top of page

Implementasi Teknologi IoT di Bidang Pertanian

Updated: Feb 23, 2023

Smartfarming-Mertani
Sumber: ( infokomputer.grid.id )

Pertanian dan perkebunan menjadi salah satu penopang kebutuhan manusia yang paling penting. Indonesia kaya akan tanah yang subur dan letaknya strategis sehingga cocok untuk sistem pertanian. Hasil dari pertanian digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti bahan pangan dan penunjang ekonomi.

Di era saat ini, kita mendapatkan banyak manfaat dari teknologi yang sudah berkembang pesat. Kemajuan teknologi diciptakan untuk memberi kemudahan di berbagai bidang, salah satunya adalah pada sektor pertanian. Namun, kebanyakan perawatan pada pertanian di Indonesia masih menggunakan cara tradisional, sehingga membuat proses operasional menjadi lebih lama, bahkan tidak jarang biayanya pun lebih mahal. Karena kondisi tanah yang subur, Indonesia bisa menjadi negara penghasil pangan terbesar apabila memanfaatkan perkembangan tekologi yang maju pada saat ini.

Perkembangan teknologi diterapkan pada setiap bidang di kehidupan sehari-hari. Pada sektor pertanian, kemajuan teknologi menjadi salah satu penunjang dalam mengembangkan hasil produk yang lebih berkualitas. Petani yang memanfaatkan teknologi IoT pada pekerjaannya, akan sangat terbantu dan lebih hemat waktu. Teknologi memudahkan petani dalam merawat tanaman dan akan menghasilkan hasil panen yang berkualitas. Hasil dari panen itulah yang kemudian dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, kebutuhan primer, dan lain-lain.

Tujuan utama dari penerapan IoT di bidang pertanian adalah untuk memonitoring lahan. Saat memonitoring kebun, kita bisa mengatur alat yang digunakan untuk mendapatkan hasil data yang akurat. Pemanfaatan teknologi tersebut, mampu membuat perawatan pada tanaman menjadi lebih mudah dan pastinya hemat waktu.

Saat ini, penerapan teknologi IoT pada sektor pertanian bukanlah suatu hal yang baru lagi. Para petani mengaku, ada banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya alat-alat canggih tersebut. Manfaat dari penerapan teknologi IoT adalah untuk mengatasi masalah yang ada di sektor pertanian. Beberapa contoh implementasi IoT di bidang pertanian dan manfaatnya bagi para petani adalah sebagai berikut.


1. Penerapan IoT untuk Monitoring

monitoring-Mertani
Sumber: ( lipi.go.id )

Untuk memaksimalkan hasil panen, kita bisa menerapkan teknologi IoT dalam monitoring lahan perkebunan. Untuk perkembangan tanaman, kita juga bisa mengatur beberapa hal yang diperlukan. Kita bisa memantau kesehatan tanaman secara real-time dengan teknologi IoT. Kita bisa mengetahui perkembangan tanaman dan nutrisi yang diperlukan bagi tanaman. Alat dari teknologi IoT yang memanfaatkan sensor Optik-Sensing bisa kita gunakan untuk mengetahui kesehatan tanaman dalam kebun.


2. Pengendalian Hama


iot-Mertani
Sumber: ( auftechnique.com )

Hama menjadi salah satu musuh petani pada perawatan tanaman di lahan pertanian dan perkebunan. Hasil pertanian yang dibiarkan terkena hama akan mengalami kerusakan dan tidak layak untuk panen. Implementasi teknologi saat ini, bisa mengawasi populasi hama yang ada di lahan perkebunan. Perkembangan teknologi IoT menggunakan sensor mampu mendeteksi jumlah hama yang tinggi, sehingga bisa segera ditangani dan dapat mengurangi penggunaan pestisida pada tanaman. Alat semacam drone penyebar pupuk sehat atau obat tanaman, serta monitoring sistem yang memiliki teknologi untuk memantau hasil dari hama pada tanaman, sangat membantu petani dalam pemantauan dan perawatan tanaman.


3. Pemanfaatan Sumber Daya secara Efektif

smartfarming-Mertani
Sumber: ( atstekno.com )

Sumber daya yang utama bagi pertanian adalah penggunaan air dan nutrisi tanah untuk pertumbuhan. Kurangnya air dan unsur hara pada tanah, dapat menyebabkan gagal panen. Pengelolaan dan management air pada tanah, sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil panen maksimal.


4. Optimalisasi Proses Produksi

farm-Mertani
Sumber: ( fieldbee.com )

Operasi dari proses produksi di bidang pertanian dimulai dari penanaman, pemupukan, pemberantasan hama, dan pemanenan. Dalam memudahkan proses produksi, petani menggunakan mesin dan peralatan khusus. Kemudahan dalam proses produksi bisa kita dapatkan dari pemanfaatan teknologi IoT saat ini. Selain itu, kita bisa menemukan lokasi pertanian dan peralatan secara real-time. Dalam penggunaan sistem IoT, kita bisa mendapatkan data yang akurat.


5. Hasil Panen yang Memuaskan

futureagricultur-Mertani
Sumber : ( dotmug.net )

Penerapan IoT memudahkan petani untuk merawat dan mengoptimalkan hasil pertanian. Dalam perawatan tanaman, data yang kita perlukan untuk memaksimalkan produk pertanian salah satunya adalah mengenai cuaca. Sistem IoT dengan memanfaatkan teknologi wireless, sistem gps, dan cloud dapat membantu petani dalam mendapatkan data secara real-time. Data yang diberikan dari hasil pengukuran menggunakan IoT digunakan untuk mengetahui kondisi iklim, memilih tanaman yang sesuai, dan mengambil keputusan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas tanaman.

Untuk memudahkan para petani dalam mengetahui update kondisi lahan pada perkebunan, Mertani hadir untuk menjadi solusi bagi para petani. Salah satu produknya adalah Authomatic Weather Station (AWS), yaitu sebuah alat yang dapat membantu melakukan pemantauan kondisi iklim pada kebun, di manapun dan kapanpun. Dengan data tersebut, para petani dapat memiliki dasar yang lebih akurat dalam menentukan kebijakan operasional, baik di sisi waktu, tempat, hingga sumber daya manusia (SDM) yang dikerahkan.

AWS_Mertani
Automatic Weather Station (Sumber Pribadi)

Perkembangan dunia digital, kini semakin memudahkan masyarakat yang bekerja di berbagai bidang seperti pertanian dan perkebunan. Pemanfaatan teknologi IoT untuk sektor pertanian menjadi salah satu solusi bagi para petani untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Itulah penjelasan mengenai teknologi IoT yang mampu membantu para petani pada sektor pertanian. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Linkedin : PT Mertani


Sumber:



2,121 views1 comment

1 comentario


Shallom
Shallom
22 feb 2023

Mertani udah punya alat drone penyebar pupuk belum kak?

Me gusta
WhatsApp
bottom of page