top of page

Peran Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani dalam Pemantauan Tinggi Muka Air Tanah


AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

Tinggi muka air tanah adalah salah satu parameter penting dalam pemantauan sumber daya air. Pemantauan dan manajemen muka air tanah dilakukan untuk memastikan keberlanjutan dan keberadaan sumber daya air yang memadai, dan sangat penting bagi kita untuk memantau Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) secara akurat dan konsisten. Pemantauan tinggi muka air tanah biasanya dilakukan di lahan luas yang digunakan sebagai tempat untuk melakukan produksi tanaman, seperti lahan kelapa sawit. Pemantauan air di lahan sawit, merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan pertumbuhan dan pengelolaan sawit, supaya mendapatkan hasil produk yang berkualitas. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yang memerlukan kebutuhan nutrisi dan air yang cukup, tidak kekurangan maupun kelebihan. Hal ini untuk menjaga mutu dari produk kelapa sawit tersebut. Dalam pemantauan tinggi muka air tanah, informasi yang akurat dan dapat diandalkan menjadi kunci dalam mengambil keputusan yang tepat terkait pengelolaan sumber daya air. Pada konteks inilah Automatic Water Level Recorder menjadi sangat penting, karena digunakan untuk mengukur tinggi muka air tanah secara otomatis. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas mengenai penggunaan Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani dalam pemantauan Tinggi Muka Air Tanah ( TMAT).


Identifikasi Automatic Water Level Recorder Mertani

Automatic Water Level Recorder (AWLR) Mertani, merupakan sebuah perangkat elektronik yang dirancang khusus untuk melakukan pemantauan dan mencatat perubahan tinggi muka air secara otomatis. Automatic Water Level Recorder Mertani menggunakan sensor yang peka terhadap perubahan ketinggian air dan bisa merekam data secara terus-menerus. AWLR Mertani dapat mengirimkan data secara otomatis dan real-time ke pusat pengendalian dari petugas, untuk memudahkan dalam pemantauan yang akurat dan cepat. Cara kerja dari AWLR Mertani adalah dengan memanfaatkan sensor yang terpasang di sumur atau sumur bor untuk mendapatkan data tinggi muka air tanah dengan akurat. Sensor ini kemudian dapat mengukur perubahan TMAT dalam interval waktu yang ditentukan, sehingga data yang dikumpulkan oleh AWLR adalah data yang sesuai dengan kondisi permukaan air. Hal ini dapat membantu petugas dalam memantau perubahan tinggi muka air seiring waktu.


Manfaat Pemantauan Tinggi Muka Air Tanah

AWLR - Mertani
Potret tim Mertani dan Wilmar Group (Sumber Pribadi)

Pemantauan tinggi muka air tanah melalui AWLR memiliki manfaat yang signifikan dalam berbagai sektor. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari pemantauan tinggi muka air tanah:

  • Pengelolaan Sumber Daya Air: Pemantauan air tanah yang akurat dan terus-menerus oleh AWLR Mertani, membantu pengelolaan sumber daya air secara efisien. Data yang diperoleh dari AWLR Mertani dapat digunakan untuk merencanakan pengelolaan air yang lebih baik, termasuk distribusi yang lebih tepat dan pengaturan irigasi yang efisien. Sebagai contoh, penggunaan AWLR Mertani di lahan seperti perkebunan kelapa sawit, membantu petugas perusahaan dalam mengetahui tanah bernutrisi dengan porsi air yang cukup untuk pertumbuhan kelapa sawit.

  • Pencegahan Bencana Banjir: Pemantauan tinggi muka air tanah dapat membantu dalam pencegahan bencana banjir. Dengan pemantauan secara real-time, AWLR Mertani dapat memberikan peringatan dini jika tinggi muka air tanah melebihi ambang batas yang aman, memungkinkan tindakan preventif yang cepat dan efektif.

  • Pemantauan Kualitas Air: Tinggi muka air tanah juga dapat mempengaruhi kualitas air. Dengan menggunakan AWLR Mertani, kita dapat melacak perubahan tinggi muka air tanah dan mengamati korelasinya dengan perubahan kualitas air. Ini membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat untuk perlindungan sumber daya air yang penting.


Kelebihan AWLR dalam Pemantauan Tinggi Muka Air Tanah

AWLR - Mertani
Pemasangan AWLR Mertani di Wilmar Group (Sumber Pribadi)

AWLR Mertani memberikan beberapa kelebihan dalam pemantauan Tinggi Muka Air Tanah, seperti:

  1. Akurasi Tinggi: AWLR Mertani dilengkapi dengan sensor presisi tinggi yang memberikan data tinggi muka air tanah dengan akurasi yang tinggi. Hal ini memungkinkan pengukuran yang konsisten dan dapat diandalkan, sehingga membantu petugas dalam mendapatkan data yang sesuai dalam pengelolaan sumberdaya air.

  2. Pemantauan Real-time: AWLR Mertani dapat memantau tinggi muka air tanah secara real-time, memberikan data yang diperbarui secara berkala. Hal ini memungkinkan pengambilan keputusan yang cepat dalam situasi darurat atau perubahan mendadak. Selain itu, pengukuran air tanah juga dilakukan secara terus-menerus dan setiap waktu, sehingga petugas bisa mendapatkan update data Tinggi Muka Air Tanah setiap saat melalui platform resmi Mertani. Pengukuran data juga dilakukan secara otomatis oleh sensor, sehingga petugas tidak perlu turun langsung ke lapangan dan melakukan pengukuran secara manual.

  3. Kemudahan Penggunaan: AWLR Mertani relatif mudah digunakan, karena AWLR Mertani bekerja secara otomatis dengan memanfaatkan sensor. Sensor tersebut dapat ditempatkan dengan mudah di dalam sumur atau sumur bor, dan akan langsung merekam setelah terpasang. Perangkat perekam dilengkapi dengan antarmuka pengguna yang intuitif, sehingga petugas dapat terbantu dalam penggunaan AWLR Mertani.


Penerapan AWLR Mertani dalam Pemantauan Tinggi Muka Air Tanah

AWLR - Mertani
Automatic Water Level Recorder (Sumber Pribadi)

Automatic Water Level Recorder Mertani sudah diterapkan di beberapa perusahaan ternama, seperti Wilmar Group. Wilmar Group mengandalkan Automatic Water Level Recorder Mertani untuk memantau tingggi muka air tanah di lahan sawit mereka. Pemantauan air di lahan sawit, merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan pertumbuhan dan pengelolaan sawit, supaya mendapatkan hasil produk yang berkualitas. Kelapa sawit merupakan salah satu tanaman yang memerlukan kebutuhan nutrisi dan air yang cukup, tidak kekurangan juga tidak kelebihan. Untuk menjaga mutu dari produk kelapa sawit tersebut, Wilmar Group memutuskan untuk mengimplementasikan AWLR Mertani.

Automatic Water Level Recorder Mertani memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna, dengan memberikan data yang akurat bagi perusahaan dalam pemberdayaan sumber daya air. Itulah penjelasan mengenai penerapan Automatic Water Level Recorder dalam pengelolaan Tinggi Muka Air Tanah, semoga bermanfaat. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial




144 views1 comment

1 comentario


Restu Setiawan
Restu Setiawan
03 jul 2023

nais

Me gusta
WhatsApp
bottom of page