top of page

Instalasi Automatic Water Level Recorder (AWLR) di Kediri, Jawa Timur



Automatic Water Level Recorder_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

Pemantauan fluktuasi muka air sungai menjadi aspek krusial dalam pengelolaan sumber daya air yang efisien dan efektif. Dalam upaya meningkatkan kualitas pemantauan tersebut, teknologi AWLR (Automatic Water Level Recorder) menjadi solusi yang semakin populer. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang instalasi AWLR di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, yang dilakukan oleh tim Mertani. Mulai dari langkah-langkah persiapan hingga implementasi di lapangan, proses instalasi tersebut membawa harapan akan pemantauan yang lebih akurat dan terkini terhadap kondisi sungai. Selain itu, peran CCTV dalam memastikan integritas alat pemantau juga akan menjadi fokus pembahasan dalam artikel ini. Dengan demikian, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam mengenai upaya-upaya teknologi terkini dalam pengelolaan sumber daya air, serta manfaatnya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.

 

A. Berlangsungnya Kegiatan

Instalasi alat merupakan bagian yang sangat penting dalam memastikan keberhasilan suatu proyek pengukuran dan pemantauan, terutama dalam konteks pemantauan fluktuasi muka air sungai. Pada bulan Maret 2024, tim Mertani melakukan instalasi alat di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini dimulai dari tanggal 18 Maret hingga 21 Maret 2024. Tujuan utama dari instalasi ini adalah untuk memantau fluktuasi muka air sungai secara efisien dan efektif, serta memungkinkan akses data secara online. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, beberapa langkah strategis dilakukan oleh tim Tim Mertani mengawali kegiata ini dengan mempersiapkan semua peralatan yang diperlukan untuk instalasi, termasuk enam unit device AWLR  Standard. AWLR merupakan alat yang sangat penting dalam mengukur tinggi air sungai secara akurat. Setelah mempersiapkan device, kegiatan selanjutnya adalah berkoordinasi dengan dinas terkait, lalu masuk kegiatan inti yaitu pelaksanaan instalasi dan kalibrasi alat AWLR. Total alat yang dikalibrasi pada kegiatan tersebut sebanyak sepuluh device alat AWLR, dengan empat di antaranya merupakan AWLR yang sudah pernah diinstalasi sebelumnya di lokasi tersebut. Proses kalibrasi ini sangat vital untuk memastikan bahwa alat-alat tersebut memberikan hasil pengukuran yang akurat sesuai dengan standar yang ditetapkan.


B. Proses Pemasangan CCTV

Dalam kegiatan ini, tim Mertani tidak hanya melakukan instalasi AWLR, tetapi juga menginstalasi satu unit CCTV. Dengan adanya CCTV, tim dapat memantau kondisi sekitar alat pengukur secara langsung, memastikan tidak adanya gangguan dari faktor-faktor eksternal yang mungkin memengaruhi akurasi pengukuran. Dengan visualisasi yang jelas dari CCTV, tim dapat mengidentifikasi dan menanggapi potensi gangguan dengan cepat, sehingga memastikan kualitas data yang tercatat tetap konsisten dan dapat diandalkan. Selain itu, keberadaan CCTV juga memberikan tambahan keamanan terhadap alat-alat tersebut, mengurangi risiko kerusakan atau sabotase yang dapat mengganggu operasional pemantauan fluktuasi muka air. Dengan demikian, pemasangan CCTV tidak hanya meningkatkan akurasi pengukuran, tetapi juga melindungi integritas dan keberlangsungan operasional alat AWLR secara keseluruhan. 

Proses pemasangan AWLR ini dilakukan dengan cermat di lima titik yang telah ditetapkan sebelumnya, dengan jumlah keseluruhan sepuluh perangkat yang berhasil terpasang di lokasi tersebut. Setiap titik pemasangan dipilih secara teliti dan strategis, mengikuti pertimbangan yang matang untuk memastikan cakupan pemantauan yang optimal. Pemilihan lokasi tidak semata didasarkan pada ketersediaan teknis saja, tetapi juga mempertimbangkan faktor-faktor seperti topografi, pola aliran sungai, dan kebutuhan pemantauan yang spesifik. Dengan pendekatan yang terencana dan terarah, diharapkan bahwa setiap titik pemasangan akan memberikan kontribusi yang signifikan dalam menghasilkan data yang akurat dan relevan untuk keperluan pemantauan dan pengelolaan sumber daya air di wilayah tersebut.


AWLR_Mertani
Sumber: Mertani.co.id

 

C. Runtutan Kegiatan Instalasi dan Kalibrasi Alat

Runtutan kegiatan dimulai dengan persiapan peralatan dan persiapan keberangkatan menuju lokasi instalasi. Setelah tiba di lokasi, tim berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti pihak dinas atau pemilik lokasi, untuk memastikan izin dan persyaratan teknis terpenuhi. Langkah berikutnya adalah pelaksanaan instalasi dan kalibrasi alat AWLR sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Proses ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian agar hasil pengukuran yang diperoleh akurat dan dapat diandalkan. Terakhir, setelah semua alat terpasang dan terkalibrasi dengan baik, dilakukan serah terima device kepada pihak yang berwenang di lokasi. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa alat-alat tersebut siap digunakan dan berfungsi dengan baik dalam memantau fluktuasi muka air sungai di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur. Dengan proses instalasi yang teliti dan terencana dengan baik, diharapkan bahwa alat-alat tersebut dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pemantauan dan pengelolaan sumber daya air di wilayah tersebut. Keberhasilan proyek ini akan menjadi langkah penting dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan dan melindungi lingkungan hidup.

Secara keseluruhan, instalasi teknologi AWLR di Kota Kediri, Provinsi Jawa Timur, oleh tim Mertani menjadi langkah penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemantauan fluktuasi muka air sungai. Melalui proses instalasi yang teliti dan penggunaan CCTV untuk memastikan integritas alat pemantau, diharapkan bahwa data yang dihasilkan akan lebih akurat dan dapat diandalkan. Dengan demikian, upaya ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan di wilayah tersebut. Selain itu, artikel ini juga menyoroti pentingnya penggunaan teknologi terkini dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan hidup. Dengan memanfaatkan teknologi secara optimal, diharapkan bahwa pemantauan dan pengelolaan sumber daya air dapat dilakukan dengan lebih efisien, efektif, dan responsif terhadap perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungan.


Kunjungi dan follow sosial media kami untuk informasi terbaru tentang teknologi dalam bidang pertanian dan lingkungan:

Website: mertani.co.id

Instagram : @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


38 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page