top of page

Efisiensi Pengelolaan Sumber Daya Air dengan Instalasi AWLR dan ARR di Pemekasan, Jawa Timur

Updated: Jul 8


Instalasi Automatic Water Level Recorder_Mertani
Potret Proses Instalasi Perangkat AWLR Mertani (Sumber Pribadi)

Monitoring tinggi muka air di sepanjang aliran sungai sangat penting karena memberikan informasi vital tentang kondisi hidrologis suatu daerah. Tinggi muka air sungai mencerminkan jumlah air yang mengalir pada waktu tertentu. Informasi ini krusial untuk manajemen banjir, pengelolaan sumber daya air, dan perencanaan infrastruktur. Dengan memonitor tinggi muka air dan debit air secara terus-menerus, kita dapat mengantisipasi potensi banjir, mengatur distribusi air untuk irigasi dan pemenuhan kebutuhan domestik, serta mengoptimalkan penggunaan sumber daya air secara berkelanjutan.

AWLR_Mertani
Perangkat Automatic Water Level Recorder Mertani (Sumber Pribadi)

Monitoring curah hujan di dekat waduk adalah langkah yang sangat penting dalam pengelolaan sumber daya air dan mitigasi risiko bencana. Curah hujan yang tinggi dapat secara langsung mempengaruhi tingkat ketersediaan air di waduk, yang merupakan sumber utama pasokan air untuk berbagai keperluan, seperti irigasi, pembangkit listrik tenaga air, dan pasokan air minum. Dengan memantau curah hujan secara cermat di sekitar waduk, kita dapat memprediksi dan mengelola potensi banjir atau kekeringan yang disebabkan oleh pola cuaca ekstrem. Data curah hujan juga penting untuk menentukan strategi pengelolaan waduk yang efektif, termasuk pengaturan tata guna lahan di sekitarnya untuk mengurangi risiko sedimentasi dan pencemaran air. Monitoring curah hujan tidak hanya mendukung keberlanjutan pengelolaan sumber daya air tetapi juga melindungi infrastruktur penting dan memastikan ketersediaan air yang cukup bagi masyarakat dan lingkungan.

Automatic Weather Station_Mertani
Sumber Pribadi

Proses Instalasi Perangkat AWLR dan ARR di Pemekasan

Pada Hari Rabu, tepatnya tanggal 12 Juni 2024, tim Mertani melaksanakan proyek instalasi di Pemekasan, Jawa Timur. Proyek ini mencakup dua proses instalasi berturut-turut, yaitu instalasi AWLR (Automatic Water Level Recorder) dan ARR (Automatic Rainfall Recorder). Kedua perangkat tersebut dipasang dalam waktu yang bersamaan, namun di kawasan yang berbeda. Instalasi AWLR dilakukan di sungai bagian hulu, dekat dengan pintu air. Tujuan utama pemasangan perangkat ini adalah untuk memonitor fluktuasi muka air dan debit air sebagai langkah antisipasi terhadap potensi banjir. Sebelumnya, perusahaan mitra masih menggunakan metode konvensional yang membutuhkan intervensi manusia. Metode ini tidak efisien dan efektif, terutama untuk tugas penting seperti memonitoring tinggi muka air yang datanya digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dan tindakan untuk masyarakat luas. Akurasi data yang dihasilkan pun patut dipertanyakan. Oleh karena itu, diputuskan untuk menginstalasi AWLR yang dilengkapi dengan sensor-sensor canggih. Pengukuran terhadap tinggi muka air dilakukan secara real-time dan terus-menerus. Data yang dihasilkan jauh lebih dipercaya dibandingkan dengan metode konvensional. Dengan adanya perangkat ini, diharapkan pengamatan terhadap fluktuasi muka air dapat dilakukan dengan lebih akurat dan efisien, sehingga potensi bencana banjir dapat diantisipasi dengan lebih baik.

AWS_Mertani
Potret Instalasi Perangkat Automatic Rainfall Recorder (Sumber Pribadi)

Sementara itu, perangkat ARR (Automatic Rainfall Recorder) diinstalasi di dekat waduk. Data curah hujan yang akurat sangat membantu dalam memprediksi volume air yang masuk ke waduk, sehingga memungkinkan pengelola untuk mengatur keluaran air secara optimal. Hal ini penting untuk menghindari kelebihan kapasitas yang dapat menyebabkan banjir, serta memastikan ketersediaan air selama musim kemarau. 

Kedua perangkat tersebut berhasil diinstalasi dalam kurun waktu satu hari saja. Hal ini membuktikan kinerja cekatan, tepat, dan cepat dari tim Mertani sebagai bentuk profesionalitas dalam dunia kerja. Tuntasnya instalasi AWLR dan ARR menutup perjalanan tim Mertani pada Rabu, 12 Juni 2024. Keesokan harinya, tim Mertani melanjutkan kegiatan dengan sesi training bersama perusahaan mitra. Sesi training ini berlangsung pada Hari Kamis, tanggal 13 Juni 2024, dan dihadiri oleh beberapa perwakilan dari perusahaan mitra. Tim Mertani dengan telaten menjelaskan cara mengakses dashboard Mertani melalui PC. Dashboard ini berisi data-data akurat yang dihasilkan langsung dari kedua perangkat, yang digunakan sebagai bahan analisis. Setelah memahami cara mengakses dashboard, tim Mertani juga menunjukkan cara mengunduh data yang dihasilkan. Data tersebut dapat diunduh dalam format Excel atau CSV. Data-data ini dapat digunakan sebagai arsip monitoring perusahaan. Setelah sesi training atau pelatihan selesai, tim Mertani kembali pulang ke Yogyakarta.

AWLR dan AWS_Mertani
Potret Tim Mertani dan Perusahaan Mitra dalam Sesi Training (Sumber Pribadi)

Kesimpulannya, proyek instalasi perangkat Automatic Water Level Recorder (AWLR) dan Automatic Rainfall Recorder (ARR) yang dilaksanakan oleh tim Mertani di Pemekasan, Jawa Timur, berhasil dilakukan dengan sangat baik. Instalasi kedua perangkat yang lakukan di berbagai lokasi strategis menunjukkan langkah maju dalam meningkatkan efisiensi dan akurasi pengelolaan sumber daya air. Dengan memanfaatkan teknologi seperti yang sudah disampaikan di atas, tim Mertani mampu menyediakan data real-time yang akurat, yang sangat penting untuk mencegah banjir dan memastikan ketersediaan air selama musim kemarau. Keberhasilan ini tidak hanya membuktikan profesionalisme dan kompetensi teknis tim Mertani, tetapi juga memberikan kontribusi signifikan terhadap pengelolaan sumber daya alam yang lebih baik dan berkelanjutan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 

 


75 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page