top of page

Wawasan Tentang Cara Kerja Internet of Things pada AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani


IoT-Mertani
Sumber: ( einfochips.com )

IoT merujuk pada jaringan perangkat yang terhubung secara online dan dapat saling berkomunikasi untuk bertukar data. Konsep dasar IoT melibatkan penggunaan sensor dan perangkat kecil yang terhubung ke internet, memungkinkan pengumpulan dan pertukaran informasi secara otomatis. Internet of Things (IoT) telah menjadi kecenderungan yang mengubah cara interaksi dari pengguna dengan lingkungan sekitar. IoT berperan dalam memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam kehidupan sehari-hari. IoT menjadi salah satu unsur penting dari rumah pintar yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan yang signifikan. Internet of Things juga telah mengalami perkembangan pesat di berbagai sektor, termasuk industri, pertanian, kesehatan, transportasi, dan lingkungan. Seperti peran IoT dalam bidang pemantauan tinggi permukaan air. AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani memanfaatkan konsep IoT untuk membantu memantau dan mengukur tinggi permukaan air secara otomatis. Penerapan IoT dalam pemantauan tinggi permukaan air seperti AWLR Mertani membuka potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pengukuran. Nah, pada artikel Mertani kali ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara kerja Internet of Things pada AWLR.


Pengertian AWLR dan Manfaat AWLR

AWLR-Mertani
Automatic Water Level Recorder ( Sumber Pribadi )

AWLR Mertani merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membantu pengguna dalam memantau dan mencatat tinggi permukaan air secara otomatis. AWLR dapat mengukur Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) dan Tinggi Muka Air Sungai (TMAS) secara otomatis dan lebih akurat. Tujuan utama dari penggunaan AWLR adalah untuk menggantikan metode manual yang membutuhkan pengukuran secara langsung. Secara umum, AWLR terdiri dari sensor tinggi permukaan air, unit pengukuran, dan modul komunikasi. Sensor ultrasonik mendeteksi tinggi air dan mengirimkan informasi ke unit pengukuran yang kemudian mengirimkan data melalui modul komunikasi yang terhubung ke jaringan IoT.

Penggunaan AWLR Mertani secara umum dalam pemantauan tinggi permukaan air adalah sebagai berikut.

1. AWLR Mertani melakukan pengukuran terhadap tinggi muka air dengan konsisten dan akurat, pengukuran tersebut dilakukan secara otomatis oleh perangkat yang tersusun dari teknologi IoT.

2. Pemantauan tinggi permukaan air didapatkan secara real-time, dan dapat diakses dari manapun dan kapanpun oleh pengguna melalui platform resmi Mertani yang ada di smartphone.

3. Pemantauan dan pengukuran tinggi permukaan air dilakukan secara otomatis oleh perangkat AWLR, sehingga mengurangi keterlibatan petugas lapangan dalam pengukuran secara manual.

4. Data yang didapatkan dari pemantauan oleh AWLR merupakan data yang akurat dan didapatkan secara langsung melalui platform, sehingga meningkatkan efisiensi pengumpulan data.


Cara Kerja Internet of Things pada AWLR

iot-Mertani
Sumber: ( niaitsolutionspvtltd.com )

Melalui konsep Internet of Things, AWLR dapat terhubung ke internet dan mengumpulkan data dengan mudah untuk diakses dan dianalisis melalui jaringan online. IoT memberikan kemudahan dalam penggunaan perangkat AWLR, berikut adalah cara kerja dari IoT pada AWLR.


Pengumpulan data tinggi permukaan air secara otomatis

AWLR secara otomatis mengumpulkan data tinggi permukaan air melalui sensor yang sudah terpasang. Sensor ultrasonik dapat mendeteksi perubahan tinggi air dan mengirimkan data ke unit pengukuran.


Pengiriman data melalui jaringan IoT

Data yang dikumpulkan oleh AWLR dikirimkan melalui modul komunikasi yang terhubung ke jaringan IoT. Data yang sudah dikumpulkan dapat diakses melalui aplikasi atau platform online dan kemudian bisa dilakukan proses pengolahan data.


Pemantauan dan analisis data tinggi permukaan air secara real-time

Data tinggi permukaan air yang dikumpulkan oleh AWLR dapat dipantau secara real-time kapanpun dan di manapun melalui aplikasi pada smartphone maupun PC. Data yang sudah dianalisis dan diolah kemudian menjadi salah satu parameter untuk mengidentifikasi permasalahan dan pola dalam pengambilan keputusan.


Penerapan IoT pada AWLR di Sektor Pertanian dan Perkebunan

AWLR-Mertani
Automatic Water Level Recorder ( Sumber Pribadi )

Penerapan IoT pada AWLR telah membawa perubahan signifikan di berbagai sektor, seperti sektor pertanian. Berikut adalah studi kasus mengenai AWLR yang telah diterapkan untuk memantau tinggi permukaan air di sektor pertanian.


1. Penggunaan AWLR untuk pemantauan tinggi permukaan air di lahan gambut

Pada sektor perkebunan, AWLR yang terhubung dengan teknologi IoT dapat digunakan untuk memantau tinggi permukaan air di lahan gambut. Lahan gambut memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis tanah lain, sehingga diperlukan pengelolaan air yang baik di lahan tersebut. Penggunaan AWLR dapat mengukur tinggi muka air tanah pada lahan gambut, untuk menjaga keseimbangan ekologi dan hidrologi.


2. Penggunaan AWLR untuk pemantauan tinggi muka air sungai

Air yang digunakan untuk sektor perkebunan sebagian besar diambil dari sumber air tertentu, seperti sungai atau bendungan. Kelebihan penggunaan air dalam perkebunan atau pertanian dapat memberikan dampak buruk bagi pertumbuhan tanaman. Petani perlu mengelola penggunaan air untuk menjaga produktivitas dari hasil pertanian. Untuk mencegah terjadinya peluapan dari air sungai maupun bendungan, perlu adanya AWLR untuk mengukur tinggi muka air sungai. Penggunaan AWLR dalam pemantauan tinggi muka air sungai membantu petani dalam menjaga keseimbangan penggunaan air dalam perkebunan.

Penerapan Internet of Things (IoT) pada AWLR (Automatic Water Level Recorder) membawa manfaat besar dalam pemantauan tinggi permukaan air. Dengan kemampuan pengumpulan data otomatis, pengiriman melalui jaringan IoT, dan pemantauan real-time, AWLR yang terhubung dengan IoT meningkatkan efisiensi, akurasi, dan pengambilan keputusan yang lebih tepat. Melalui penerapan yang baik, AWLR yang terhubung dengan IoT dapat mendukung berbagai sektor, termasuk sektor pertanian, dan membawa dampak positif dalam pengelolaan sumber daya air dan lingkungan. Nah, itulah penjelasan mengenai teknologi IoT yang digunakan dalam AWLR Mertani untuk membantu dalam meningkatkan efisiensi lingkungan, semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu pertanian dan perkebunan dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

YouTube: mertani official

Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial


Sumber:

https://aws.amazon.com/id/what-is/iot/

https://www.mertani.co.id/automatic-water-level-recorder

https://www.mertani.co.id/post/automatic-water-level-recorder-awlr-mertani-pada-perkebunan


#IoTpertanian #AWLRcerdas #PertanianberbasisIoT #AWLR #WaterLevelRecorder #Efisiensipenggunaanair #Produktivitaspertanian #Irigasiterkini #Monitoringairotomatis #Teknologipertanian #Pertaniandigital #Inovasipertanian


52 views1 comment
WhatsApp
bottom of page