top of page

Automatic Rainfall Recorder (ARR): Pengertian, Kelebihan, Fitur, dan Peran dalam Perkebunan

Updated: Apr 29, 2023


ARR - Mertani
Automatic Rainfall Recorder ( Sumber Pribadi )

Pengertian Automatic Rainfall Recorder


Automatic Rainfall Recorder (ARR) Mertani adalah suatu alat pengukur hujan otomatis yang dipasang pada kebun untuk memantau keadaan curah hujan bagi perkebunan. Perangkat ini dapat digunakan untuk membaca curah hujan secara otomatis dan akurat. Automatic Rainfall Recorder merupakan upgrade dari alat pembaca curah hujan yang masih manual. Hal ini yang membuat performa Automatic Rainfall Recorder menjadi lebih advance dari alat pengukur curah hujan yang lain.

Automatic Rainfall Recorder menyediakan solusi IoT untuk pencatatan dan pelaporan data curah hujan aktual pada lahan, tanpa perlu melakukan pengambilan data secara langsung di lapangan. Data curah hujan terdeteksi melalui metode tipping bucket, sehingga data akan langsung tampil pada dashboard. ARR dilengkapi dengan pemilihan koneksi pengiriman data yang lengkap seperti WiFi, Bluetooth, GSM, dan LoRa sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lapangan.

Penggunaan Automatic Rainfall Recorder dapat membantu petani dalam pemantauan keadaan lahan saat terjadi hujan, selesai hujan, dan ketika tidak turun hujan sama sekali. Perangkat ini dapat membantu kita untuk terus memantau tingkat kelembapan udara. Kelembapan udara yang tinggi, memicu perkembangan penyakit dan permasalahan pada tanaman, sehingga dapat menghambat perkembangan dan hasil panen dari produk perkebunan.

Dalam pengelolaan tanaman, kita memerlukan nutrisi yang begitu penting dari segi apapun. Manajemen air terhadap perkebunan, membantu petani dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya air, sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Hal ini dapat meningkatkan ketersediaan air bagi tanaman, ketika kita dapat memanajemen air dengan baik, sehingga bisa mendukung pertumbuhan dan produksi yang optimal.


Kelebihan Automatic Rainfall Recorder

ARR-Mertani
Automatic Rainfall Recorder ( Sumber Pribadi )

Sebagai perangkat pengukur curah hujan yang memiliki tingkat keakuratan tinggi, Automatic Rainfall Recorder memiliki berbagai kelebihan di antaranya:


  1. Tingkat akurasi pengukuran tinggi. Automatic Rainfall Recorder dapat mengukur curah hujan dengan akurat. Hal ini karena Automatic Rainfall Recorder tersedia dengan kelengkapan sensor IoT yang canggih, penggunaannya pun dapat dilakukan secara mudah sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan hasil pengukuran.

  2. Kemudahan penggunaan. Automatic Rainfall Recorder memiliki kemudahan dalam penggunaan dan cara kerja, hal ini mendukung perkembangan teknologi pada sektor pertanian dengan mengandalkan perangkat yang sederhana.

  3. Menghemat waktu. Pengukuran data curah hujan menggunakan Automatic rainfall Recorder dilakukan secara otomatis, sehingga para petani tidak perlu mendatangi lahan setiap pagi hanya untuk merekam data curah hujan.

  4. Data terekam otomatis. Automatic Rainfall Recorder yang terpasang di lahan perkebunan akan merekam data curah hujan secara otomatis. Data tersebut kemudian akan tersimpan pada server dan dikirim kepada pihak kebun. Data hasil pengukuran curah hujan dapat diunduh melalui excel ataupun format csv, untuk memudahkan petani dalam mengambil keputusan.

  5. Access anytime & anywhere. Automatic Rainfall Recorder dapat diakses kapan saja dan di mana saja menggunakan smartphone. Data yang direkam oleh perangkat ARR, diambil secara langsung dan real-time, bahkan data yang sudah diambil oleh perangkat ARR akan terkirim setiap jam kepada petani.

ARR-Mertani
Automatic Rainfall Recorder ( Sumber Pribadi )

Fitur Automatic Rainfall Recorder

Perangkat Automatic Rainfall Recorder dilengkapi dengan berbagai fitur yang memiliki fungsi tersendiri. Berikut adalah fitur-fitur yang ada pada Automatic Rainfall Recorder.


  • Hardware Sensor. Automatic Rainfall Recorder dilengkapi dengan berbagai sensor yang menjadi media pengukuran, seperti Ultra Low Power MCU; Resolution 0,2 mm; Acccuracy (2mm/min); Main material ABS; Operates from 2,7-5,5 V; Internal memory 16 MB; External Micro SD data logger (up to 128 MB), dan Weather Resistant (IP67).

  • Konektivitas. Penggunaan ARR disesuaikan dengan berbagai koneksi, seperti GSM (2G, 3G, and 4G), WiFi and Bluetooth Low Energy (BLE), LoRa 921-923 MHz, dan GPS/ GLONASS/ GALILEO.

  • Pengukuran. Automatic Rainfall Recorder mengukur data curah hujan secara real-time, pengukuran dilakukan per menit, per jam, per hari, per bulan, hingga per tahun.

  • ARR Power. Perangkat Automatic Rainfall Recorder memiliki internal battery 10.000 mAh, solar panel 10 watt, dan external power supply 5V.


Peran ARR dalam Perkebunan

Penggunaan ARR dalam perkebunan membantu pekerjaan para petani dalam meningkatkan produktivitas perkebunan. ARR membantu dalam pemantauan keadaan curah hujan dalam jangka waktu yang panjang. Melalui pemantauan data curah hujan yang tepat, petani dapat mengambil keputusan untuk memanajamen tanaman dengan lebih baik. Berikut kami jelaskan peran Automatic Rainfall Recorder pada perkebunan.


  1. Menentukan waktu penyiraman. Data curah hujan yang terukur oleh Automatic Rainfall Recorder dapat digunakan untuk membantu petani dalam menentukan waktu penyiraman yang tepat.

  2. Menentukan waktu panen. Selain digunakan untuk menentukan waktu penyiraman, data curah hujan yang didapatkan dari pengukuran oleh Automatic Rainfall Recorder, membantu petani untuk menentukan waktu panen yang sesuai dengan target.

  3. Meningkatkan produksi tanaman. Melalui pengukuran yang sudah didapatkan dari Automatic Rainfall Recorder, petani dapat menggunakan panduan data tersebut untuk mengoptimalkan produksi tanaman.

  4. Menentukan proses dan waktu pemupukan. Automatic Rainfall Recorder membantu petani untuk memantau curah hujan yang bermanfaat sebagai nutrisi pada tanaman. Hal ini membuat petani dapat menentukan metode yang perlu digunakan ketika melakukan pemupukan pada tanaman, selain itu petani juga dapat dengan mudah memutuskan kapan waktu yang tepat untuk melakukan pemupukan, tanpa menimbulkan kerugian dan sedikit risiko.

Automatic Rainfall Recorder menjadi pilihan para petani karena alat tersebut memiliki performa tinggi. ARR dapat digunakan untuk membantu pengelolaan perkebunan dengan mengukur curah hujan dalam periode waktu yang tidak terbatas. Nah, itulah penjelasan mengenai Automatic Rainfall Recorder. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:


396 views1 comment
WhatsApp
bottom of page