Upaya Menjaga Kualitas AWS dan ARR di PT. Teladan Prima, Kalimantan Timur

Diperbarui: 7 hari yang lalu

Setiap perusahaan atau bisnis pastinya menginginkan kualitas terbaik untuk produknya guna menjaga kepuasan pelanggan. Untuk itu, perlu adanya Quality control (QC) sebagai proses pengecekan untuk memastikan produk yang dimiliki sudah memiliki kualitas terbaik sesuai standar yang ada. Pada dasarnya, QC memiliki berbagai manfaat seperti berikut ini.

  1. Produksi lebih konsisten

  2. Meningkatkan efisiensi

  3. Menjaga kepuasan pelanggan

  4. Memungkinkan bisnis untuk berkembang

Automatic Rainfall Recorder_Mertani
Ilustrasi ARR (Sumber: Mertani)

Pada bulan Agustus 2022, PT Mertani bekerja sama dengan PT Teladan Prima untuk melakukan QC pada beberapa perangkat juga pemasangan Automatic Weather Station (AWS) dan Automatic Rainfall Recorder (ARR) di Kalimantan Timur. Pada hari Jum'at, 19 Agustus 2022, tepatnya pukul sembilan pagi, tim Mertani menuju ke bandara untuk melakukan penerbangan ke Balikpapan. Perjalanan kali ini yaitu untuk melakukan quality control (QC) pada beberapa perangkat yang diterima oleh perusahaan pengguna. Penerbangan membutuhkan waktu dua jam. Sesampainya di Balikpapan, tim dijemput oleh pihak kebun untuk diantar ke Samarinda dengan memakan waktu perjalanan 3 jam. Setelah menemukan hotel, tim segera beristirahat. Kemudian, tim menghubungi pihak kebun yang bertanggung jawab dalam QC tersebut. Bapak Hirzi selaku penanggung jawab mengatakan bahwa kegiatan di hari Sabtu hanya sampai pukul dua belas siang.

Keesokan harinya, pada pukul delapan pagi tim Mertani dijemput oleh Pak Hirzi pergi ke gudang, tempat di mana perangkat AWS (Automatic Weather Station) dan ARR (Automatic Rainfall Recorder) di drop. Dari hotel menuju gudang membutuhkan waktu sepuluh menit. Ada banyak AWS dan ARR yang tertata rapi di gudang, termasuk beberapa stand yang masih di packing kayu. Sebelum melakukan QC, tim meminta izin terlebih dahulu kepada penjaga gudang tersebut.


Ilustrasi 2 (Sumber: Mertani.co.id)
Ilustrasi 2 (Sumber: Mertani.co.id)

Tim mulai melakukan QC pada solar panel yang terdapat pada ARR. Hari pertama, tim berhasil melakukan QC pada sembilan solar panel hingga pukul dua belas siang. Bapak Hirzi mengatakan bahwa pada hari Minggu, gudang libur dan tidak beroperasi. Tim berinisiatif untuk membawa box MPTT ke hotel sehingga dapat dilakukan QC dari hotel tersebut. Setelah diizinkan, tim kembali ke hotel dengan membawa enam box MPTT solar panel 20 watt.

Hari kedua, tim melakukan QC di hotel hingga sore hari. Kemudian pada hari Senin, pukul delapan pagi tim berangkat ke gudang untuk melanjutkan QC pada solar panel 10 watt dan 20 watt. Pukul tiga sore, tim kembali ke hotel.

Pada hari Selasa, tanggal 23 Agustus tim melanjutkan QC dan mulai mengumpulkan perangkat AWS dan ARR per device juga per kebun. Seperti hari sebelumnya, kegiatan ini berlangsung hingga pukul tiga sore, lalu setelahnya tim Mertani kembali ke penginapan. Hari selanjutnya, tim Mertani melakukan pembagian tugas, yaitu tim yang bertugas melakukan pemasangan perangkat dan tim yang bertugas melanjutkan QC pada solar panel 10 watt dengan jumlah kurang lebih 30 unit. Satu tim membawa beberapa perangkat AWS dan ARR untuk dibawa ke lapangan. Proses QC dilakukan hingga pukul tiga sore, lalu setelahnya kembali ke hotel.


Tanggal 25 Agustus, kegiatan masih sama seperti sebelumnya. Tim melanjutkan QC solar panel 20 watt hingga pukul 12 siang. Selanjutnya, tim Mertani melakukan QC pada control box hingga pukul tiga sore. Keesokan harinya, Pak Sokip menjemput tim Mertani menggunakan sepeda motor untuk melanjutkan QC control box.


Ilustrasi 4 (Sumber: Mertani.co.id)
Ilustrasi 4 (Sumber: Mertani.co.id)

Pada tanggal 27 Agustus, tim Mertani dijemput oleh Pak Sokip dan Pak Hirzi untuk berangkat ke gudang bersama. Di gudang tersebut, mereka menata perangkat AWS dan ARR per kebun. Kegiatan berlangsung dari pukul delapan pagi sampai pukul tiga sore, sedangkan 1 tim Mertani yang melakukan pemasangan perangkat sejak hari Rabu juga telah selesai. Keduanya kembali ke hotel.


Ilustrasi 5 (Sumber: Mertani.co.id)
Ilustrasi 5 (Sumber: Mertani.co.id)

Pada hari Minggu, setelah mendapat konfirmasi dari pihak kantor Mertani, tim pun pulang ke Yogyakarta karena semua tugas telah diselesaikan. Sebelumnya, tim berangkat dari Samarinda menuju Balikpapan dengan menempuh waktu perjalanan kurang lebih empat jam. Kemudian, tim melakukan penerbangan menuju Yogyakarta.

Itulah tadi sedikit cerita mengenai perjalanan tim Mertani kali ini. Jika ingin mengetahui lebih banyak lagi mengenai berbagai perjalanan kami di setiap daerah Indonesia, silakan kunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

YouTube: mertani official

Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani .

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/quality-control-adalah/#.Y0oWNHZBzDc

8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
social-whatsapp-circle-512.webp