top of page

Penyakit Tanaman Hortikultura: Ancaman Tersembunyi di Kebun Anda

Updated: Dec 19, 2023


Rupa rupa
Sumber : Ruparupa.com

Hortikultura menjadi bagian penting dari pertanian, tanaman hortikultura melibatkan budidaya tanaman hias, buah-buahan, sayuran, dan tanaman lainnya yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Meskipun memberikan manfaat besar, tanaman hortikultura rentan terhadap berbagai penyakit yang dapat menghancurkan hasil panen dan merugikan para petani. Berikut adalah gejala umum dari beberapa masalah tanaman pada tanaman hortikultura :

  1. Embun Tepung (Powdery Mildew)

dd
Sumber : Kompas.com

Penyakit embun tepung (powdery mildew) merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh cendawan dari bangsa ascomycotina (jamur) dalam ordo oryshipphales. Tanaman yang sering diserang oleh embun tepung di antaranya adalah anggur, bawang, apel, dan timun-timunan (melon, semangka, dan labu). Embun tepung dapat menyebabkan daun menguning, kering, dan merusak pertumbuhan tanaman. Pengendalian termasuk penggunaan fungisida dan menjaga kelembapan udara yang rendah.


2. Hawar Daun (Leaf Blight)

s
Sumber : Kompas.com

Hawar daun disebabkan oleh bakteri atau jamur yang menyebabkan bercak pada daun tanaman. Tanaman yang terinfeksi dapat mengalami kerontokan daun dan menghambat pertumbuhan. Pengendalian melibatkan pemangkasan daun yang terinfeksi, penggunaan fungisida, dan menjaga kebersihan area tanam.


3. Busuk Akar (Root Rot)

d
Sumber: Grid.id

Busuk akar atau root rot adalah salah satu jenis penyakit tanaman yang disebabkan oleh jamur (fungus), menyerang bagian akar, ditularkan melalui air dan dapat menjangkiti semua jenis tanaman baik yang tumbuh di dalam maupun di luar ruangan. Penyakit ini disebabkan oleh jamur atau bakteri yang menyerang akar tanaman, menghancurkan sistem perakaran. Gejalanya melibatkan layu pada bagian atas tanaman, meskipun akarnya tampak busuk. Pencegahan mencakup pengelolaan air yang baik dan pemilihan varietas tanaman yang tahan terhadap penyakit ini.


4. Karat (Rust)

karat daun - Mertani
Sumber: ( agri.kompas.com )

Rust adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur berwarna karat pada permukaan tanaman. Gejalanya berupa bercak berwarna kuning, oranye, atau coklat pada daun. Pengendalian melibatkan pemangkasan daun yang terinfeksi dan aplikasi fungisida.


5. Penyakit Layu (Wilting Disease)

S
Sumber: Randding.rassan

Penyakit layu adalah suatu kondisi patologis pada tanaman yang menyebabkan penurunan turgor sel dan kekakuan jaringan. Hal ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme patogen yang menyerang sistem vaskular tanaman, menghambat aliran air dan nutrisi. Gejalanya termasuk layu pada bagian atas tanaman, kemerahan atau kuning pada daun, dan akhirnya kematian tanaman. Pengendalian melibatkan pengelolaan tanah yang baik, rotasi tanaman, dan penggunaan benih yang bebas penyakit.


Penting bagi para petani hortikultura untuk selalu waspada terhadap gejala-gejala penyakit ini dan segera mengambil tindakan pencegahan. Demikianlah penjelasan mengenai Penyakit Tanaman Hortikultura: Ancaman Tersembunyi di Kebun Anda. Apabila anda ingin mengetahui informasi-informasi terbaru lainnya mengenai perkebunan dan pertanian, anda dapat mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:



24 views0 comments
WhatsApp
bottom of page