top of page

Manfaat WQMS (Water Quality Monitoring System) Mertani

Updated: Dec 19, 2023



proteus - Mertani
Proteus Water Sensor

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang paling penting bagi kehidupan manusia. Air digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari kebutuhan sehari-hari, seperti minum, mandi, dan memasak, hingga keperluan industri dan pertanian. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa air yang digunakan aman dan memenuhi standar kualitas. Untuk memastikan kualitas air, diperlukan pemantauan yang rutin dan akurat. Pemantauan kualitas air dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan Water Quality Monitoring System (WQMS). WQMS adalah sistem yang digunakan untuk mengumpulkan, mengukur, dan menganalisis data kualitas air secara otomatis dan real-time.


Pengertian WQMS.

WQMS (Water Quality Monitoring System) Mertani adalah perangkat yang dapat melakukan pemantauan kualitas air di lingkungan sekitar. Pemantauan kualitas air oleh Water Quality Monitoring System bekerja secara otomatis, dengan bantuan perangkat sensor dan teknologi IoT. Water Quality Monitoring System menjadi solusi modern untuk permasalahan yang sering terjadi di sebagian besar masyarakat. Sistem ini dilengkapi dengan sensor canggih untuk membantu dalam perekaman data dan pengiriman ke perangkat. Data yang sudah tersampaikan ke perangkat dapat mengatur kualitas air secara otomatis. Selain itu, Water Quality Monitoring System dapat membantu masyarakat dalam menjaga kebersihan air, untuk kemudian digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

WQMS memiliki berbagai manfaat, baik untuk kepentingan individu, industri, maupun lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat WQMS sebagai alat pemantau kualitas air di berbagai sektor:


Manfaat WQMS untuk Individu

WQMS - Mertani
Mertani Data Logger (Sumber Pribadi)

WQMS dapat dimanfaatkan oleh individu untuk memastikan kualitas air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan WQMS, individu dapat mengetahui apakah air yang digunakan sudah memenuhi standar kualitas, seperti pH, suhu, dan kekeruhan.

WQMS juga dapat digunakan untuk memantau kualitas air di rumah, seperti air sumur, air tangki air, dan air keran. Dengan memantau kualitas air secara rutin, individu dapat mencegah terjadinya gangguan kesehatan akibat mengkonsumsi air yang tidak berkualitas.


Manfaat WQMS untuk Industri

WQMS juga dapat dimanfaatkan oleh industri untuk memastikan kualitas air yang digunakan dalam proses produksi. Air yang digunakan dalam proses produksi harus memenuhi standar kualitas tertentu agar tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi pekerja dan konsumen.

WQMS dapat digunakan untuk mengukur berbagai parameter kualitas air, seperti pH, suhu, kekeruhan, dan kandungan zat pencemar. Dengan menggunakan WQMS, industri dapat memastikan bahwa air yang digunakan dalam proses produksi memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.


Manfaat WQMS untuk Lingkungan

WQMS juga dapat dimanfaatkan oleh pemerintah dan lembaga lingkungan untuk memantau kualitas air di lingkungan. Kualitas air di lingkungan harus dijaga agar tetap baik untuk mendukung kehidupan biota air dan mencegah terjadinya pencemaran.

WQMS dapat digunakan untuk mengukur berbagai parameter kualitas air, seperti pH, suhu, kekeruhan, dan kandungan zat pencemar. Dengan menggunakan WQMS, pemerintah dan lembaga lingkungan dapat memantau kualitas air di lingkungan secara rutin dan akurat.


Berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan WQMS untuk lingkungan:

  • Melakukan pemantauan kualitas air sungai untuk mencegah terjadinya pencemaran.

  • Melakukan pemantauan kualitas air laut untuk mendukung ekosistem laut.

  • Melakukan pemantauan kualitas air danau untuk mendukung pariwisata.

Implementasi WQMS

WQMS - Mertani
WQMS Onlimo Mertani (Sumber Pribadi)

WQMS Mertani dapat diimplementasikan di berbagai kondisi dan lokasi. Seperti penerapannya, WQMS Mertani bisa dipasang pada lokasi seperti bendungan, sungai, dan danau. Penerapan WQMS ini membantu masyarakat dalam pemantauan kualitas air yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Dalam kasus ini, perindustrian memerlukan WQMS Mertani dalam menjaga kualitas air supaya tetap bersih dan memiliki kualitas yang sesuai untuk penggunaan produk tertentu. Pada industri pertanian dan peternakan juga diperlukan kualitas air yang bersih dan sehat, supaya produk yang dihasilkan sesuai dengan permintaan. Pada kondisi tertentu, kualitas air yang baik diperlukan untuk memenuhi berbagai kebutuhan dari masyarakat. Kualitas air yang baik menjanjikan kesehatan dan kondisi yang membuat masyarakat menjadi lebih produktif.


Kesimpulan

WQMS merupakan alat yang sangat bermanfaat untuk pemantauan kualitas air di berbagai sektor. WQMS dapat digunakan untuk memastikan kualitas air yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari, industri, maupun lingkungan. Pentingnya sistem pemantauan kualitas air dalam pertanian, perkebunan, dan industri tidak dapat diabaikan. Dengan implementasi teknologi canggih, sektor-sektor ini dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi dampak lingkungan, dan berkontribusi pada keberlanjutan global. Melalui upaya bersama antara pemerintah, industri, dan masyarakat, kita dapat memastikan bahwa sumber daya air yang kita miliki digunakan secara bijaksana untuk mendukung kebutuhan sekarang dan generasi yang akan datang. Dengan memanfaatkan WQMS, kita dapat menjaga kualitas air agar tetap baik dan bermanfaat bagi kehidupan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani


Sumber:



35 views0 comments
WhatsApp
bottom of page