Pentingnya Pemantauan pH Tanah Pada Perkebunan

Diperbarui: 15 Nov

Kadar air_Mertani
Sumber: Diadona

Air merupakan unsur utama dalam tanah dan memiliki berbagai peran penting seperti, membantu proses fotosintesis, respirasi, menjaga suhu tanaman, media untuk reaksi-reaksi biokimia, dan penyerapan mineral dari dalam tanah. Akan tetapi, perlu diperhatikan kadar air dalam tanah yang berlebihan juga tidak baik, karena itu akan membuat tanaman kesulitan dalam melakukan pertukaran gas dan juga sulit menyerap nutrisi yang dibutuhkan.


Kelebihan air memiliki beberapa dampak seperti berikut.

  1. Tanah terlalu basah ketika disentuh

  2. Daun menguning

  3. Batang lembut dan licin

  4. Daun memiliki tepi atau bintik cokelat

  5. Tanaman diserang oleh hama

Sementara itu, berkurangnya kadar air menurunkan laju fotosintesis. Kurangnya ketersediaan air dalam tanah menyebabkan perubahan-perubahan dalam tanah yang sulit kembali hingga akhirnya menyebabkan kematian. Hal ini berhubungan dengan kombinasi beberapa proses seperti:

  1. Dehidrasi kutikula, dinding epidermis, dan membran sel, sehingga mengurangi aviditas dan permeabilitasnya terhadap CO2

  2. Bertambahnya tahanan sel mesofil daun terhadap pertukaran gas

  3. Penutupan stomata secara hidroaktif akan mengurangi suplai CO2

  4. Menurunnya efisiensi fotosintesis

Tanah kering_Mertani
Sumber: Indonesia Kaya

Untuk itu, perlu adanya perairan secara sengaja dan teratur pada perkebunan. Selain itu, juga perlu melakukan pemantauan pH secara berkala untuk memastikan bahwa kadar air selalu dalam kondisi aman dan sesuai. Saat ini, sudah ada teknologi canggih yang dapat membantu para petani guna melakukan pemantauan pH tanah secara aktual dan terpercaya.



Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani akan membantu anda dalam melakukan pemantauan tinggi muka air, baik tinggi muka air tanah (TMAT) maupun tinggi muka air saluran (TMAS). Bagi anda stakeholder perkebunan yang memelihara lahan gambut, pemantauan tinggi muka air tanah secara otomatis akan mempermudah anda dalam melakukan pelaporan kepada pihak pemerintah, mengurangi emisi karbon, hingga mencegah terjadinya kebakaran lahan.


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kadar Air

Menurut Indranada 1994, kadar air dalam tanah dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut.


1. Kedalaman Solum

Volume simpan air tanah dipengaruhi oleh kedalaman solum atau lapisan tanah. Semakin dalam lapisan tanah, maka ketersediaan air di dalamnya juga semakin banyak.


2. Senyawa Kimiawi

Gaya astomic yang dimiliki oleh senyawa kimiawi garam atau senyawa pupuk dapat menarik dan menghidrolisis air sehingga koefisien melaju.


3. Kadar Bahan Organik

Semakin tinggi kadar bahan organik tanah, maka kadar dan ketersediaan tanah pun meningkat. Hal ini karena kadar bahan organik tanah memiliki pori-pori yang jauh lebih banyak dari pada partikel mineral tanah.


4. Iklim dan Tumbuhan

Pengaruh iklim dan tumbuhan terhadap ketersediaan air yang dapat diabsorbsi dengan efisiensi tumbuhan dalam tanah sangatlah tinggi. Temperature dan perubahan udara berpengaruh pada efisiensi penggunaan air tanah dan penentuan air yang dapat hilang melalui saluran evaporasi permukaan tanah.


5. Tekstur Tanah

Kemampuan tanah untuk mengikat air dipengaruhi oleh tekstur dari setiap jenis tanah.


6. Struktur Tanah, Permeabilitas, dan Pori Tanah

Penyiraman air dalam tanah dipengaruhi oleh ruang pori. Jenis tanah inseptisol adalah jenis tanah yang terbilang baik untuk proses pertumbuhan tanaman. Hal itu karena tanah ini memiliki bahan organik yang tinggi sehingga cukup subur.



Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai pentingnya mengetahui pH tanah dalam perkebunan. Ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai ilmu perkebunan dan pertanian? Silakan kunjungi kami di:

Instagram: @mertani_indonesia

YouTube: Mertani Official

Website: mertani.co.id



Sumber:

https://www.biopsagrotekno.co.id/air-tanaman/

https://www.awalilmu.com/2017/09/tanda-tanda-kekurangan-air-pada-tanaman-dan-tanah.html

https://ukurkadarair.com/kadar-air-tanah-merupakan-faktor-penting-untuk-pertumbuhan/


12 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
social-whatsapp-circle-512.webp