• Mertani Official

Automatic Weather Station Mertani Pemantau Kondisi Iklim Mikro Lapangan

Istilah Weather Station cukup dikenal oleh masyarakat luas sebagai suatu tempat yang menyediakan peralatan pengukuran beserta data iklim dan cuaca secara aktual dan akurat. Hingga saat ini, weather station dikembangkan sebagai sebuah "alat" yang dapat digunakan untuk melakukan pengukuran data dan pemantauan iklim dan cuaca secara langsung. Kemudian dikenal dengan nama AWS (Automatic Weather Station).

Automatic Weather Station merupakan suatu stasiun pemantauan iklim mikro yang menyiarkan pengukuran tekanan atmosfer, suhu, kelembaban relatif, arah angin, kecepatan angin, dan curah hujan dalam waktu lama dan susai dengan jadwal tertentu. Dirancang untuk operasi di daerah terpencil dengan minim pemeliharaan (Wood, 1946).

Jenis AWS pun bermacam-macam, disesuaikan dengan tipe dan banyaknya sensor yang digunakan. Namun sangat disayangkan, saat ini, banyak dari AWS yang terlalu spesifik terhadap suatu kondisi sehingga tidak dapat digunakan secara fleksibel di lokasi-lokasi tertentu.


Automatic Weather Station Mertani

Banyak dari AWS yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang sama, namun Mertani memiliki perbedaan keunggulan yang tidak dimiliki AWS lain pada umumnya. Berikut rinciannya :

  • Spesifikasi Hardware : Ultra Low Power MCU; Operational temperature -40oC to ±65oC (-40oF to ±149oF): : Weather Resistant (IP67); Internal data storage up to 2 GB (full and recycled);

  • Koneksi : GSM (2G & NB IoT): LoRaWAN (920-923 MHz): GPS

  • Pengukuran : jam, hari, bulan tahun

  • Power : Internal battery 10.000 mAh; Solar panel; Stay on without solar charging up to 2 weeks

Deskripsi lengkap dapat dilihat pada Katalog Produk (click to download).


AWS Mertani dapat digunakan untuk kebutuhan pengambilan data analisis pengukuran evapotranspirasi, pencegahan hama dan penyakit tanaman, efisiensi irigasi, pemupukan, aplikasi pestisida, forcing, dan meningkatkan kualitas hasil panen.


Kemudahan dalam pemilihan sensor kelebihan AWS Mertani untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pengambilan data. Dengan Control Box khusus yang Mertani desain untuk dapat sangat fleksibel dalam pemilihan berbagai sensor diantaranya, sensor suhu, kelembapan, dan tekanan, sensor kecepatan angin dan arah angin, sensor curah hujan, sensor UV dan radiasi, dan sensor tanah (pH, kelembapan, dan suhu). Kemudahan dalam pemilihan konektivitas pengiriman data juga menjadi keunggulan AWS Mertani dengan menyediakan berbagai koneksi diantaranya dapat melalui WiFi, bluethooth, GSM, dan LoRaWAN.



Dapat disesuikan dengan kebutuhan, AWS Mertani dikategorikan dalam 4 (empat) tipe AWS dengan fleksibilitas penggunaan sensor yang tinggi.

Tipe AWS Mertani
Tipe AWS Mertani

Referensi :


Wood, L.E. 1946. Automatic Weather Station. Journal of the Atmospheric Science. American Meteorological Society. Volume 3 : Issue 4 (115-121).



Your Plantation Is In A Good Hand

#aws #weatherstation #iot #iklim #cuaca #curahhujan #treatyourplantationdatabetter

+62 274 2823880

www.mertani.co.id

PT Merapi Tani Instrumen (Mertani)



12 views0 comments