top of page

Menjaga Keseimbangan Lingkungan: Peran Water Quality Monitoring System dalam Mengelola Limbah Industri


Limbah Industri_Mertani
Sumber : Wix.com

Dalam era industrialisasi yang terus berkembang, menjaga keseimbangan lingkungan menjadi tantangan yang semakin kompleks. Salah satu tindakan dalam menjaga keseimbangan lingkungan adalah pengelolaan limbah industri, yang memiliki potensi besar untuk mencemari sumber daya air. Oleh karena itu, pemantauan kualitas air dengan menggunakan Water Quality Monitoring System (WQMS) menjadi kunci dalam memastikan bahwa limbah industri tidak merusak ekosistem dan kesehatan manusia. Artikel ini akan membahas tentang WQMS, cara kerjanya, dan peran WQMS dalam mengelola limbah industri


Pengaruh Limbah Industri Terhadap Keseimbangan Lingkungan

Limbah industri merupakan hasil sisa yang berasal dari hasil suatu kegiatan industri yang cenderung mengandung bahan berbahaya atau polutan yang dapat mencemari lingkungan. Jenis polutan yang terkandung di dalam limbah industri berupa bahan kimia berbahaya, senyawa organik, dan bakteri. Polutan-polutan ini mencemari perairan. Pencemaran perairan oleh polutan tidak hanya mengancam kesehatan manusia, tetapi juga mengganggu keseimbangan ekosistem lingkungan, membunuh flora dan fauna, mengurangi keanekaragaman hayati, dan menyebabkan eutrofikasi, yaitu peningkatan nutrien berlebihan dalam perairan yang mengakibatkan pertumbuhan alga berlebihan dan penurunan kadar oksigen.   


Tentang Water Quality Monitoring System (WQMS)

Water Quality Monitoring System merupakan perangkat yang dirancang untuk melakukan pemantauan kualitas air secara terus-menerus. WQMS memeriksa beberapa parameter yang berhubungan dengan kualitas air di perairan. Parameter tersebut berupa pH air, suhu air, kejernihan, tekanan air, DO, BOD, COD, TDS, Amonium dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan Water Quality Monitoring System, pihak industri dapat mengidentifikasi potensi ancaman terhadap kualitas air, sehingga pihak industri dapat mengambil tindakan pencegahan dan penanganan dengan efisien. Selain itu, data yang dikumpulkan oleh sistem ini dapat digunakan untuk membuat kebijakan lingkungan yang lebih efektif dan berbasis bukti.

Water Quality Monitoring System_Mertani
Sumber : mertani.co.id

Komponen Water Quality Monitoring System (WQMS)

Water Quality Monitoring System (WQMS) terdiri dari beberapa komponen yaitu:

  1. Sensor WQMS: Sensor WQMS merupakan perangkat yang sensitif terhadap parameter-parameter kualitas air seperti pH, COD, BOD, DO, TDS, Amonium, dan masih banyak lagi.

  2. Mertani Data Logger: Perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data yang didapatkan melalui pengukuran yang dilakukan oleh sensor. Selain itu, data logger juga dilengkapi oleh komunikasi data yang memungkinkan data untuk dikirimkan ke server dan data dapat diakses oleh pengguna di mana pun dan kapan pun

  3. Panel Box: Bagian ini berfungsi untuk melindungi data logger. 

  4. Panel Surya: Bagian ini berfungsi untuk mengkonversi energi surya menjadi energi listrik agar WQMS dapat beroperasi dengan lancar.

Cara kerja Water Quality Monitoring Sytem (WQMS)

Cara kerja Water Quality Monitoring System adalah WQMS akan melakukan pengumpulan data. Data didapatkan melalui sensor-sensor yang diprogram untuk mengatur berbagai parameter kualitas air seperti pH, suhu, oksigen terlarut, senyawa organik dan zat kimia lainnya. Sensor-sensor ini ditempatkan di dalam air atau di sekitar lokasi yang ingin dipantau. Setelah sensor-sensor mengumpulkan data, informasi yang terkumpul dikirim server. Data ini dikirim secara nirkabel untuk diproses lebih lanjut. Data yang diterima dari sensor-sensor kemudian diproses menggunakan software khusus. Software ini mampu menganalisis data secara real-time dan menghasilkan laporan tentang kualitas air di lokasi yang dipantau. Setelah data diproses, laporan hasil analisis disajikan kepada pengguna. Pengguna dapat menggunakan data ini untuk memahami kondisi kualitas air di lokasi yang dipantau.


Peran Water Quality Monitoring System dalam Mengelola Limbah Industri

Pengelolaan limbah industri merupakan salah satu tindakan yang penting dilakukan dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Water Quality Monitoring System (WQMS) memiliki peran penting dalam pengelolaan limbah industri sebagai berikut:

  1. Deteksi Dini Kontaminasi: Sistem pemantauan kualitas air dapat mendeteksi polutan dan kontaminan pada tahap awal, sehingga memungkinkan tindakan perbaikan yang cepat. Hal ini membantu mencegah penyebaran zat berbahaya ke perairan yang lebih besar dan mengurangi dampaknya terhadap ekosistem dan kesehatan manusia.

  2. Pengumpulan Data secara Real-time: Water Quality Monitoring System Mertani menyediakan data secara real-time tentang berbagai parameter kualitas air seperti pH, suhu, oksigen terlarut, kekeruhan, dan kontaminan dan senyawa organik. Data ini sangat penting untuk respons cepat terhadap kontaminasi lingkungan

  3. Optimasi Efisiensi Pengolahan Limbah: Pemantauan dengan menggunakan WQMS memberikan data secara real-time dan akurat sehingga industri dapat mengevaluasi metode pengolahan limbah industri menjadi lebih efektif.

  4. Penghematan Biaya dan Efisiensi Sumber Daya: Identifikasi masalah secara dini dengan menggunakan data yang didapatkan dari WQMS dan proses pengolahan limbah yang tepat mengurangi penggunaan bahan kimia dan energi sehingga menghasilkan penghematan biaya dan alokasi biaya yang lebih efisien.

  5. Pemenuhan Standar: Industri diharuskan mematuhi standar kualitas air lokal, nasional, dan internasional. Sistem pemantauan membantu memastikan bahwa pembuangan limbah industri memenuhi peraturan ini dengan terus memantau kualitas air dan memperingatkan operator jika kualitas air di bawah standar yang ditetapkan


Penggunaan Water Quality Monitoring System dalam mengelola limbah industri merupakan langkah penting dalam menjaga keseimbangan lingkungan. Dengan mendeteksi pencemaran secara dini, memastikan kepatuhan terhadap regulasi, mengoptimalkan proses pengolahan limbah, melindungi ekosistem air, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, WQMS membantu memastikan bahwa pertumbuhan industri disertai dengan keseimbangan lingkungan. Teknologi WQMS tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan tetapi juga bagi masyarakat luas dan lingkungan. Ingin tahu lebih banyak mengenai berbagai informasi terkait lingkungan? Anda dapat mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

Linkedin : PT Mertani .

Sumber:

 



16 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page