top of page

Optimalisasi Pengelolaan Lingkungan Lokal dengan AWLR dan AWS Mertani



AWLR - Mertani
AWLR (Sumber Pribadi)

Pemantauan tinggi muka air dan pemantauan cuaca iklim memainkan peran penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Di sebuah wilayah, pemantauan tinggi muka air sungai, danau, atau reservoir sangat diperlukan untuk mengelola sumber daya air dengan efisien. Teknologi pemantauan modern memungkinkan pengukuran yang akurat dan real-time terhadap tinggi muka air, membantu dalam memprediksi banjir, mengatur aliran air untuk kebutuhan irigasi, dan mengelola pasokan air untuk konsumsi manusia.

Sementara itu, pemantauan cuaca iklim menjadi kunci dalam pemahaman perubahan iklim dan dampaknya terhadap lingkungan. Stasiun cuaca yang dilengkapi dengan sensor-sensor canggih dapat merekam suhu udara, kelembapan, tekanan udara, kecepatan dan arah angin, serta curah hujan. Data ini membantu para penggiat industri dan pengambil kebijakan untuk keberlanjutan tren iklim jangka panjang, memprediksi peristiwa cuaca ekstrem, dan mengembangkan strategi adaptasi terhadap perubahan iklim.

Ketika pemantauan tinggi muka air dan cuaca iklim digabungkan, informasi yang diperoleh dapat memberikan gambaran lengkap tentang kesehatan ekosistem. Misalnya, peningkatan tinggi muka air yang terkait dengan curah hujan yang tinggi dapat memberikan petunjuk tentang potensi banjir, sementara data cuaca dapat membantu dalam memahami pola iklim yang mungkin menyebabkan perubahan-perubahan tersebut. Gabungan pemantauan ini juga dapat digunakan untuk mengembangkan strategi pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, serta memitigasi dampak perubahan iklim terhadap lingkungan dan masyarakat.

Dengan adanya teknologi yang terus berkembang, pemantauan tinggi muka air dan cuaca iklim semakin presisi dan dapat diakses secara real-time. Hal ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan responsif terhadap perubahan lingkungan, menjaga keseimbangan ekosistem, dan melindungi masyarakat dari potensi risiko terkait air dan cuaca.

Pada tanggal 28 Oktober 2023, tim Mertani melakukan instalasi sebanyak 29 device, yang terdiri dari 23 AWLR (Automatic Water Level Recorder) dan 6 unit AWS (Automatic Weather Station). Selain itu, Tim Mertani juga melakukan pemasangan 6 CCTV di keenam device AWLR nya. Tim Mertani melakukan instalasi ini di daerah Pinrang, sulawesi Selatan. Device ini digunakan oleh BBWS PU Sulawesi, untuk membantu dalam memantau kondisi di lingkungan sekitar.

AWLR - Mertani
AWLR (Sumber Pribadi)

Proses kegiatan instalasi device ini memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 2 bulan. Tim Mertani berangkat dari Yogyakarta pada tanggal 28 Oktober 2023 dan pulang kembali pada tanggal 22 Desember 2023. Semua device ini dipasang di satu Kabupaten yang sama, yaitu di Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Di lokasi, Sulawesi Selatan, Tim Mertani melakukan kontruksi atau pengecoran fondasi selama satu minggu. Kemudian setelah selesai mulai melakukan pemasangan di minggu berikutnya.

Lokasi pemasangan device ini berada di beberapa kecamatan, dengan device yang tersebar luas. Seperti di Kecamatan Duampanua, Pinrang, Sulawesi Selatan, Tim Mertani memasang sebanyak 22 AWLR dan 3 AWS. Kemudian 1 unit AWLR di Kecamatan Patampanua, Pinrang, lalu sisanya di Kecamatan Alitta Carawali, Belawa, dan Baranti. Semua device ini tersebar di setiap kecamatan untuk membantu BBWS dalam melakukan pemantauan. BBWS memasang AWLR di sekitar bendungan untuk memantau tinggi permukaan air, dalam pemantauan dan mitigasi bencana banjir atau air meluap. Nah, untuk masing-masing AWLR ini memiliki spesifikasi yang sama di setiap lokasi, dan dilengkapi dengan sensor Ultrasonic Holicare 10 M. Kemudian ada AWS yang dilengkapi dengan sensor Solar Radiasi, Wind Speed, Wind Direction, Air Utility dan Air Temperature.

Proses pemasangan di Sulawesi selatan diwarnai dengan berbagai kondisi, namun tetap berjalan lancar dan selesai dengan tepat waktu. Proses instalasi device didampingi oleh pihak BBWS, untuk memberikan prosedur di lokasi pemasangan. Kemudian, selain melakukan instalasi, Tim Mertani juga melakukan training pengenalan, perawatan, dan penggunaan device kepada pihak BBWS. Pihak dari BBWS meminta bekerja sama dengan Mertani dalam memasang device dari Mertani, untuk membantu dalam pengambilan. Seperti mendapatkan data tinggi muka air dan kondisi cuaca serta iklim di lokasi, untuk mengambil tindakan dini dan mitigasi bencana. Data yang didapatkan dari device Mertani adalah data yang akurat dan real-time, sehingga dapat sangat membantu pihak yang bersangkutan. Itulah tadi sedikit cerita mengenai perjalanan tim Mertani kali ini. Ingin tahu lebih banyak tentang cerita kami bersama perusahaan lainnya? Anda dapat mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id  

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani 


79 views0 comments
WhatsApp
bottom of page