top of page

Manfaat Penggunaan Automatic Water Level Recorder Mertani dalam Pemantauan Tinggi Muka Air


AWLR Mertani
Automatic Water Level Recorder Mertani (sumber : mertani.co.id)

Kondisi cuaca dan iklim yang berubah-ubah merupakan hal yang patut diwaspadai oleh masyarakat. Curah hujan dan fenomena alam seperti El Nino dan La Nina memiliki pengaruh besar dalam distribusi kuantitas serta kualitas air tanah dan saluran. Banyaknya volume air tanah dan saluran dapat diketahui dengan melakukan pemantauan Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) dan Tinggi Muka Air Saluran (TMAS). Dalam manajemen sumber daya air, terutama sektor pertanian dan pengelolaan lingkungan, pemantauan tinggi muka air telah menjadi hal krusial hingga saat ini. Pengukuran yang tepat dan terus-menerus terhadap tinggi muka air sangat penting untuk berbagai keperluan seperti irigasi, manajemen banjir, kesehatan lingkungan, dan pemantauan efek perubahan iklim. Dalam menghadapi permasalahan ini, Mertani hadir untuk memberikan solusi berupa teknologi terkini yang memudahkan pemantauan tinggi muka air tanah berupa AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani. AWLR Mertani adalah solusi modern yang memungkinkan pengukuran otomatis dan akurat terhadap perubahan tinggi muka air. Dengan memanfaatkan teknologi sensor yang canggih, alat ini dapat mengukur dan merekam data secara terus-menerus tanpa memerlukan pengawasan langsung.  Dalam artikel ini, Mertani akan membahas lebih lanjut manfaat dari penggunaan AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani dalam pemantauan tinggi muka air, meliputi keandalan pengukuran, kemudahan instalasi, dan kontribusinya pada pengelolaan sumber daya air.


Keandalan Pengukuran Tinggi Muka Air

Salah satu manfaat utama dari penggunaan AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani adalah keandalan hasil pengukuran tinggi muka air. Perangkat ini dilengkapi dengan sensor yang canggih dan sistem pengukuran yang akurat. Adapun sebelum perangkat diserahkan kepada pengguna, tim Mertani juga selalu melakukan kalibrasi terlebih dahulu. Selain itu, dalam jangka waktu tertentu terdapat pengecekan ulang keakuratan AWLR Mertani oleh tim Mertani sehingga keakuratan dan keandalan tetap terjamin. Oleh karena itu, data yang dihasilkan oleh AWLR Mertani dapat dipercaya dan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan terkait pengelolaan air dan pertanian. 


Pemantauan secara Real-Time

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani juga menghasilkan data secara real-time. Data yang terekam akan dikirimkan secara langsung menggunakan sinyal yang terhubung ke perangkat AWLR Mertani. Kemudian, data tersebut dapat dipantau oleh petani atau pengguna dari manapun secara daring melalui IoT Software Platform milik Mertani. Data tinggi muka air yang diperoleh dari AWLR Mertani secara real-time memungkinkan para pengambil kebijakan untuk memantau perubahan-perubahan penting, sehingga tindakan dapat diambil dengan cepat dalam merespons kondisi lingkungan yang berubah.


Kemudahan Instalasi dan Penggunaan

AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani dirancang untuk memudahkan instalasi dan penggunaan oleh pengguna. Perangkat ini dapat dipasang di berbagai lokasi, termasuk di area pertanian, perkebunan, atau daerah yang membutuhkan monitoring tinggi muka air. Pengguna juga akan mendapatkan penjelasan oleh tim Mertani terkait penggunaan hingga perawatan secara detail sehingga pengguna benar-benar memahami AWLR Mertani. Adapun dengan kemampuan plug-and-play yang dimilikinya, AWLR Mertani dapat dioperasikan tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang rumit. Hal ini menjadikan alat ini sangat ideal bagi para petani atau pengelola sumber daya air yang membutuhkan data tinggi muka air tanah secara terus-menerus tanpa perlu terganggu oleh instalasi yang rumit.


Kontribusi dalam Pengelolaan Sumber Daya Air

Penggunaan AWLR Mertani memiliki dampak yang signifikan dalam pengelolaan sumber daya air secara keseluruhan. Dengan data tinggi muka air tanah yang akurat dan terus-menerus, para ahli dan pemangku kebijakan dapat membuat keputusan yang lebih tepat dalam mengalokasikan air untuk keperluan pertanian, industri, dan domestik. Informasi yang diperoleh dari AWLR Mertani membantu meningkatkan efisiensi penggunaan air dan mengoptimalkan produksi tanaman dengan memastikan ketersediaan air yang tepat pada waktu yang tepat. Tinggi muka air yang terlalu rendah atau terlalu tinggi dapat memiliki dampak yang merugikan pada ekosistem lokal, termasuk terhadap vegetasi dan kehidupan fauna. Dengan adanya pemantauan yang terus-menerus dari AWLR Mertani, perubahan kondisi lingkungan yang merugikan dapat terdeteksi lebih awal, sehingga tindakan pencegahan atau mitigasi dapat dilakukan dengan tepat.

Salah satu bentuk kontribusi tim Mertani dalam tindakan pencegahan kerusakan lingkungan yaitu dengan melakukan instalasi AWLR Mertani di lokasi yang berpotensi menimbulkan kerusakan lingkungan. Pada tanggal 20-23 Maret 2024 kemarin, tim Mertani telah melakukan instalasi AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani di Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Perangkat yang telah dipasang merupakan AWLR dengan parameter Tinggi Muka Air Tanah (TMAT) dan Tinggi Muka Air Saluran (TMAS). AWLR Mertani dipasang di tempat yang berbeda berdasarkan hasil diskusi terkait kelayakan lokasi dengan pihak perusahaan. Dengan adanya AWLR Mertani tersebut, pemantauan fluktuasi muka air pada waduk di sekitar perusahaan menjadi lebih terkondisikan. Hal ini juga menjadikan produksi lebih optimal dan mengurangi potensi kerusakan lingkungan. Selain itu, kerjasama antara tim Mertani dengan perusahaan menunjukkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga lingkungan yang sesuai dengan poin SDGs mengenai penanganan perubahan iklim.


Instalasi AWLR Mertani di Kota Banjarbaru (sumber : mertani.co.id)

Penggunaan AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani membawa berbagai manfaat yang signifikan dalam pemantauan tinggi muka air tanah. Keandalan hasil pengukuran, kemudahan instalasi, dan kontribusi dalam pengelolaan sumber daya air menjadi poin penting yang membuat AWLR Mertani menjadi pilihan yang tepat dalam upaya untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air dan pelestarian lingkungan. Dengan terus mengembangkan dan mengadopsi teknologi seperti AWLR (Automatic Water Level Recorder) Mertani, kita dapat bergerak menuju pengelolaan sumber daya air yang lebih berkelanjutan dan efektif di masa depan. Dapatkan informasi lainnya seputar ilmu lingkungan dan pertanian dengan cara mengunjungi kami di:


Website: mertani.co.id 

YouTube: mertani official 

Linkedin : PT Mertani


Sumber :



69 tampilan0 komentar

Comments


WhatsApp
bottom of page