top of page

Solusi Teknologi Tepat Guna: Sistem Pemantauan Lahan Gambut

Indonesia memiliki lahan gambut yang luas yang berperan dalam penyimpanan karbon dan menjaga keseimbangan hidrologi pada ekosistem. Lahan ini mampu menyimpan karbon dalam jumlah besar sehingga mencegah pelepasan karbon dioksida ke atmosfer yang dapat memperparah efek rumah kaca. Selain itu, lahan gambut juga berfungsi sebagai penyerap air alami yang membantu mencegah banjir dan menjaga ketersediaan air bersih. Namun, pengelolaan lahan gambut yang tidak tepat dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan yang signifikan. Pembukaan lahan yang tidak berkelanjutan, pembakaran lahan, dan drainase yang berlebihan seringkali menyebabkan emisi gas rumah kaca yang tinggi serta kebakaran hutan yang merusak ekosistem. 

Salah satu aspek penting dalam pengelolaan lahan gambut adalah pemantauan tinggi muka air tanah (TMAT). Automatic Water Level Recorder (AWLR). Sistem ini mempermudah pengguna dalam memantau lahan gambut dengan akurasi data yang tinggi dan konektivitas real-time. Dengan teknologi ini, informasi mengenai kondisi lahan gambut dapat diperoleh dengan cepat dan tepat, sehingga langkah-langkah pencegahan dan penanganan dapat diambil segera. Keberadaan sistem ini diharapkan dapat mengurangi risiko kerusakan lahan gambut dan menjaga fungsi pentingnya dalam ekosistem global, sekaligus mendukung upaya konservasi dan pengelolaan lahan yang berkelanjutan.

Informasi yang didapatkan dari pemantauan tinggi muka air tanah (TMAT) yang akurat dan real-time penting untuk:

  1. Mencegah kebakaran hutan dan lahan: TMAT yang rendah dapat meningkatkan risiko kebakaran, sedangkan TMAT yang tinggi dapat menyebabkan banjir gambut. Dengan memantau TMAT, pengelola lahan gambut dapat mengambil langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan yang tepat.

  2. Mempertahankan fungsi ekologis lahan gambut: TMAT yang optimal sangat penting untuk menjaga kesehatan ekosistem gambut, seperti keanekaragaman hayati dan fungsi hidrologi.

  3. Meningkatkan efisiensi penggunaan air: Informasi TMAT dapat membantu perkebunan di lahan gambut mengelola irigasi dengan lebih baik, sehingga mengoptimalkan penggunaan air dan mencegah kerusakan lahan.

Automatic Water Level Recorder (AWLR)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani adalah perangkat pemantau ketinggian muka air secara otomatis yang terdiri dari Remote Terminal Unit (RTU) dan sensor AWLR. RTU terdiri dari data logger untuk merekam data, power unit, komunikasi data, panel box, dan wiring system. Sensor AWLR tersedia dalam jenis ultrasonic, radar, dan submersible, dan dapat disesuaikan dengan sumber daya air dan kondisi lapangan.

AWLR beroperasi dengan sensor yang sensitif terhadap perubahan tinggi permukaan air. Sensor merekam data dan mengirimkannya ke data logger, yang kemudian mengirimkannya secara real-time ke platform Mertani melalui internet. Pengguna dapat mengakses dan mengunduh data dalam bentuk excel atau csv untuk memantau perubahan muka air secara real-time dan akurat, serta membantu pengambilan keputusan terkait pengelolaan bencana alam.

Keunggulan Sistem Pemantauan Lahan Gambut Mertani

Kemudahan Penggunaan

AWLR Mertani bukan hanya unggul dalam hal teknologi, tetapi juga kemudahan penggunaannya. Antarmuka yang intuitif memungkinkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk mengoperasikannya dengan mudah. Proses instalasi dan konfigurasi AWLR Mertani dirancang untuk menghemat waktu dan tenaga. Panduan penggunaan yang jelas dan dukungan teknis yang responsif selalu tersedia untuk membantu memaksimalkan manfaat dari teknologi ini.

Dengan kemudahan penggunaan ini, AWLR Mertani menjadi solusi ideal bagi berbagai pihak yang membutuhkan pemantauan muka air yang akurat dan real-time, seperti:

  1. Pemerintah: Untuk memantau kondisi lahan pemerintahan yang bertipe gambut sehingga dapat memprediksi potensi banjir, kekeringan dan kebakaran lahan.

  2. Perusahaan: Untuk mengelola irigasi, bendungan, dan navigasi air.

  3. Peneliti: Untuk melakukan penelitian hidrologi dan klimatologi.

  4. Masyarakat: Untuk meningkatkan kesadaran tentang kondisi air di lingkungan bertanah gambut.

Akurasi Data

Keakuratan data adalah salah satu aspek terpenting dalam pemantauan tinggi muka air tanah. Sistem Pemantauan Lahan Gambut Mertani menggunakan Automatic Water Level Recorder (AWLR) yang memiliki sensor presisi untuk mengukur tinggi muka air tanah dengan akurasi yang sangat baik. Sensor ini mampu mendeteksi perubahan kecil pada tinggi muka air tanah yang memungkinkan pemantauan lebih rinci dan tepat. Data yang akurat sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat dalam pengelolaan lahan gambut, termasuk dalam penentuan langkah-langkah pencegahan kebakaran dan konservasi lahan gambut.

Konektivitas Real-Time

Salah satu fitur unggulan dari Sistem Pemantauan Lahan Gambut Mertani adalah kemampuannya untuk menyediakan data secara real-time. Sistem ini dilengkapi dengan modul komunikasi yang memungkinkan data dikirimkan secara langsung ke server melalui jaringan seluler atau internet. Hal ini memungkinkan pemantauan secara terus-menerus dan memberikan informasi terkini yang dapat diakses dari mana saja dan kapan saja melalui platform berbasis web atau aplikasi mobile. Konektivitas real-time ini sangat berguna untuk respons cepat terhadap perubahan kondisi di lapangan sehingga langkah-langkah mitigasi dapat segera diambil jika terjadi penurunan tinggi muka air tanah yang signifikan.

Efisiensi dan Penghematan Biaya

Sistem AWLR bekerja secara otomatis, merekam data, dan mengunggahnya ke server untuk diakses dan dianalisis. Penghematan waktu dan biaya operasional menjadi keunggulan AWLR, sehingga pengguna dapat lebih fokus pada pengelolaan air yang lebih efektif dan efisien. AWLR juga meningkatkan akurasi dan keandalan data pemantauan, memberikan informasi penting untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan air, pencegahan bencana alam, dan berbagai sektor lainnya.


sumber : mertani.co.id

AWLR berbasis IoT hadir sebagai jawaban atas kebutuhan pengelolaan air yang efisien di lahan gambut. Teknologi ini menawarkan berbagai manfaat, mulai dari optimalisasi pemanfaatan sumber daya air hingga pencegahan kebakaran lahan akibat kekeringan. Dengan penerapan AWLR, pengelolaan air di lahan gambut dapat dilakukan secara berkelanjutan, sehingga tercipta lingkungan yang lestari. AWLR ini menjadi solusi inovatif yang dapat membantu meningkatkan efisiensi pengelolaan air di lahan gambut dan mencegah kerusakan lingkungan. Penerapan teknologi ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan.


Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 

 

Sumber :

 

 

22 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page