top of page

Transformasi Industri Melalui Demo Pemasangan Automatic Weather Station di Mondelez International


AWS - Mertani
Automatic Weather Station Mertani (Sumber Pribadi)

Cuaca dan iklim menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Cuaca dan iklim juga memiliki pengaruh yang besar terhadap berbagai sektor, seperti sektor pertanian, industri, perikanan, dan lainnya. Pada sektor pertanian, kondisi cuaca perlu diperhatikan, karena semua tanaman membutuhkan nutrisi dan air yang cukup. Selain itu, tidak semua kondisi cocok untuk dilakukan penanaman, karena setiap tanaman memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga petani dan pelaku industri perkebunan juga perlu memerhatikan kondisi iklim dan cuaca supaya hasil panen dapat sesuai dengan keinginan.

AWS - Mertani
Automatic Weather Station Mertani (Sumber Pribadi)

Pada era yang semakin maju pada saat ini, banyak sektor yang turut memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam kemudahan di berbagai akses. Sektor industripun turut mengaplikasikan teknologi sebagai monitoring untuk memudahkan pekerja di berbagai aspek. Pemasangan AWS (Automatic Weather Station) merupakan salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan dari Mertani untuk mendukung industri dalam mencapai potensi maksimal. Dalam membantu dunia industri, Mertani juga turut membangun berbagai kemudahan dengan menciptakan device yang berguna bagi masyarakat, seperti AWS (Automatic Weather Station). Automatic Weather Station adalah salah satu device dari Mertani yang membantu pengguna dalam memantau kondisi iklim dari manapun dan kapanpun. Data yang diterima dari pengukuran AWS merupakan data yang akurat dan real-time.

AWS - Mertani
Pemasangan Automatic Weather Station di Mondelez International Pasuruan (Sumber Pribadi)

Dalam membantu dunia perindustrian, Tim Mertani mengadakan demo Automatic Weather Station pada Agustus. Tim Mertani memberangkatkan empat personil dengan tugasnya masing-masing. Pemberangkatan dilakukan pada tanggal 28 Agustus sore hari, dan menginap di Hotel Transit Pasuruan (Jl. Ahmad Yani 55 67134 Pasuruan). Demo Automatic Weather Station dilakukan di salah satu kawasan industri Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), yang berlokasi di Jl. Raya Raci - Bangil No.67153 67152 Latek Jawa Timur. Keesokan harinya, pada tanggal 29 Agustus, tim Mertani mulai melakukan pengecekan pada device AWS Davis yang ada di Mondelez International. Tim Mertani melakukan demo penawaran sistem yang digunakan untuk mengambil data Automatic Weather Station Davis yang sudah terpasang di lokasi. Proses pengiriman data dilakukan menggunakan controller box IoT milik Mertani. Selain itu, Tim Mertani juga melakukan pemasangan device Automatic Weather Station Mertani di lahan uji coba atau RnD, selama 12 jam. Automatic Weather Station Davis yang sudah terpasang, memiliki spesifikasi default yang mempunyai sensor wind speed, wind direction, rainfall, sensor UV, dan sensor radiation. Automatic Weather Station dari Mertani yang dipasang juga memiliki spesifikasi yang cukup lengkap, seperti rainfall, wind speed, wind direction, solar radiation, sensor UV, sensor soil temperature, sensor soil moisture, sensor soil ec (electrical conductivity), dan soil pH.

AWS - Mertani
Proses Pengecekan Data dari AWS (Sumber Pribadi)

Proses instalasi Automatic Weather Station memerlukan waktu sekitar 1 jam untuk AWS bisa langsung diuji coba. Pada proses pemasangan, tidak ada kendala yang dialami, Tim Mertani melakukan pemasangan dengan lancar. Mondelez International juga mengirim beberapa personil penanggung jawab untuk membantu pengawasan Tim Mertani pada saat proses instalasi. Namun, pada saat pengujian AWS Davis, sempat terjadi masalah pada bagian baterai dan data yang tidak masuk ke dashboard, beberapa data menjadi tidak beraturan sehingga perlu diatur ulang oleh Tim Mertani.

Mondelez International merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Bahan baku yang digunakan memanfaatkan sektor pertanian, seperti kebun cocoa. Hal ini membuat Mondelez International menggunakan Automatic Weather Station, yang berguna untuk membantu pihak Mondelez International dalam mendapatkan data statistik terkait cuaca dan iklim di lapangan. Selain itu, di lokasi kawasan industri tersebut juga ada greenhouse dan tempat RnD yang biasa digunakan sebagai lokasi untuk mempelajari statistik data dan uji coba device yang diperlukan.


Itulah tadi sedikit cerita mengenai perjalanan tim Mertani kali ini. Ingin tahu lebih banyak tentang cerita kami bersama perusahaan lainnya? Anda dapat mengunjungi kami di:


Instagram: @mertani_indonesia

Linkedin : PT Mertani


41 views0 comments
WhatsApp
bottom of page