top of page

Program Perlindungan Sungai di Indonesia

Sungai merupakan aset berharga bagi Indonesia, baik dari segi ekologi maupun sosial-ekonomi. Sungai-sungai di Indonesia memberikan manfaat beragam, seperti sumber air, transportasi, dan keanekaragaman hayati. Namun, tekanan dari pembangunan industri dan perkotaan, serta polusi, telah mengancam kesehatan dan keberlanjutan ekosistem sungai. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk melindungi sungai-sungai negara ini melalui Program Perlindungan Sungai. Berikut adalah beberapa aspek yang dapat dijadikan pembahasan dalam program perlindungan sungai di Indonesia:


1. Kebijakan dan Regulasi

hh
Sumber:{Perkim.id}

Program Perlindungan Sungai di Indonesia didukung oleh sejumlah kebijakan dan regulasi yang bertujuan untuk menjaga, memulihkan, dan melindungi ekosistem sungai serta meningkatkan kualitas air. Beberapa kebijakan dan regulasi yang relevan termasuk:

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah: Undang-undang ini memberikan dasar hukum untuk pelaksanaan program perlindungan sungai oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah memiliki kewenangan dalam mengelola dan melindungi sumber daya air di wilayahnya.

  2. Peraturan Pemerintah Nomor 122 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sumber Daya Air: Peraturan ini mengatur penggunaan air, termasuk di sungai-sungai, dan menetapkan prinsip-prinsip pengelolaan yang berkelanjutan. Ini mencakup pengaturan penggunaan air oleh industri, pertanian, dan pemukiman.

  3. Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun: Peraturan ini mengatur pengelolaan limbah industri, termasuk limbah yang dapat mencemari sungai. Industri diwajibkan untuk mengelola dan mengolah limbah berbahaya secara aman agar tidak mencemari sumber air. Apa kebijakan dan regulasi yang telah diterapkan oleh pemerintah Indonesia untuk mendukung perlindungan sungai? Bagaimana peraturan tersebut mengatur penggunaan sungai dan menjaga keberlanjutan ekosistemnya?

2. Pencegahan Pencemaran

s
Sumber:{Polystamino}

Pencegahan pencemaran akibat dampak limbah industri terhadap air adalah langkah penting untuk menjaga kualitas air dan keberlanjutan ekosistem sungai, danau, dan laut di Indonesia. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan yang dapat diambil untuk menghindari dampak pencemaran akibat limbah industri terhadap air:

  1. Pengelolaan Limbah Industri yang Efisien: Perusahaan-perusahaan industri harus memiliki sistem pengelolaan limbah yang efisien dan terkendali. Ini mencakup pemisahan limbah berbahaya dan non-berbahaya, pemantauan kualitas limbah, serta penggunaan teknologi modern untuk mengurangi limbah yang dihasilkan.

  2. Penerapan Teknologi Bersih: Industri harus menerapkan teknologi bersih yang dapat mengurangi emisi dan limbah berbahaya. Misalnya, teknologi pemisahan dan pemurnian limbah dapat membantu menghilangkan kontaminan sebelum limbah dilepaskan ke perairan.

  3. Recycling dan Reuse: Mendorong industri untuk mengadopsi praktik daur ulang dan penggunaan kembali air limbah yang telah diolah. Air yang sudah digunakan dalam proses industri dapat diolah dan digunakan kembali, mengurangi kebutuhan akan air segar.

3. Rehabilitasi dan Restorasi

hh
Sumber:{Agroindru}
  1. Pemulihan Habitat: Salah satu langkah awal dalam rehabilitasi adalah pemulihan habitat alami. Ini termasuk penanaman vegetasi sungai dan restorasi hutan riparian. Vegetasi sungai membantu mengikat tanah, mengurangi erosi, dan menyediakan habitat bagi fauna lokal.

  2. Pembersihan dan Pengangkatan Lumpur: Jika endapan lumpur atau material berbahaya mengendap di dasar sungai atau danau, langkah pembersihan dan pengangkatan perlu dilakukan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi seperti penggali lumpur atau alat pemurnian air.

  3. Bioremediasi: Bioremediasi adalah penggunaan mikroorganisme atau tanaman untuk membersihkan limbah atau polutan tertentu dari air. Dalam konteks limbah industri, bioremediasi dapat digunakan untuk menghilangkan senyawa berbahaya dari air.

Demikianlah penjelasan Program Perlindungan Sungai di Indonesia. Apabila anda ingin mengetahui informasi-informasi terbaru lainnya mengenai perkebunan dan pertanian, anda dapat mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber :

Hastag:

36 views0 comments
WhatsApp
bottom of page