top of page

Mengenal AWLR Mertani: Solusi Cerdas Pemantauan Tinggi Air Tanah dan Saluran


Instalasi Automatic Water Level Recorder (mertani.co.id)

Muka air merupakan aspek penting dalam pengelolaan air. Terdapat dua jenis muka air yang dapat diukur, yaitu tinggi muka air tanah (TMAT) yang merupakan ketinggian air di dalam tanah dan tinggi muka air saluran (TMAS) yang merupakan ketinggian air yang berada di saluran air seperti sungai, danau, dan kanal. Pengukuran tinggi muka air tanah dapat memberikan informasi tentang potensi kebakaran, risiko kekeringan, ketersediaan air di bawah tanah, dan risiko intrusi air laut di daerah pesisir. Pengukuran tinggi muka air saluran dapat memberikan informasi terhadap potensi banjir terutama di musim hujan. Informasi yang diberikan dapat menghindarkan dari kerugian yang besar bagi pemerintah maupun individu.

Pengukuran dan pemantauan muka air secara berkala diperlukan untuk mengelola sumber daya air secara efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu manual dan otomatis. Pengukuran secara manual dapat menggunakan batang pengukur. Akan tetapi, pengukuran tinggi muka air secara manual membutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak dan waktu yang cukup lama. Sedangkan untuk pengukuran tinggi muka air otomatis dapat menggunakan Automatic Water Level Recorder yang dapat mengukur ketinggian air secara otomatis, efisien, dan akurat. Oleh karena itu, Automatic Water Level Recorder  menjadi pilihan yang efektif untuk mengukur ketinggian air secara akurat tanpa perlu campur tangan manusia. Artikel ini akan membahas tentang Automatic Water Level Recorder (AWLR), mulai dari pemahaman dasar, cara kerja, komponen-komponen AWLR Mertani, dan manfaat nyata yang dapat diberikan kepada pengguna AWLR.


Apa itu Automatic Water Level Recorder (AWLR)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) adalah perangkat yang berfungsi untuk memantau, mengukur, dan merekam tinggi muka air pada tanah, sungai, danau, atau aliran irigasi dengan otomatis. AWLR dapat dimanfaatkan beberapa bidang, yaitu peternakan, pertanian, perikanan, pemantauan bencana, dan industri. Cara kerja dari AWLR Mertani adalah dengan memanfaatkan sensor yang terpasang di suatu titik lokasi aliran air atau di permukaan air seperti danau atau waduk. Perangkat AWLR dilengkapi dengan sensor yang sensitif yang dapat merekam data ketinggian air muka pada interval tertentu. AWLR memiliki fitur Internet of Things (IoT) untuk mengirimkan data secara otomatis dan real-time kepada pengguna untuk memudahkan pemantauan serta pengambilan keputusan secara cepat dan akurat.


Komponen-Komponen AWLR Mertani

AWLR Mertani dilengkapi dengan berbagai komponen, mulai dari sensor, hardware, konektivitas, CCTV, dan power. Tipe water level sensor yang digunakan pada AWLR, yaitu submersible, ultrasonik, dan radar. Sensor pada AWLR dapat mengukur tinggi muka air secara terus-menerus dan real-time. Sensor AWLR dapat menjangkau kedalaman muka air hingga 5 meter, 10 meter, dan 20 meter sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Akurasi dari pengukuran menggunakan sensor memiliki resolusi 3 mm atau 0.1%FS.

Pada bagian hardware, AWLR berdaya ultra rendah berdasarkan cortex M3. AWLR beroperasi pada 2.7 V hingga 5.5 V, dan memiliki rentang suhu operasional mulai dari 0°C hingga +85°C. AWLR Mertani memiliki internal memori sebesar 16 MB dan memori industri dapat ditingkatkan sampai 256 MB. Selain itu, AWLR Mertani juga tahan terhadap cuaca sehingga memudahkan pemasangan dan perawatan pada berbagai lokasi.

Perangkat AWLR memiliki berbagai konektivitas yang dapat memudahkan pengguna untuk menerima data serta melacak perangkat.  AWLR dilengkapi dengan GSM (2G, 3G, dan 4G), WiFi, Bluetooth Low Energy (BLE), dan teknologi LoRa untuk menerima data dan mengirimkan data ke cloud. Selain itu, AWLR memiliki fitur pelacak menggunakan teknologi GPS/GLONASS/GALILEO. Perangkat AWLR Mertani dilengkapi dengan internal battery serta solar panel sehingga perangkat dapat menyala setiap saat.

Data logger Mertani (mertani.co.id)

Fungsi Utama AWLR Mertani

AWLR memiliki dua fungsi utama, yaitu pemantauan  tinggi muka air di sungai, danau, atau reservoir secara terus-menerus serta sebagai alat bantu dalam mitigasi risiko bencana terkait air. Dengan menggunakan sensor yang sensitif untuk mengukur perubahan ketinggian air, AWLR dapat merekam data secara akurat dalam interval waktu tertentu sehingga dapat digunakan untuk pemantauan banjir, menganut sumber daya air, perencanaan irigasi, dan penelitian lingkungan. 

Manfaat Automatic Water Level Recorder (AWLR)

Automatic Water Level Recorder (AWLR) memiliki manfaat di berbagai sektor. Berikut beberapa manfaat dari pemantauan muka air tanah dan pemantauan muka air saluran

  • Pengelolaan Sumber Daya Air: Pemantauan tinggi muka air tanah dan tinggi muka air saluran yang akurat dan terus-menerus oleh AWLR Mertani, dapat membantu pengelolaan sumber daya air secara efisien. Selain itu, data yang didapatkan dapat digunakan untuk pengelolaan air yang lebih baik, seperti distribusi dan pengaturan irigasi yang efisien. Contohnya adalah penggunaan AWLR Mertani di lahan seperti perkebunan kelapa sawit, membantu petugas perusahaan dalam mengetahui tanah yang memiliki nutrisi dengan porsi air yang cukup untuk pertumbuhan kelapa sawit

  • Pencegahan Bencana Banjir: Pemantauan tinggi muka air tanah dan air saluran dapat berperan dalam pencegahan bencana banjir. Dengan pemantauan secara real-time, AWLR Mertani dapat memberikan peringatan dini jika tinggi muka air tanah atau tinggi muka air sungai melebihi ambang batas aman sehingga dapat dilakukan tindakan preventif dengan cepat, efektif, dan efisien

  • Pemantauan Kualitas Air: Tinggi muka air tanah dapat memengaruhi kualitas air tanah dan hubungannya dengan perubahan kualitas air. Ini dapat membantu pengambilan keputusan yang tepat untuk perlindungan sumber daya air.

 


Automatic Water Level Recorder Mertani memberikan berbagai kemudahan bagi pengguna, serta memberikan data yang akurat untuk pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, pemantauan bencana, maupun industri. Hal ini dapat memudahkan pengguna dalam pemantauan maupun pengambilan keputusan secara efisien dan akurat. Itulah penjelasan mengenai Automatic Water Level Recorder (AWLR). Semoga bermanfaat! Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani

 

Sumber :


 

#AWLR  

67 tampilan0 komentar

Comments


WhatsApp
bottom of page