top of page

Mertani Hadiri World Water Forum 2024 di Bali sebagai Langkah Nyata Kepedulian terhadap Water Prosperity


World Water Forum ke-10 di Bali Mertani
World Water Forum ke-10 di Bali (Sumber Pribadi)

Air bersih merupakan komponen penting dalam kehidupan. Keberadaannya yang saat ini belum dapat dinikmati oleh setiap manusia cukup memprihatinkan. Padahal, air berguna untuk banyak hal, bukan hanya untuk konsumsi semata. Air dapat digunakan untuk kepentingan konservasi atau budidaya. Bahkan untuk kebutuhan dasar seperti konsumsi, tidak semua orang dapat mengaksesnya. Oleh karena itu, pengadaan forum-forum yang memiliki perhatian lebih terhadap keberadaan, kualitas, kuantitas, dan keberlanjutan air perlu diperbanyak dan diberi tempat lebih dalam industri masa kini. Mertani memiliki kesadaran penuh akan hal tersebut. Bukan hanya menyadari, Mertani juga mengambil langkah nyata dengan berpartisipasi pada forum-forum baik bertaraf nasional maupun internasional yang memiliki visi dan misi demi terciptanya keberlanjutan air bersih di seluruh dunia. 


Sekilas tentang World Water Forum 2024

Pada tanggal 18-25 Mei 2024, Mertani menghadiri World Water Forum atau Forum Air Dunia ke-10 yang dilaksanakan di Bali, Indonesia. Acara ini diinisiasi oleh World Water Council, sebuah forum internasional terbesar yang berkonsentrasi pada sektor air di seluruh dunia. Forum ini rutin diadakan setiap tiga tahun sekali dan telah berlangsung sejak tahun 1997. World Water Forum mempertemukan peserta dari berbagai tingkatan, termasuk pemerintah dan organisasi atau komunitas lingkungan, perusahaan swasta maupun negeri, akademisi, dan masyarakat sipil, termasuk pemuda. Acara ini diadakan di beberapa tempat sekaligus, namun Mertani lebih berkonsentrasi pada satu tempat yaitu Bali Nusa Dua Convention Centre (BNDCC).


World Water Forum ke-10 di Bali Mertani
Sumber Pribadi

Forum Air Dunia atau World Water Forum kali ini mengusung tema “Air untuk Kesejahteraan Bersama” dengan tiga tema utama dalam “proses kerangka kerja Air untuk Kesejahteraan Bersama”, yakni proses politik, proses tematik, dan proses regional. Sesi proses politik adalah tempat setiap pemangku kepentingan mengembangkan agenda politik untuk berdiskusi dan mencari solusi. Sesi tematik memberi ruang kepada pemangku kepentingan global untuk mengembangkan dan memfasilitasi rencana kerja dari berbagai pihak, seperti organisasi yang menangani masalah air. Sesi ini juga mencakup banyak topik diskusi penting, antara lain topik manusia untuk manusia dan alam, topik ketahanan air dan kesejahteraan, serta topik pengelolaan dan pengurangan risiko bencana. Sesi ketiga, yaitu proses regional, diharapkan mampu memberikan output berupa membangun dan memfasilitasi upaya menyelesaikan masalah dan mencari solusi terkait air.


Mertani di World Water Forum 2024 

Acara ini dinilai semakin bergengsi dengan kehadiran Bapak Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia, yang turut menghadiri acara Welcoming Dinner World Water Forum di Garuda Wisnu Kencana. Jumlah peserta pada forum internasional ini mencapai 106 negara di dunia. Para peserta berasal dari berbagai latar belakang, namun memiliki satu kesamaan, yaitu dedikasi terhadap peningkatan kualitas air bersih dan sanitasi air di seluruh dunia tanpa terkecuali. Dari Indonesia sendiri, banyak tokoh penting yang hadir dalam acara ini. Beberapa tokoh yang berinteraksi langsung dengan Mertani antara lain Bapak Basuki Hadimuljono, Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Kepala Bidang Instansi BBWS, Kemenperin (Kementerian Perindustrian), Perum Jasa Tirta, dan masih banyak lagi. Dari 106 negara yang hadir, Mertani sempat terlibat diskusi intens dengan beberapa negara lain seperti Jepang, China, Ghana, dan Australia. Acara ini bukan hanya dihadiri oleh pejabat pemerintah dan perusahaan, tetapi juga oleh vendor, komunitas lingkungan, bahkan anak sekolah.


World Water Forum ke-10 di Bali Mertani
Potret Tim Mertani bersama Bapak Basuki Hadimuljono selaku Menteri PUPR (Sumber Pribadi)

Mertani juga melakukan kunjungan ke booth-booth yang ada di World Water Forum dengan tujuan untuk belajar, sesuai dengan tujuan Mertani berpartisipasi dalam forum tersebut. Dari kunjungan ke booth-booth dan diskusi langsung dengan aktivis maupun perwakilan perusahaan dari berbagai negara, Mertani berharap dapat terus mendorong kemajuan teknologi di Indonesia dengan akses informasi dan inovasi teknologi terbaru, memahami tantangan dan peluang yang ada, serta menciptakan kolaborasi-kolaborasi kreatif di masa depan. Harapan lainnya adalah pembelajaran dan pengembangan kapasitas Mertani sendiri, serta memperluas pengenalan Mertani di tingkat nasional dan internasional. Di beberapa kesempatan, Mertani memperkenalkan flyer dan poster yang berkaitan dengan perusahaan, serta perangkat telemetri canggih yang dirancang secara orisinal. Selesai dengan kunjungan booth, Mertani juga turut berpartisipasi pada kegiatan-kegiatan yang ada di "Youth Space" atau "Tempat Anak Muda". Kegiatan ini dinamakan Youth Space bukan tanpa alasan. Ini dikarenakan kegiatan tersebut berisi anak-anak muda yang menaruh atensi lebih pada konservasi air, permasalahan yang terjadi pada air, kualitas dan kuantitas air di seluruh dunia. Anak muda yang mengikuti kegiatan Youth Space, disediakan ruang bebas untuk berkenalan, mengeksplorasi, dan belajar dengan pemuda-pemudi dari negara lain, Pada kegiatan ini, ditampilkan gagasan-gagasan terbaik mengenai solusi-solusi konkret terkait permasalahan air, juga harapan-harapan ke depan terkait water prosperity di seluruh dunia. Ini menggambarkan kontribusi setiap lini masyarakat juga diperukan dalam penjagaan kemakmuran air, termasuk pemuda-pemudinya.


World Water Forum ke-10 di Bali Mertani
Sumber Pribadi

Dengan inovasi teknologi yang menghasilkan pengelolaan air berkelanjutan serta membangun kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah yang memiliki kesadaran terhadap kemakmuran air (water prosperity), Mertani dapat menjadi kontributor dalam membangun infrastruktur dan membantu transparansi pelaporan kualitas air di Indonesia. Hal ini sejalan dengan salah satu perangkat Mertani, yaitu Water Quality Monitoring System yang berguna untuk memantau kualitas air. Dari diadakannya World Water Forum ke-10 ini, diharapkan seluruh masyarakat akan memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi, serta adanya peningkatan inovasi dan infrastruktur untuk menghadapi tantangan masa depan. Harapan lainnya tentu kesadaran global terhadap konservasi air akan meningkat yang berarti polusi air berkurang, pengelolaan Sumber Daya Air semakin baik, dan terbuka lebih banyak kerja sama regional maupun global. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 


36 views0 comments

Comentarios


WhatsApp
bottom of page