR Mertani di beberapa lahan sawit mereka.

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani adalah solusi inovatif untuk pengelolaan air yang berkelanjutan. Dengan memantau dan mengumpulkan data tinggi muka air secara akurat, perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam pengelolaan air. Nah, itulah penjelasan mengenai AWLR Mertani untuk solusi dalam pengelolaan air yang berkelanjutan, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


273 views1 comment

1 comentário


Restu Setiawan
Restu Setiawan
28 de jun. de 2023

naiss

Curtir
WhatsApp
bottom of page