top of page

Implementasi Automatic Weather Station di Kota Malang, Jawa Timur

Updated: Jul 8


Automatic Weather Station Custom_Mertani
Sumber Pribadi

Dalam industri pembuatan roti dan produk fermentasi lainnya, ragi memegang peranan penting sebagai agen pengembang yang memberikan tekstur dan rasa yang khas. Ragi adalah mikroorganisme yang sangat sensitif terhadap kondisi lingkungannya, terutama suhu dan kelembapan udara. Pengukuran dan pengendalian kedua parameter ini menjadi krusial untuk memastikan kualitas dan konsistensi produksi ragi. Suhu dan kelembapan udara mempengaruhi laju pertumbuhan dan aktivitas metabolik ragi. Pada suhu yang ideal, ragi dapat berkembang biak dengan optimal, menghasilkan gas karbondioksida yang diperlukan untuk mengembangkan adonan roti. Suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menghambat pertumbuhan ragi, mengurangi aktivitasnya, atau bahkan mematikannya. Begitu pula dengan kelembapan udara, kelembapan yang terlalu rendah dapat menyebabkan ragi mengering dan tidak aktif, sementara kelembapan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang tidak diinginkan. Dengan menggunakan alat pengukur suhu dan kelembapan udara, seperti Automatic Weather Station (AWS), produsen dapat memantau kondisi lingkungan di sekitar area produksi ragi secara real-time.

Data yang diperoleh dari sensor-sensor ini memungkinkan produsen untuk melakukan penyesuaian yang diperlukan guna menjaga kondisi ideal bagi pertumbuhan ragi. Misalnya, jika suhu mulai naik di atas ambang batas yang ditentukan, sistem pendingin dapat diaktifkan untuk menurunkannya kembali ke tingkat yang optimal. Begitu juga, jika kelembapan udara terlalu rendah, humidifier dapat digunakan untuk meningkatkan kelembapan ke tingkat yang sesuai. Kontrol yang tepat terhadap suhu dan kelembapan udara tidak hanya memastikan pertumbuhan ragi yang optimal tetapi juga membantu dalam menjaga kualitas dan keamanan produk akhir. Dengan kondisi lingkungan yang terjaga, ragi dapat berfungsi dengan efisien, menghasilkan produk yang konsisten dengan rasa dan tekstur yang diinginkan oleh konsumen. Oleh karena itu, pengukuran suhu dan kelembapan udara merupakan aspek yang sangat penting dalam proses produksi ragi. Dengan teknologi pengukuran yang tepat, produsen dapat memastikan bahwa setiap batch ragi diproduksi dalam kondisi yang ideal, menghasilkan produk berkualitas tinggi yang memenuhi standar industri dan kepuasan konsumen.

Automatic Weather Station Custom_MErtani
Sumber Pribadi

Instalasi Automatic Weather Station (AWS) Custom Mertani dan Kendalanya

Perusahaan Mertani baru-baru ini telah berhasil melakukan instalasi perangkat canggih di Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pada tanggal 11 Juni 2024, Mertani menginstalasi Automatic Weather Station (AWS) di salah satu pabrik ragi terkemuka yang berlokasi di Kota Malang. Perangkat Automatic Weather Station Custom yang dipasang dilengkapi dengan dua jenis sensor, yaitu Sensor Rainfall dan Sensor 5 in 1. Sensor-sensor ini dirancang khusus untuk mengukur berbagai parameter lingkungan yang kritis, meliputi curah hujan, kecepatan angin, arah mata angin, tekanan udara, kelembapan udara, dan temperatur. Semua parameter ini sangat krusial untuk dipantau, terutama di area produksi ragi, mengingat pentingnya kondisi lingkungan yang tepat bagi proses fermentasi. Tim Mertani melakukan proses intalasi perangkat AWS ini dengan didampingi oleh perusahaan mitra. Menunjukkan wujud kerja sama yang solid antar kedunya dalam mencapai tujuan bersama, yakni perangkat AWS tersebut dapat berfungsi dengan baik nantinya.

 

Tujuan Utama Instalasi Perangkat AWS

Tujuan utama dari pemasangan perangkat AWS ini adalah untuk memantau kondisi lingkungan di sekitar lokasi produksi ragi secara akurat dan real-time. Selain itu, sensor curah hujan atau sensor rainfall yang terpasang mempengaruhi volume air di bak penampung limbah ragi, semakin bayak air limbah mempengaruhi treatment terhadap limbahnya. Ragi, sebagai mikroorganisme yang sangat sensitif, memerlukan kondisi lingkungan yang tepat agar dapat berkembang biak dengan optimal. Parameter seperti kelembapan udara, tekanan udara, dan suhu udara sangat berpengaruh terhadap kualitas akhir ragi yang dihasilkan. Dengan pemantauan yang tepat dan terus-menerus, pabrik dapat memastikan bahwa ragi tumbuh dalam kondisi yang ideal, sehingga menghasilkan produk akhir dengan kualitas tinggi, rasa yang lezat, dan tekstur yang baik. Selain itu, dengan adanya data yang akurat dan real-time dari AWS, pabrik roti dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan secara cepat untuk menjaga kondisi lingkungan yang optimal.

Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi tetapi juga memastikan bahwa setiap batch ragi diproduksi dengan konsistensi yang tinggi, sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan. Dengan demikian, pemasangan AWS ini merupakan investasi penting yang mendukung proses produksi ragi yang unggul, yang pada akhirnya berkontribusi pada kepuasan konsumen dan reputasi pabrik roti sebagai produsen produk berkualitas tinggi. Proses instalasi perangkat AWS berakhir pada sore hari yang dilanjutkan dengan sesi training atau pelatihanuntuk perusahaan mitra mengenai cara mengakses dan menggunakan data yang dihasilkan AWS di dahsboard Mertani dan aplikasi Mertani mobile Data ini berbentuk grafik dan nantinya akan dijadikan bahan analisis bagi perusahaan mitra untuk mengambil keputusan di masa yang akan datang.

Automatic Weather Station Custom_Mertani
Sumber Pribadi

Kesimpulannya, pengukuran dan pengendalian suhu serta kelembapan udara adalah aspek krusial dalam produksi ragi yang berkualitas tinggi. Ragi, sebagai mikroorganisme yang sensitif terhadap kondisi lingkungan, memerlukan suhu dan kelembapan yang tepat untuk berkembang biak dan berfungsi optimal. Dengan menggunakan teknologi seperti Automatic Weather Station (AWS), produsen dapat memantau dan menyesuaikan kondisi lingkungan secara real-time, memastikan bahwa ragi tumbuh dalam lingkungan yang ideal. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi produksi tetapi juga menjaga konsistensi, kualitas, dan keamanan produk akhir, yang pada akhirnya meningkatkan kepuasan konsumen dan standar industri. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id

Instagram: @mertani_indonesia 

Linkedin : PT Mertani

Tiktok : mertaniofficial 

 

69 views0 comments

Comments


WhatsApp
bottom of page