top of page

Mengulik Peran Sistem Onlimo dalam Pemantauan dan Pengelolaan Kualitas Air di Indonesia

Updated: Jul 8

:

Onlimo_Mertani
Online Monitoring menggunakan Proteus (Sumber: Pribadi)

Kualitas air memiliki peran yang sangat penting bagi kesehatan dan kehidupan. Air yang bersih dan sehat merupakan kebutuhan dasar bagi setiap individu karena berpengaruh langsung terhadap kesehatan manusia. Air yang tercemar dapat menjadi sumber berbagai penyakit, seperti diare, kolera, dan infeksi kulit yang dapat berdampak fatal terutama bagi anak-anak dan kelompok rentan lainnya. Selain itu, kualitas air yang baik juga penting bagi keberlangsungan ekosistem, karena air yang tercemar dapat merusak habitat alami dan mengancam kelangsungan hidup flora dan fauna. Dalam konteks kehidupan sehari-hari, air berkualitas diperlukan untuk berbagai aktivitas seperti memasak, mencuci, dan kegiatan sanitasi. Oleh karena itu, pemantauan dan pengelolaan kualitas air secara berkelanjutan menjadi sangat krusial untuk menjamin kesehatan masyarakat dan menjaga keseimbangan ekosistem.


Apa Itu Sistem Onlimo? 

Onlimo atau Online Monitoring merupakan sebuah sistem teknologi yang dirancang untuk memantau kualitas air secara real-time dan berkelanjutan. Sistem ini menggunakan berbagai sensor dan perangkat pengukuran yang terhubung secara online untuk mengumpulkan data mengenai parameter-parameter penting kualitas air seperti pH, suhu, kandungan oksigen terlarut, tingkat kekeruhan, dan keberadaan kontaminan kimia atau biologis. Data yang dikumpulkan oleh sensor-sensor ini kemudian dikirimkan secara otomatis ke pusat pengolahan data melalui jaringan internet.

 

Konsep Dasar dari Sistem Onlimo

Konsep dasar dari Onlimo melibatkan integrasi antara teknologi sensor, komunikasi data, dan analisis informasi. Sensor-sensor ditempatkan di berbagai titik strategis pada badan air yang dipantau, seperti sungai, danau, atau waduk. Data yang diperoleh dari sensor ini dikirimkan secara periodik atau terus-menerus ke server pusat, di mana data tersebut diolah dan dianalisis untuk memberikan gambaran real-time tentang kondisi kualitas air. Informasi ini dapat diakses oleh pengguna melalui antarmuka yang mudah digunakan, seperti aplikasi web atau mobile, yang memungkinkan pengambil keputusan untuk melakukan tindakan segera jika terdeteksi adanya perubahan yang signifikan dalam kualitas air.


Onlimo_Mertani
Onlimo (Sumber Pribadi)

Fungsi dan Manfaat Sistem Onlimo 

1. Pemantauan Kualitas Air Secara Real-Time

Onlimo memungkinkan pemantauan kualitas air secara langsung dan terus-menerus. Dengan menggunakan sensor-sensor yang terpasang di berbagai lokasi strategis di badan air, seperti sungai atau danau, sistem ini dapat mengukur parameter kualitas air seperti pH, suhu, oksigen terlarut, kekeruhan, dan kandungan kontaminan secara real-time. Informasi ini dikirimkan secara langsung ke pusat kontrol atau ke platform online yang dapat diakses oleh pengguna, sehingga memungkinkan mereka untuk mengamati perubahan dalam kualitas air secara waktu nyata.

 

2. Pengumpulan Data yang Akurat dan Berkelanjutan

Sistem Onlimo mengumpulkan data kualitas air secara terus-menerus dengan tingkat akurasi yang tinggi. Sensor-sensor yang digunakan dirancang untuk memberikan pengukuran yang konsisten dan presisi, sehingga membangun basis data yang reliable dan dapat dipercaya. Data yang terkumpul ini tidak hanya bermanfaat untuk evaluasi saat ini, tetapi juga untuk analisis jangka panjang terkait dengan perubahan tren atau pola dalam kualitas air.

 

3. Analisis Data untuk Prediksi dan Peringatan Dini

Salah satu keunggulan utama dari Sistem Onlimo adalah kemampuannya untuk menganalisis data secara mendalam. Data yang terkumpul tidak hanya disimpan, tetapi juga dianalisis menggunakan teknik-teknik statistik dan model prediktif. Analisis ini membantu dalam mendeteksi pola atau tren yang mungkin menunjukkan potensi masalah kualitas air di masa depan. Dengan memiliki peringatan dini ini, pihak berwenang dapat merespons dengan cepat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan atau perbaikan yang diperlukan, sehingga mengurangi risiko dampak buruk terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.


Skematik Onlimo

Onlimo terdiri dari beberapa bagian utama, yaitu:

1. Pengambilan Data

Proses pengambilan data dilakukan oleh sensor digital yang diletakkan di lokasi yang telah ditentukan koordinatnya. Sensor ini bertugas merubah satuan parameter ke dalam satuan elektronik yang kemudian dikonversikan ke dalam data digital.


2. Penyimpanan Data Sementara

Data yang diukur oleh sensor digital kemudian dimasukkan ke dalam internal flash memori yang berada di dalam data logger.


3. Pengiriman Data

Data yang tersimpan di dalam flash memori kemudian dikirimkan ke server pusat melalui media komunikasi data yang dipilih. Media komunikasi data yang digunakan dapat berupa GSM/GPRS/3G/4G, radio frekuensi, atau satelit.

4. Pengelolaan Data

Data yang diterima oleh server pusat kemudian diproses dan disimpan dalam sistem database. Sistem database ini dapat diakses oleh pengguna melalui aplikasi web atau aplikasi mobile.

5. Penyampaian Informasi Data

Informasi data yang tersedia dalam sistem database dapat disampaikan kepada pengguna melalui berbagai cara, seperti email, SMS, atau notifikasi aplikasi.

6. Sistem Peringatan Dini

Sistem ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada pengguna apabila terjadi perubahan kualitas air yang signifikan atau melebihi batas baku mutu yang ditetapkan. Sistem ini dapat mengirimkan peringatan dini melalui email, SMS, atau notifikasi aplikasi kepada pengguna yang terdaftar. 

Onlimo_Mertani
Onlimo (Sumber Pribadi)

  Dapat disimpulkan bahwa Onlimo menawarkan solusi yang efektif untuk pemantauan dan pengelolaan kualitas air di Indonesia. Dengan kemampuannya untuk melakukan pemantauan secara real-time, mengumpulkan data yang akurat dan berkelanjutan, serta melakukan analisis data untuk prediksi dan peringatan dini, Onlimo membantu dalam meningkatkan responsibilitas dan efisiensi dalam menjaga kualitas air. Implementasi teknologi ini memberikan manfaat signifikan dalam mengurangi risiko pencemaran air dan mengoptimalkan pengelolaan sumber daya air secara berkelanjutan. Namun, tantangan dalam infrastruktur dan keterampilan pengguna perlu diatasi untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas sistem ini di seluruh wilayah Indonesia. Dengan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, Sistem Onlimo memiliki potensi besar untuk mendukung upaya pemantauan dan perlindungan lingkungan air yang lebih baik di masa depan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 


Sumber:



 

 

119 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page